Corona Updates 22 Februari 2021

73

But before, here. Your Covid-19 updates.Hi there. Yep, we still start the week with some Covid-19 updates because apparently, the pandemic is still everywhere. Let’s go!

 
Nationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.278.653 kasus, 34.489 meninggal (2,7% dari Terkonfirmasi), dan 1.087.076 (85,0% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (317.432 kasus), Jawa Barat (175.950 kasus), Jawa Tengah (142.318 kasus), Jawa Timur (122.807 kasus), dan Sulawesi Selatan (52.640 kasus).
  • Dudududuuuu jadi minggu lalu, Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menyatakan bahwa sejauh ini, ada 1.214 warga asing dan warga Indonesia yang baru aja nyampe dari luar negeri yang terkonfirmasi positif Covid-19. Padahal, mereka telah memegang surat keterangan bebas virus corona.
  • Sabtu kemarin, Menkes RI Budi Gunadi Sadikin baru aja menyatakan bahwa pemerintah nggak menganjurkan masyarakat untuk mudik dan bepergian saat libur Lebaran tahun ini demi menekan penularan Covid-19 yang masih tinggi. Pak Budi mengimbau agar masyarakat Indonesia merayakan Hari Idul Fitri yang jatuh sekitar tanggal 13 Mei itu dengan tetap berada di rumah aja.
  • Seiring dengan udah dimulainya program vaksinasi di Indonesia, Pak Presiden Jokowi menyatakan kekhawatirannya bahwa ketersediaan vaksin saat ini nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga. Menurut Pak Jokowi, targetnya sih vaksinasi bisa dilakukan pada jutaan orang setiap harinya, tapi yha itu, ketersediaan vaksinnya masih jadi masalah.
  • Minggu lalu, pemerintah dengan resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Jawa dan Bali hingga dua minggu ke depan.
  • Jumat lalu, Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali menegaskan bahwa atlet sepak bola masuk gelombang pertama penerima vaksin covid 19 untuk olahragawan. Dalam keterangannya, Amali menyebut bahwa para pesepakbola masuk ke kelompok 5.000 atlet, pelatih dan tenaga pendamping yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 olahragawan tahap pertama. Selain itu, atlet yang akan segera divaksin juga adalah mereka yang akan segera melakukan kegiatan kayak dari PSSI, Perbasi dan PBSI.
 
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 111.114.777 kasus dan 2.461.436 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (28.007.638 kasus), India (10.991.651 kasus), Brazil (10.139.148 kasus), Inggris (4.117.739), dan Russia (4.117.257 kasus).

  • Dalam kesempatan KTT negara G7 yang dimulai Jumat lalu, pemerintahan Amerika Serikat di bawah Joe Biden menyampaikan rencananya yang bakal nyumbang bantuan sebesar US$4 milyar untuk program pengadaan vaksin global yang diinisiasi oleh PBB, Covax.

  • Minggu lalu, pihak kepolisian Meksiko baru aja membekuk enam anggota komplotan penjual vaksin corona (Covid-19) palsu yang dibandrol seharga US$2000 (Rp28 juta) untuk setiap dosis. Padahal, vaksin itu hanya bisa diperoleh melalui program vaksinasi dari pemerintah.

  • Masih drama vaksin ni gengs. Jadi minggu lalu, Taiwan baru aja kode-kode keras bahwa China udah menghalangi rencananya membeli vaksin covid-19 dari perusahaan bioteknologi asal Jerman, BioNTech. Dalam keterangannya, Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung, bilang bahwa Taiwan is thiiiiiiis close untuk mencapai kesepakatan pembelian 5 juta dosis vaksin pada Desember lalu. Namun, tiba-tiba BioNTech mundur dari kesepakatan tersebut. Dia kemudian bilang bahwa “curiga ada pihak asing yang ikut campur neh…” *looking at u, China*

  • Otoritas Vatikan pada minggu lalu baru aja mewajibkan vaksinasi Covid-19 kepada sekitar 5.000 pekerjanya dan akan memberikan sanksi pemecatan kepada yang menolak. Selain itu, otoritas setempat juga mengatur bahwa kalo emang ada yang nggak mau divaksin, maka pekerja tersebut harus memiliki alasan medis yang terdokumentasi.

  • Setelah hampir 50% dari penduduknya menerima vaksin, Israel udah mulai berencana untuk membuka kembali tempat-tempat keramaian kayak gym, mall, dan bioskop. Rencananya, mereka yang udah divaksin atau yang udah pernah terinveksi Covid-19 akan diberikan semacam “green pass” dalam bentuk aplikasi yang ngasih mereka akses untuk memasuki lokasi-lokasi keramaian tertentu.