Corona Updates 15 Februari 2021, Jokowi Minta Masyarakat Lebih Aktif Dalam Menyampaikan Kritik Terhadap Pemerintah, Gempa Sebesar 7,1 Skala Richter Di Fukushima 48 Orang Terluka, Aplikasi Kencan Online Bumble Resmi Melantai Di Bursa NASDAQ

156

Good morning!

What a weekend full of celebrations. From the festivity of Chinese New Year to the romantic dinner and fragrant flowers from your loved ones, we hope you feel super recharged this morning. Get up, get up. Do a little stretch and let’s catch up! on things over the weekend. Let’s go!


Yep, it’s still here. Your Covid-19 updates.

And as always, we start…

Nationally.

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.21.468 kasus, 33.183 meninggal (2,7% dari terkonfirmasi), dan 1.025.273 (84,2% dari terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (303.175 kasus), Jawa Barat (170.642 kasus), Jawa Tengah (138.547 kasus), Jawa Timur (119.479 kasus), dan Sulawesi Selatan (50.941 kasus).
  • Minggu kemarin, Pemkot Surabaya menerbitkan surat edaran yang berisi larangan pasien positif Covid-19 di Surabaya untuk melakukan isolasi mandiri di hotel atau penginapan. Dalam edaran itu disebutin bahwa isolasi mandiri di hotel atau penginapan dikhawatirkan berpotensi menularkan virus corona ke pengunjung lainnya. Karenanya, pihak pengelola hotel atau apartemen diminta untuk lapor ke petugas setempat kalo ada tamunya yang nginep selama tiga hari atau lebih.
  • Seiring dengan udah dimulainya program vaksinasi di berbagai daerah, Pemerintah menyatakan siap menjamin dengan memberikan kompensasi atau biaya santunan bagi warga yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Kompensasi ini bakal dikasih pada penerima vaksin yang berujung kecacatan hingga menimbulkan kematian akibat pengaruh vaksin virus corona (covid-19).
  • Presiden Jokowi baru aja menerbitkan aturan terkait sanksi yang bakal dikenakan ke kamu-kamu calon penerima vaksin tapi menolak divaksin. Adapun sanksinya bisa berupa denda, penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial, dan penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan.

  • Who’s saying “disagree!!!?” Yep, Epidemiolog Universitas Griffith Dicky Budiman mengatakan bahwa pemerintah sebaiknya nggak memberikan sanksi kepada warga yang menolak diberikan vaksin Covid-19. Menurutnya, program vaksinasi Covid-19 harus memiliki prinsip voluntary atau bersifat sukarela dari masing-masing individu dan nggak bisa dipaksakan. Pemaksaan justru dinilai kontraproduktif, karena kemauan vaksin ini harusnya dibangun oleh pemerintah dengan komunikasi yang sifatnya persuasif tentang vaksin Covid-19, bukan pemaksaan.
  • PT KAI menambah 6 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose mulai hari ini. Keenam stasiun tersebut yaitu Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi. Sebelumnya, tes screening covid-19 ini hanya tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta. Dengan penambahan tersebut, total stasiun yang menyediakan layanan tes GeNose menjadi 8 stasiun.
  • Sejauh ini, Polri udah menyiapkan menyiapkan 13.500 personel untuk menjadi vaksinator Covid-19. Minggu lalu, Kapolri Listyo Sigit bilang bahwa dari jumlah itu, sebanyak 900 personel telah mendapatkan pelatihan sebagai vaksinator dan bakal juga bertugas untuk mengawal dan mengamankan proses vaksinasi.

 International. 

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 108.576.068 kasus dan 2.394.694 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (27.575.344 kasus), India (10.904.940 kasus), Brazil (9.809.754 kasus), Inggris (4.038.929 kasus), dan Russia (4.026.506 kasus).
  • Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga baru aja membentuk satuan tugas khusus yang ditunjuk untuk mengurangi isolasi covid-19. Alasannya, isolasi mandiri ini udah mendorong tajamnya peningkatan angka bunuh diri di negeri Matahari Terbit itu. Selain itu, catatan pemerintah juga menunjukkan bahwa angka kematian bunuh diri akibat isolasi mandiri kebanyakan dilakukan oleh perempuan.
  • Kementerian Pertanian Polandia baru aja mengkonfirmasi temuan varian baru virus corona pada binatang cerpelai atau mink, pada Sabtu kemarin. Varian virus yang ditemukan di peternakan Polandia Utara itu dilaporkan berpotensi menularkan virus dari cerpelai ke manusia, dan juga sebaliknya.
  • Inget ga guys, bahwa minggu lalu, WHO baru aja mengumumkan hasil investigasinya atas awal mula munculnya Covid-19 di China? Nah ternyata, dalam menjalankan upaya investigasinya itu, WHO bener-bener kesulitan mendapat data mentah dari pemerintah China. Hal ini diungkapkan oleh Peter Ben Embarek, yang memimpin misi ahli WHO ke Wuhan dalam wawancara dengan AFP, Sabtu kemarin. Menurutnya, mereka belum menerima akses ke data mentah yang cukup saat di China, dan mereka frustrasi bgt. Karenanya, WHO berharap data yang diminta bakal ada di masa yang akan datang.
  • Terkait temuannya WHO ini, Amerika Serikat be like, “jujurlah padaku…bila kau ngumpetin data…” aka meminta China supaya bisa ngasih lebih banyak data ke WHO. Tentunya, respons ini muncul setelah tim investigasi WHO balik dari China dengan hasil temuan yang belum jelas soal asal mula si virus. OK ok, ni guys, the whole background-nya.  
  • Demi mempercepat penyaluran vaksin di masyarakat, perusahaan bioteknologi Amerika Serikat Moderna menargetkan untuk dapat menambah jumlah dosis vaksin corona yang dikemas dalam satu vial. Penambahan itu bakal bertambah dari yang sebelumnya berisi 10 dosis menjadi 15 dosis.
  • Ahli epidemiologi dari London School of Economics Science (LSE) Olivier Wouters mengatakan bahwa diperlukan akses penyediaan vaksin yang setara di masyarakat kalo mau Covid-19 segera berakhir. Menurutnya, praktik penimbunan vaksin secara besar-besaran di negara-negara kaya yang justru akan memperburuk keadaan dan bikin pandeminya makin sulit dikendalikan.

For when your little brother always asks “krikitikin aku dong…”

Klikitikin maksudnya ya?
IYA hehehe
-________-
Nah, kalo adek kamu mintanya becanda sambil diklikitikin, maka Pak Jokowi mintanya dikritik-in.
Jauuuuuh banget sumpah.
Ya maap LOL. Anyway jadi it all started ketika pada Senin minggu lalu, Pak Jokowi mengisi acara di Ombudsman RI. Dalam kesempatan pidatonya, beliau kemudian meminta masyarakat untuk lebih aktif dalam menyampaikan kritikan terhadap pemerintah demi meningkatkan pelayanan publik.
 
Ok…
Nah jadi kata beliau, sebenernya Indonesia udah mencapai banyak hal dalam urusan perbaikan pelayanan publik. Namun yha masih banyak aspek yang perlu perbaikan.
Terus…
Terus everyone be like…raising their eyebrows. Salah satunya adalah mantan Wakil Presidennya Pak Jokowi sendiri, yaitu Pak Jusuf Kalla. Pak JK bilang, in his words: “Beberapa hari lalu Bapak Presiden mengumumkan silakan kritik pemerintah. Tentu banyak yang ingin melihatnya bagaimana caranya mengkritik pemerintah tanpa dipanggil polisi?”
Shadeeee, get me my sunglasses!
LOL. Jadi emang guys, pernyataan Pak JK ini berdasarkan pada survei yang dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit (EIN) yang menunjukkan bahwa indeks demokrasi Indonesia menurun, ke 64 dari 167 negara di dunia. Pak JK bilang, ya kalo nggak ada kontrol, maka demokrasi ga berjalan. FYI, hal ini disampaikan Pak JK saat menyampaikan pidato di acaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Beliau juga meminta PKS, sebagai partai oposisi, agar melaksanakan kewajiban untuk mengawasi pemerintahan. FYI lagi guys, sampe saat ini partai yang secara eksplisit berada di luar pemerintahan ya emang cuma PKS. Dari sembilan partai di parlemen. Oposisinya cuma satu.
Iya paham.
Nah selain Pak JK, mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono juga ikut buka suara ni guys. Jadi dalam twitnya beberapa waktu setelah pernyataan Pak Jokowi tadi, Pepo kemudian ngetwit soal ‘kritik-kritik’ ini melalui akun twitter-nya. Beliau mengumpamakan kritik dan pujian dengan obat dan gula. Katanya, obat itu pahit, tapi bisa menyembuhkan, terus, gula itu manis tapi kalau terlalu banyak dikonsumsi, malah menyebabkan penyakit.
Got it.
Nah guys, nggak cuma Pak JK dan Pak SBY, namun Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) juga merespon ajakan Pak Jokowi untuk mengkritik pemerintahan beliau. Menurut YLBHI, kasus dugaan kriminalisasi aparat terhadap masyarakat yang ngasih opininya itu cukup tinggi. Di tahun 2019 aja, YLBHI mencatat ada 47 kasus dugaan kriminalisasi masyarakat sipil, dan jumlah korbannya mencapai 1.019 orang.
 
Serius?
Yep, selain YLBHI, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan aka KontraS juga buka suara nih. Dalam keterangannya, peneliti KontraS Rivanlee menyebutkan bahwa pada kenyataannya, para pengkritik ini berpotensi terancam kena kasus hukum karena dijerat pasal ITE. Talking ’bout Ananda Badudu, Ruslan Buton, hingga Dandhy Dwi Laksono.
 
Well, I believe the government has a say.
Ada. Jadi dalam menanggapi pernyataan Pak JK, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman meminta masyarakat untuk mempelajari secara seksama sejumlah aturan perundang-undangan kalo mau kritikannya nggak berujung pemolisian. Fadjroel bilang, bahwa Pak Jokowi adalah sosok yang tegak lurus dan taat terhadap peraturan perundang-undangan dan konstitusi, jadi nggak akan ada yang dilaporkan kalo kritik yang disampaikan nggak melanggar aturan yang berlaku.

For when your long weekend was super hectic…

You might have missed this news from Japan.
 
Why, what happened? 
Baru aja terjadi gempa di Fukushima dan Miyagi pada Sabtu kemarin, dengan 7,1 skala richter pada jam 11.07 PM (malam).
Whaaaat?
Yep. Akibat gempa ini, so far ada sekitar 48 orang terluka dan nggak ada korban jiwa. FYI guys, kalo kamu familiar sama nama tempatnya, well, you read it right. Gempanya emang terjadi di Fukushima, tempat yang sama dengan gempa besar yang terjadi 10 tahun lalu.
OH, yang nuklir-nuklir itu ya?
Smart cookie. Jadi emang pada 11 Maret 2011 lalu, terjadi gempa besar di Fukushima yang kekuatannya mencapai 9 skala richter. Gara-gara gempa ini, pembangkit nuklir milik Jepang yang ada di lokasi mengalami kerusakan hingga mengeluarkan bahan-bahan radioaktif ke udara yang berbahaya. FYI guys, ini juga disebut sebagai kecelakaan nuklir paling parah setelah Chernobyl di tahun 80an. Pada waktu itu, terjadi juga tsunami dan korban tewas dan hilang mencapai 20 ribuan orang.
 
OMG…
Yep. Nah balik lagi ke year 2021, jadi emang hingga saat ini, pemerintah Jepang masih berupaya untuk memulihkan wilayah yang kena gempa tahun 2011. Para ahli bahkan bilang bahwa upaya rehabilitasi ini bakal membutuhkan waktu sekitar 10 tahun ke depan sampai selesai. Nah, meski proses pemulihannya masih in progress, obor Olimpiade rencananya bakal tetap dimulai di Fukushima pada tanggal 25 Maret 2021 nanti.
Olimpiade?
Iya, Jepang kan jadi host of the Tokyo Olympics di tahun 2020, but as we all know, covid-19 muncul.  Gara-gara hal ini, Olympics-nya juga diundur jadi tahun 2021 ini. So far sih belum ada rencana di-cancel ya guys, jadi yhaa first of all, pawai obor olimpiadenya bakal dimulai di Fukushima, sebagai simbol dari pemulihan dan pembangunan kembali wilayah tersebut. Selain itu, supaya kelihatan kalau udah ada pemulihan di wilayah-wilayah yang terkena dampak gempa pada tahun 2011 lalu.
 
Got it. Anything else?
Well, terkait gempa ini, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga memastikan bahwa pembangkit nuklirnya aman-aman aja, dan nggak ada yang aneh. FYI, ada sekitar 850.000 rumah tangga di wilayah Kanto dan Tohoku, yang listriknya mati setelah gempa tersebut. Selain itu, gempanya juga mengakibatkan tanah longsor dan kerusakan pada infrastruktur.

For when Bumble has been your best friend during this pandemic…

Same. 
Nah, in another news, kamu perlu tau banget nih bahwa minggu lalu, lebih tepatnya pada Hari Kamis, Bumble baru aja resmi melantai di lantai bursa NASDAQ aka menggelar Initial Public Offering (IPO). Dengan pencapaian ini, Bumble jadi perusahaan dengan CEO cewek termuda yang berhasil go public. Iya guys, jadi CEO-nya Bumble, yakni Whitney Wolfe Herd baru berusia 31 tahun (clap claaaap) ketika IPO-nya dilakukan. Jadi awalnya, dia berkarier di dating app lain, yaitu Tinder, namun Whitney memutuskan untuk cabs dan membangun dating app-nya sendiri yang berorientasi pada perempuan, akhirnya pada tahun 2014 lalu, muncul deh Bumble. Nah, nyadar gak bahwa di Bumble, cewek yang harus ngechat duluan? Ternyata, hal itu berangkat dari misi Bumble yang pengen bikin cewek bisa berani mengambil keputusan sendiri dalam hubungan. Hal ini tentunya bertentangan dengan norma dating yang ada di mana yhaa cewek yang nunggu aja gitu. FYI guys, dengan adanya IPO ini, diketahui bahwa Bumble berhasil mengumpulkan dana sebanyak US$2,2 Milyar dari para investor, dan saat ini valuasi perusahaannya ada di angka US$7 Milyar. Adapun saat ini, ada 42 juta pengguna Bumble yang juga aktif swipe kanan-swipe kiri di seluruh dunia.
 
Clap clap clap…

“Kalau mau cari kaya jangan jadi politisi, saya kira jadi pengusaha saja,”

Gitu guys kata Politisi PDIP yang juga mantan Wakil Gubernur turned Gub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama aka Ahok. Dalam acara perayaan Imlek virtual yang digelar sama PDIP minggu lalu, Pak Ahok bilang bahwa jadi politisi itu berarti mengorbankan hidup buat rakyat banyak, jadi yhaa kalo mau kaya sih mendingan bisnis aja…

 
Calling all sobat cuan…

Catch Me Up! Recommendations

Yep, Val day was yesterday, but there’s aaaalways time for romcom, rite? Then, here’s your romcom guide in any services. Your welcome.

A thank you note…

Terima kasih kepada Rini, cindy, dan seseorang, yang mentraktir kita kopi kemarin!
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Dua hari lalu aku di-contact sama salah satu headhunters, setelah tanya-tanya dan aku cukup tertarik, kemaren aku langsung di-interview sama PIC nya, disuruh kirim CV sama vidéo. Ini pertama kalinya sih aku ditawari bahkan sebelumnya aku ngga connect ke company lainnya karena aku merasa tidakk ingin terburu-buru dan lebih dibawa santai saja. Apalagi pekerjaan kantor bukan prioritas pertama, but this time tiba-tiba aja surprise muncul, dan barusan pagi ini aku buka LinkedIn buat accept-in request ada yang nawarin juga, tapi aku ngga balik contact dulu karena ngga enak sama company yang pertama, galau diriku. Anyway, doain ya semoga dipanggil interview ke perusahaannya dan lebih lucky lagi kalo sampai diterima. But if not, I’m totally okay! Semangat semua yang lagi cari kerjaan, lagi menimba ilmu, maupun yang lagi struggle sama apapun yang sedang dihadapi. There will always a way and surprise at the end of the day! Orang bilang kalo kita tidak mencari dan lebih memilih untuk fokus untuk mengembangkan diri disitulah akan dibukakan jalan. If anyone doesn’t tell you this yet, you deserve it “I LOVE YOU!!!”
-A happy person-
2. Beberapa hari terakhir aku lebih sering jajan lewat GoFood daripada masak di rumah, dan aku selalu memberikan tips pada abangnya karena lagi musim hujan seperti ini kita tidak pernah tau cara mereka berjuang demi orderan kita di jalan. Aku sebenernya ga berharap apa-apa tapi suatu hari ada notifikasi di olshopku bahwa ada yang order dong, pdhl olshopku itu sudah lebih dari dua bulan tidak ada pembeli karena aku juga jarang promosiin. Mungkin selain itu, karena selama ini aku juga sedang mengamalkan W30H yaitu membaca surat Al-Waqiah selama 30hari berturut-turut (saat ini baru memasuki hari ke-5). Rasanya seperti ada keajaiban datang, jadi aku mau sekalian ajak para pembaca yg muslim barangkali mau mencobanya bisa meluangkan waktu sebentar aja untuk membaca surat Al-Waqiah setiap harinya agar membuka pintu rezeki. Dari yang tadinya kehilangan semangat untuk jualan, sekarang aku jadi lebih semangat lagi untuk mengurus olshopku berkembang. It might be hard at first, but I’ll never give up and always keep the faith.
-Bloom in Spring-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!