Friday Pause: Ingin aku menyapanya, menyapa dirinya…

655

It’s finally Friday!

Yep, no news, slower morning, and bunch of of memes. Since day one, we’ve believed that Catch Me Up! should be more than a “news” newsletter. Yes, it’s good sometimes to get informed about everything, but it’s also important to take a break. Because following the news can be stressful, so here’s some memes. And no worries, we’ll catch you up! again next week. See you.

For the love of Meme: This just never gets oooooold 😂 😂


For when you’ve been ‘doomscrolling’ on social media…

Pause and check what you’ve done. 

Siapa yang selama pandemi, lebih sering nge-click refresh button di sosmed dibanding di laptop? Siapa yang jempolnya sampai nggak bisa gerak, saking lamanya nge-scroll feedsAnd siapa yang feel worse afterwards? (we can relate!).
Nah emang guys, di era pandemi gini, penggunaan sosial media makin meningkat. Data dari Facebook menunjukkan bahwa di banyak negara, penggunaan messaging di Instagram dan Facebook meningkat sampe lebih dari 50 persen, dan penggunaan video call pake Facebook naik sampe dua kali lipat. At this point you must have realized: everyone is in social media. Yep, that’s so true. Tapi gimana ya, kalo kamu udah mulai keseringan mantengin sosmed? Tentunya hal ini nggak bagus buat kesehatan mentalmu, among anything else. Kamu bisa jadi nggak bisa berhenti nge-scroll for some reasons, terus lupa waktu, and ujung-ujungnya anxiousRaise your hand if it’s familiar to you… now hands down. We’re here to tell you how to control your urge to… scroll. Let’s check it out!
  • Kalau kamu jadi anxious gara-gara notif di HP:  Lagi nyetir, terus jadi nggak konsen karena tiba-tiba ada notif. Begitu juga pas lagi mandi, atau work call. Nah biar nggak ganggu, matiin aja notifikasi untuk aplikasi social media-mu gengs. Caranya: Go to Settings, terus notifications, dan pilih aplikasi-aplikasi sosial media yang sebenernya nggak penting-penting banget. Like, tag-an temen kamu di IG story itu bisa kamu liat nanti aja. So, consider muting these apps:  Instagram, Twitter, Facebook, Snapchat, and TikTok. Soalnya, notifikasi-notifikasi ini bakal mengundang kamu untuk mengakses sosmed-mu terus, which means more profit for them (Cung yang udah nonton Social Dilemma!).
  • Set the limits tentang berapa lama kamu pakai aplikasi-aplikasi tertentu.  Kalau kamu pake iPhone, kamu bisa ke Settings, Screen Time, dan pilih App Limits. Di situ, kamu bisa menentukan sendiri limit-limit kamu untuk pakai certain Apps.  Try it out.
  • Unfollow people yang bikin kamu anxious: JUJUR guyz mimin paling anxious kalo follow model-model yang badannya kuruuuus banget dan ngeliatin beginian terus tiap hari bikin mimin jadi gasuka sama badan sendiri dan jadinya insekyur dan kurang bersyukur. Jadi yhaaa one day mimin realized that if I want to get my dream body, it is not by scrolling on beautiful models, but by working on my self. So, I unfollowed them and started working out more often. Yha hasilnya belum se-model gitu sih, cuma it’s much better for my minds. Karena inget guys, penyebab utama ketidakbahagiaan di antaranya adalah membandingkan diri sama orang lain. Wkwkk *mendadak motivator*. Oh iya, kalo bingung mau mulai unfollow dari mana, coba deh buka opsi “following” di profile Instagram kamu, terus lihat yang “least interacted with” dan yang “most shown in feed”.  Kalau ada akun-akun yang nggak kamu suka, atau malah bikin bete, ya unfollow aja.
  • Kalau kamu nggak enakan untuk unfollow: Kamu bisa ‘mute’ aja dianya (just like in Zoom).  Caranya, kamu bisa tap and hold profile story yang kamu nggak suka  terus tinggal mute deh. Easy peassssy.
  • Bikin akun khusus untuk cari inspirasi. Yes, kalau kamu merasa terganggu sama postingan di akun pribadimu, dan lagi nyari inspirasi atau nyari konten-konten hiburan yang kamu suka, bikin akun lain aja. That way, kalau kamu lagi down and butuh hiburan, kamu bisa cek ig feeds/stories dari akun spesialmu itu.  Spoilers: kamu bakal lebih sering pake akun ini, dibanding akun pribadimu..just wait and see…

Truth be told, sosial media juga bisa bikin kamu mengenal dirimu sendiri lho! Dengan sering mengakses akunmu, kamu jadi tahu nih, kamu sukanya apa, for example, we never know that we love memes until…we see our explore page yang ternyata isinya Karen semua. WKWKW nah kalo mau tahu gimana cara mencari tahu apa yang kamu suka, you can check these tips out: 

  • Go to ‘explore’ page (yang ada lambang search itu gengs). Terus pilih kategori yang kamu suka. Selanjutnya, kamu bisa liat hashtags yang nempel di situ untuk tahu lebih jauh terkait konten tersebut. That way, kamu jadi bisa nemuin akun-akun yang menyajikan konten favoritmu and you can starts from there…
  • Visit your own profile. Go to Settings, account, terus lihat ke bagian “posts you’ve liked” dari situ, ketahuan tuh, kamu udah like akun-akun apa aja.  Supaya isi ig feed-mu nggak itu-itu aja, coba cari akun-akun yang kamu nggak familiar, but you might like. Dengan begitu, kamu juga bisa dapet different insights.
  • Cari rekomendasi.  Yes, biasanya setiap akun bakal rekomendasiin akun-akun lain yang mereka suka.  Jadi, lihat recommendations mereka aja, termasuk recommendations dari Catch Me Up! Heheee.

Hi y’all! Are you interested in podcast? Suka dengerin podcast and feel like…I wanna make one! Nah, if podcast is your inner soul calling, maka kamu harus banget nih ikutan kelas podcastnya @siberkreasi yang kerja sama dengan Paberik Soeara Rakjat. Gratis, tanpa biaya. Register here.


And finally, here comes your weekly quarantips.

Does the meme up there make you feel attacked? Same. But if “doing laundry” is already crossed out from your weekend to-do list, then it means you can have more time to enjoy these recs. Leggo! *not now, laundry*

But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video youtube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Buat kalian yang tetep pengen produktif, just go to enroll online course di “Coursera”. Kalian bisa pilih kelas sesuai skill yang emang pengen diasah! Sooo many options there. Aku udah enroll dua kelas dan bener-bener increased new insight banget di waktu liburan gini. Kalo kata dosenku, “Jangan sampai otak kamu beku.” Lol😂 (Anonymous)
  • Novel series Truly Devious dari Maureen Johnson. Cocok untuk yang suka tentang detective-detective. Novelnya trilogi, tapi novel keempatnya bakal launching bulan April tahun ini. (Anonymous) 
  • Perlu tambah playlist untuk weekend yang gloomy atau nemenin buka laptop? Check EP terbaru dari Voxxes “What The Night Will Be

    Advertisement
    ” on all digital streaming platform. Cheers! 🍻  (@adrinanto_)

     

  • YouTube channel Kimbab Family aja akuuu. Seru aja liatnya. Gemes juga liat Teh Gina & Appa Jay yang masih suka pake bahasa Indonesia. Apalagi Teh Gina logatnya sunda pisan. (@callmemuthia)

     

  • If you are into fairy-tale kinda thing, you should check out A Court of Thorns and Roses by Sarah J. Maas. Novel Sarah J. Maas ini genrenya young adult fantasy. Kebetulan novel ini retelling dari beauty and the beast tapi versi epicnya. (@debitbp)
  • Hello everyone!! Buat kalian yang lagi ngerasa stuck selama seminggu ini, kalian butuh refresh your mind dengan serial drama ataupun Netflix. Ada nih satu k-drama yang akhirnya plot twist parah alias kalian ga bakal nyangka akhirnya. This drama is 365 Repeat The Year“. Jadi di serial ini kalian bakal ngerasa diajak untuk kembali ke 1 tahun yang lalu para pemainnya. Genrenya si thriller, yang artinya bakal ada pembunuhan dan sebagainya. It’s absolutely worth to watch banget. Dan untuk pecinta Netflix series terutama genre zombie addict, ada series Kingdom yang udah masuk season 2. Series yang dibintangi Hyun Bin ini berlatar periode Joseon abad pertengahan Korea yang kental akan politik kerajaan. Sekembalinya Hyun Bin misi bunuh diri, kerajaan kacau balau akibat serangan zombie yang tidak diketahui asal usulnya. Penasaran ga si gimana cara Hyun Bin di zaman Joseon menghadapi serangan para zombie yang misterius?? (@diyahnovii)

  • Podcast Rapot! Sumpah lucuuuuu banget mereka dan ngobrolnya bener-bener ngaliiir. Kalo ada kerjaan yang rasanya boring banget dan bisa diselingin sambil dengerin podcast aku selalu dengerin ini 😀 pas mudik 2019 juga satu keluarga ketawa bareng-bareng gara-gara Rapot!

     

  • Penggemar Marvel Cinematic Universe belum sah nih kalo belum nonton WandaVision, bisa distreaming langsung di Disney+. Series yang nyeritain kisahnya Wanda Maximoff dan Vision ini wajib kalian tonton karna ceritanya bakal nyambung ke film-film MCU selanjutnya. Episode barunya update tiap Jum’at sore. (@atikaasury)

Quote of the day:
 
Earth provides enough to satisfy every man’s needs, but not every man’s greed.
 
-Mahatma Gandhi-

Thank you note

Terima kasih buat Fani yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Aku sekeluarga positif. Awalnya syok banget karena kita termasuk yang strict sama prokes. Tapi lambat laun akhirnya aku bisa nerima. Karena ada yang bilang ke aku, “Udah gak penting mikirin kenanya di mana. Sekarang lebih baik fokus ke penyembuhan dulu.” Tetangga-tetangga sekitar juga pada baik banget. Tiap hari ada aja yang ngirimin makanan, minuman, obat bahkan susu. Ini bikin aku makin semangat lagi buat sembuh. Semoga kebaikan semuanya dibalas Allah berkali-kali lipat. Dan semoga yang baca ini selalu diliputi kesehatan dan kebahagiaan.

-P-

2. Ceritanya aku ada kenalan orang Kalimantan Utara tapi dia lagi study di Malang. Nah, kita kenalannya lewat apk namanya Slowly sekitar akhir Maret 2020 dan masih keep in touch juga sampe sekarang. Orangnya baik banget pokoknya.. Kebetulan kemarin aku iseng cari nama dia di Google haha dan aku nemuin sesuatu….. ternyata dia bikin cerita gitu tapi pake nama aku dong haha terus kyknya kepribadian si *insert my name* di cerita itu based on my personality too haha. Kaget sih, cuma ya udah gpp.. tadinya aku mau bilang ke dia kalo aku nemuin cerita dia yang dia publish di salah satu platform, tapi takutnya nanti dia malu jadi ngga jadi hahah. Btw, dia juga berlangganan newsletternya Catch Me Up! hii, R kalo kamu baca ini, chat aku ya haha.
-pantailamon-
3. Setelah 22 tahun aku hidup baru kali ini mamah nyeritain tentang cinta pertamanya, kenapa bisa nikah sama bapa dll. Seneng banget sih, soalnya dari kecil aku ngga tinggal bareng ortu. Dan baru bareng lagi pas SMA sampe sekarang. Kita jarang ngobrol hal-hal semacam itu juga. hahaa.. What a good day!!
-fay-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)
Advertisement