Corona Updates 08 Februari 2021

91

As always, let’s start the week with our…Covid-19 updates

Yep, it’s still the update on the pandemic again. As always, we’ll start…

Nationally…

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.157.837 kasus, 31.556 meninggal (2,7% dari Terkonfirmasi), dan 949.990 (82,6% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (280.261 kasus), Jawa Barat (157.611 kasus), Jawa Tengah (129.228 kasus), Jawa Timur (115.071 kasus), dan Sulawesi Selatan (49.166 kasus).

  • Seiring dengan terus bertambahnya jenazah pasien Covid-19, di Bogor, tempat krematorium di Cibinong, Bogor mengalami kenaikan jumlah jenazah hingga mencapai lebih dari 50 persen. Menurut Petugas kremasi Krematorium Sentra Medika Cibinong Iman Rohiman, pihaknya menerima jenazah Covid-19 sejak Maret tahun lalu, dan terjadi peningkatan tajam. Jadi kalo awalnya sebelum pandemi itu satu bulan 60 sampai 70 jenazah, sekarang ini mencapai 200-an.

  • Kemarin, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan bahwa pihaknya udah resmi menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) vaksin Covid-19 Sinovac untuk masyarakat usia lanjut atau lansia. Dengan begitu, vaksin Sinovac udah boleh disuntikkan ke masyarakat usia di atas 60 tahun. Hal ini tentunya jadi berita bagus guys, mengingat kelompok lansia adalah kelompok dengan angka kematian Covid-19 paling tinggi, yakni 47,3 persen.

  • Kemarin, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa vaksin buat lansia ini bakal mulai disalurkan per today. Adapun yang bakal jadi prioritas utama adalah para tenaga kesehatan yang udah lansia.

  • Prediksi itung-itungan terbaru dari Bloomberg menyebutkan bahwa Indonesia bakal membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk bisa menyelesaikan program vaksinasi Covid-19 terhadap 75 persen populasi penduduk. Yep guys, proyeksi ini lebih lama dari rata-rata dunia yang bisa selesai vaksin dalam 7 tahun. Penyebabnya, yha karena saat ini Indonesia baru punya 60.433 dosis vaksin, sementara jumlah kasus infeksi mencapai 1,13 juta dengan jumlah kematian mencapai 31,2 ribu orang.

  • Kemarin, Lapas Sukamiskin mengkonfirmasi bahwa ada puluhan narapidana korupsi yang positif terpapar virus corona (Covid-19). Jadi setelah digelar tes swab terhadap 460 orang, diketahui bahwa 51 di antaranya positif, dan ada yang bergejala hingga dilarikan ke rumah sakit. Meanwhile, mereka yang nggak bergejala dipisahkan di sel khusus.

  • Pemerintah China baru aja menegaskan komitmennya untuk membantu Indonesia dalam mengatasi penyebaran Covid-19 melalui kerja sama di bidang vaksin. Komitmen ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam percakapan via telepon dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Pandjaitan. Dalam pernyataannya, Pak Menlu bilang bahwa “China siap memperdalam kerja sama dengan Indonesia dalam vaksin Covid-19 dan membantu melawan pandemi.”
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 105.842.572 kasus dan 2.310.861 kasus meninggal.

  • Adapun negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (26.918.887 kasus), India (10.826.363 kasus), Brazil 9.447.165 kasus), Inggris (3.941.273), dan Russia (3.923.461 kasus).

  • Jumat lalu, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menutup sementara seluruh tempat rekreasi dan pusat kegiatan masyarakat selama sepuluh hari ke depan untuk menekan penyebaran virus corona. Adapun beberapa tempat yang ditutup meliputi bioskop, pusat kebugaran, hingga restoran.

  • Menjelang libur Imlek, Pemerintah Malaysia menerbitkan larangan penduduknya untuk berkunjung ke rumah kerabat demi mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19. Disebutkan juga bahwa pemerintah menganjurkan supaya penduduk merayakan Imlek tahun ini dengan makan bersama di rumah, dan yang boleh makan malam bersama cuma sesama anggota keluarga yang tinggal di rumah yang sama. Meanwhile, travelling antar distrik, kota dan negara bagian tidak diperbolehkan.

  • In case you’re wondering, negara yang paling cepat menjalankan program vaksinnya di dunia saat ini adalah Israel. Hal ini juga udah mulai menunjukkan hasil, di mana laju penularan wabah Covid-19 di negara itu mulai melambat, khususnya di antara lansia. Meski begitu guys, teteup aja Israel menuai kritikan dari berbagai lembaga HAM karena mereka lambat dalam mendistribusikan vaksin pada warga Palestina yang tanahnya mereka duduki. Booo…

  • Kemarin, Kamboja baru aja menerima kiriman vaksin pertamanya dari China, yang berjumlah 600 ribu dosis. Adapun orang yang akan pertama divaksin di negara tersebut adalah sang Perdana Menteri, Hun Sen.

  • Inisiatif pengembangan vaksin global bersama, yaitu COVAX baru aja mengumumkan bahwa pihaknya akan mendistribusikan lebih dari 330 juta dosis vaksin ke negara-negara berkembang. Adapun program yang dipimpin oleh WHO itu rencananya bakal mengalokasikan vaksin buat negara-negara sesuai dengan proporsi dan populasi. Contohnya, India bakal jadi negara yang paling banyak menerima vaksin dari COVAX, yaitu sebanyak 97 juta dosis.