Corona Updates 08 Februari 2021, Banjir Air Berwarna Merah Kota Semarang dan Kota Lain Di Jawa Tengah, Ngozi Okonjo-Iweala Akan Menjadi Pemimpin Wanita Pertama WTO, Sebuah Taman Hiburan Di Utah Menuntut Taylor Swift Atas Judul Album ‘Evermore’

62

Goooood mornning!

Wakey wakey! It’s another week again and we hope that you welcome it like we do, with as much optimism as possible. Crazy how weekends could refresh your mind, right? Now, take your coffee, meditate, make your bed and get ready for our updates. One email at a time…

As always, let’s start the week with our…Covid-19 updates

Yep, it’s still the update on the pandemic again. As always, we’ll start…

Nationally…

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.157.837 kasus, 31.556 meninggal (2,7% dari Terkonfirmasi), dan 949.990 (82,6% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (280.261 kasus), Jawa Barat (157.611 kasus), Jawa Tengah (129.228 kasus), Jawa Timur (115.071 kasus), dan Sulawesi Selatan (49.166 kasus).

  • Seiring dengan terus bertambahnya jenazah pasien Covid-19, di Bogor, tempat krematorium di Cibinong, Bogor mengalami kenaikan jumlah jenazah hingga mencapai lebih dari 50 persen. Menurut Petugas kremasi Krematorium Sentra Medika Cibinong Iman Rohiman, pihaknya menerima jenazah Covid-19 sejak Maret tahun lalu, dan terjadi peningkatan tajam. Jadi kalo awalnya sebelum pandemi itu satu bulan 60 sampai 70 jenazah, sekarang ini mencapai 200-an.

  • Kemarin, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan bahwa pihaknya udah resmi menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) vaksin Covid-19 Sinovac untuk masyarakat usia lanjut atau lansia. Dengan begitu, vaksin Sinovac udah boleh disuntikkan ke masyarakat usia di atas 60 tahun. Hal ini tentunya jadi berita bagus guys, mengingat kelompok lansia adalah kelompok dengan angka kematian Covid-19 paling tinggi, yakni 47,3 persen.

  • Kemarin, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa vaksin buat lansia ini bakal mulai disalurkan per today. Adapun yang bakal jadi prioritas utama adalah para tenaga kesehatan yang udah lansia.

  • Prediksi itung-itungan terbaru dari Bloomberg menyebutkan bahwa Indonesia bakal membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk bisa menyelesaikan program vaksinasi Covid-19 terhadap 75 persen populasi penduduk. Yep guys, proyeksi ini lebih lama dari rata-rata dunia yang bisa selesai vaksin dalam 7 tahun. Penyebabnya, yha karena saat ini Indonesia baru punya 60.433 dosis vaksin, sementara jumlah kasus infeksi mencapai 1,13 juta dengan jumlah kematian mencapai 31,2 ribu orang.

  • Kemarin, Lapas Sukamiskin mengkonfirmasi bahwa ada puluhan narapidana korupsi yang positif terpapar virus corona (Covid-19). Jadi setelah digelar tes swab terhadap 460 orang, diketahui bahwa 51 di antaranya positif, dan ada yang bergejala hingga dilarikan ke rumah sakit. Meanwhile, mereka yang nggak bergejala dipisahkan di sel khusus.

  • Pemerintah China baru aja menegaskan komitmennya untuk membantu Indonesia dalam mengatasi penyebaran Covid-19 melalui kerja sama di bidang vaksin. Komitmen ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam percakapan via telepon dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Pandjaitan. Dalam pernyataannya, Pak Menlu bilang bahwa “China siap memperdalam kerja sama dengan Indonesia dalam vaksin Covid-19 dan membantu melawan pandemi.”
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 105.842.572 kasus dan 2.310.861 kasus meninggal.

  • Adapun negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (26.918.887 kasus), India (10.826.363 kasus), Brazil 9.447.165 kasus), Inggris (3.941.273), dan Russia (3.923.461 kasus).

  • Jumat lalu, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menutup sementara seluruh tempat rekreasi dan pusat kegiatan masyarakat selama sepuluh hari ke depan untuk menekan penyebaran virus corona. Adapun beberapa tempat yang ditutup meliputi bioskop, pusat kebugaran, hingga restoran.

  • Menjelang libur Imlek, Pemerintah Malaysia menerbitkan larangan penduduknya untuk berkunjung ke rumah kerabat demi mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19. Disebutkan juga bahwa pemerintah menganjurkan supaya penduduk merayakan Imlek tahun ini dengan makan bersama di rumah, dan yang boleh makan malam bersama cuma sesama anggota keluarga yang tinggal di rumah yang sama. Meanwhile, travelling antar distrik, kota dan negara bagian tidak diperbolehkan.

  • In case you’re wondering, negara yang paling cepat menjalankan program vaksinnya di dunia saat ini adalah Israel. Hal ini juga udah mulai menunjukkan hasil, di mana laju penularan wabah Covid-19 di negara itu mulai melambat, khususnya di antara lansia. Meski begitu guys, teteup aja Israel menuai kritikan dari berbagai lembaga HAM karena mereka lambat dalam mendistribusikan vaksin pada warga Palestina yang tanahnya mereka duduki. Booo…

  • Kemarin, Kamboja baru aja menerima kiriman vaksin pertamanya dari China, yang berjumlah 600 ribu dosis. Adapun orang yang akan pertama divaksin di negara tersebut adalah sang Perdana Menteri, Hun Sen.

  • Inisiatif pengembangan vaksin global bersama, yaitu COVAX baru aja mengumumkan bahwa pihaknya akan mendistribusikan lebih dari 330 juta dosis vaksin ke negara-negara berkembang. Adapun program yang dipimpin oleh WHO itu rencananya bakal mengalokasikan vaksin buat negara-negara sesuai dengan proporsi dan populasi. Contohnya, India bakal jadi negara yang paling banyak menerima vaksin dari COVAX, yaitu sebanyak 97 juta dosis.

For when you’re curious about the red flood video…

Here’s your update. 
 
Tell me. 
Ok. Jadi over the weekend kemarin, Kota Semarang dan kota-kota lain di Jawa Tengah baru aja dilanda banjir tinggi gara-gara hujan deras.
 
HAH kok bisa?
Yha jadi emang minggu lalu itu, terjadi hujan deras sejak Jumat (5/2) malam dan berlangsung terus hingga sekitar 12 jam. Akibatnya, air tergenang hingga hampir 1 meter di ruas jalan sehingga bikin Jalur Pantura Semarang-Kendal lumpuh. Akibat hal ini, para pengendara jalan pun jadi harus putar balik untuk cari jalur lain.
Ya ampun, how about other transportations? 
Bad. So far, ada 21 penerbangan yang terdampak karena Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ditutup total gara-gara runway-nya juga digenangi air setinggi 15 cm.  Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Semarang, Hardi Aryanto, seluruh penumpang yang melakukan perjalanan di hari Sabtu kemarin, semuanya di-reschedule ke hari Minggu.  Nggak cuma di runway-nya tapi di sekitaran bandara juga banjir, sampai-sampai penumpang yang udah di bandara diantar pake truk TNI untuk keluar bandara.
 
What about trains, then?
Also bad. Jadi ada Stasiun Tawang di Semarang yang juga lumpuh karena tergenang banjir. Terkait hal ini, Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, menyebut bahwa Stasiun Tawang seluruhnya terendam banjir sampai ke jalan raya di depan stasiun, dengan kedalaman banjirnya sampai 70 cm. Terus, setidaknya ada tujuh rute kereta yang mengalami keterlambatan atau terganggu gara-gara banjir, termasuk kereta-kereta yang numpang lewat Semarang aja.
 
Can we get into the red flood now?
Oh right, that actually happened in Kelurahan Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Jadi, warna banjirnya berwarna merah karena obat pewarna batik, sekitar tiga kilogram, yang ikutan hanyut dan larut kena banjir.
 
How did that happen?
Well, karena menurut Kepala Desa Jenggot, Taibin, banjirnya terjadi di Jalan Pelita 3, di mana banyak pengrajin batik yang tinggal di sana. Menurutnya, bungkus obat pewarna batik itu sobek, jadi ikut larut dalam banjir yang dalamnya sekitar 50 cm. Terus, Taibin juga menegaskan bahwa warna merahnya bukan karena limbah produksi batik karena produksi batik libur setiap hari Jumat.
 
Got it. Anything else I should know?
It’s been raining everywhere aaaaand… also flood happened, pretty much everywhere, too. Nah terkait banjir di Semarang ini, pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga menyebut bahwa banjirnya terjadi karena tiga hal, pertama, pembangunan infrastruktur yang bikin daerah resapan air di Kota Semarang berkurang. Kedua, karena sampah yang menutup luasan saluran air, dan ketiga, karena aktivitas penghijauan di sekitar sungai juga kurang.
 
Well, does the govt have a say about this?
Yep, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemukan bahwa salah satu penyebab banjir Semarang adalah gara-gara sejumlah pompa penyedot banjir di sana nggak berfungsi. Gara-garanya, pompanya masih dikunci jadi pompanya belum dinyalain dan asal muasalnya adalah karena pekerjaannya belum diserahkan. Meaning, penyebabnya adalah permasalahan administratif. Terkait hal ini, Mas Ganjar pun langsung meminta agar semua pompanya difungsikan untuk menyedot banjir.

Who’s finally got a new boss?

The World Trade Organization aka WTO. 

Who’s the new boss then? 
Everybody, meet: Ngozi Okonjo-Iweala, seorang economist, yang juga mantan Menteri Keuangan Nigeria. Jadi, Okonjo-Iweala ini bakal jadi perempuan pertama dan orang Afrika pertama to lead the WTO, aka World Trade Organization.
 
Nice. Gimme some background. 
Ok, jadi emang sejak tahun lalu, WTO udah nggak ada pemimpinnya karena Direktur Jenderal WTO sebelumnya, namanya Roberto Azevêdo mengundurkan diri setahun lebih cepat pada Agustus lalu. Nah untuk mengisi kekosongan ini, negara-negara anggota WTO harus menentukan siapa pengganti beliau.  Long story short, ada dua kandidat penggantinya, yaitu Menteri Perdagangan Korea Selatan, Yoo Myung-hee dan mantan Menteri Keuangan Nigeria, Ngozi Okonjo-Iweala.
I see, and Okonjo-Iweala was elected? 
Hmm..it’s a bit complicated.  Jadi, dalam pemelihannya itu, Okonjo-Iweala udah unggul di atas kertas karena dapet dukungan dari berbagai negara anggota kayak Uni Eropa, Cina, Jepang, dan Australia. Namun, pemilihannya jadi tertunda karena Amerika Serikat mendukung Myung-hee, it became complicated karena dalam aturannya, seluruh anggota WTO harus on board ke satu calon.
Welp…terus gimana? 
Ya jadinya, Jumat (5/2) kemarin, Yoo Myung-hee memutuskan untuk mengundurkan diri. She said that she withdrew supaya WTO bisa move forward dan menangani isu-isu besar seperti menurunnya multilateralisme dan sengketa-sengketa dagang yang masih tertunda penyelesaiannya.  Selain itu, dia juga berharap agar WTO bisa segera menangani tantangan di masa depan kayak perdagangan yang proteksionis (perdagangan yang dibatasi oleh kebijakan pemerintah), climate change, dan perubahan dalam proses digitalisasi.
Got it.
Yap. Dalam keterangannya, Myung-hee juga bilang bahwa keputusannya udah final setelah dia konsultasi dengan Amerika Serikat. Selain itu, beliau menyebut bahwa WTO udah kelamaan tanpa pemimpin, jadi ya dia mundur aja supaya anggota WTO bisa mencapai konsensus.
Now, back to Okonjo-Iweala…
Well, as we said before, beliau adalah mantan Menteri Keuangan dan Menteri Luar Negeri Nigeria. Terus, beliau juga pernah kerja di Bank Dunia selama 25 tahun, sebagai development economists, dan membangun karirnya di sana hingga mencapai posisi Managing Director.  Beliau juga merupakan anggota dari board of Gavi (organisasi global yang bakal mendistribusikan vaksin covid-19 bareng sama COVAX), sampai akhir Desember ini.
Anything else? 
Yep. Terkait WTO ini, Okonjo-Iwaela menyebut bahwa lembaga itu butuh pemimpin baru dengan kemampuan untuk mengimplementasikan reformasi dan kerja bareng negara-negara anggota. Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan WTO bisa keluar dari kubu-kubu perdagangan yang ada (kubu AS dan kubu China). Oh iya FYI guys, beliau juga bakal jadi black women pertama yang memimpin organisasi perdagangan tersebut.
Clap clap…

Who’s not happy about Taylor’s Swift’s “Evermore” album?

Definitely not US. Nope.
Tapi, meet: Evermore Parksebuah taman hiburan yang terletak di Utah, Amerika Serikat. Jadi guys, minggu lalu, Taylor Swift baru aja digugat ke pengadilan oleh pihak pengelola Evermore Park, karena judul album terbarunya TS, yakni Evermore yang disebut udah merusak nama dan reputasi dari taman hiburan tersebut. Lebih jauh, CEO Evermore Park, Ken Bretschneider menyebut bahwa pihaknya udah mengucurkan uang sebesar US $37.000.000 untuk membangun dan mempromosikan taman hiburannya dengan trademark “Evermore”, namun, reputasi itu rusak seiring dengan munculnya album Taylor Swift tadi.
Merespons ke klaim ini, juru bicara TS justru menyebut bahwa taman hiburannya emang udah rugi dari sebelum album Evermore dirilis. Selain itu, disebutkan juga bahwa Evermore Park udah digugat setidaknya lima kali oleh penyedia layanan konstruksinya karena ngutang, dan belum bayar gaji karyawan. Karenanya, pihak TS bilang bahwa, “Yhaaa udah jelaslah, motivasi gugatannya apa?” FYI guys, jadi Evermore Park ini udah berdiri sejak tahun 2015, dan mereka menjual beberapa merchandise khas taman hiburannya. Namun seiring dengan munculnya album TS tadi, pihak taman hiburan menyebut Swift udah melanggar trademark perusahaan, dan mereka meminta Taylor Swift untuk membayar denda sebesar $2 juta dollar untuk setiap barang dan jasa yang dijual dan kerugian lainnya.

“Masih Ada Teka-teki Tersimpan,”

Gitu kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dalam keterangan persnya minggu lalu. Menurut Teuku Riefky, sikap Pak Jokowi yang nggak menjawab surat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) bakal menyisakan teka-teki di masyarakat terkait dugaan keterlibatan pemerintah dalam upaya kudeta Partai Demokrat.
 
When your ex wanted to break up with you using “kamu terlalu baik buat aku” excuse…

Catch Me Up! Recommendations

We’ve heard the word “resesi” a lot, so, we found a song about it. Go, listen

A thank you note…

Blank. Insert coffee, here XD

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Aku sering baca Angel’s Story yang tentang memberi, tapi blum pernah ngalamin sendiri. Akhirnya kemaren2 nyoba. Ada salah satu buruh pabrik kantor yang positif cov19. Tapi namanya buruh jadi dia dibayar kalau ada hasil kerjanya. Karena lagi isolasi mandiri, praktis gak ada pemasukan. Kita satu kantor buka open donation gitu, dan aku kok pengen aja kasih nominal agak banyak. Satu jam setelah itu, ada sepupuku yang mendadak nawarin nraktir makan seharga persis jumlah sumbanganku. Ya ampun secepat ini! Jadi jangan ragu ternyata ya 🙂
-Puchy di JOG-
2. Istriku baru aja apes karena dapet kembalian uang palsu. Iya uangnya beda banget. Dia dapet dari kembalian di pasar, karena buru-buru jadi gak dicermati sebelum dimasukin dompet. Dia sedih banget, karena uang yang nominalnya gede. Ku bilang, “Yaudah ikhlas aja.” Padahal dalam hati agak khawatir juga kalau uang itu ganggu pengeluaran harian. Besoknya, aku dipanggil pak bos, kirain kenapa, ternyata aku dapet jatah bonus bulanan, yang jumlahnya malah 3x lipat nominal uang palsu yang istriku dapet. Langsung ngabarin dia dan sorenya aku kasih dia, alhamdulillah yahh 😉
-AW-
3. Two weeks ago, my mom was infected with COVID-19. Jujur waktu itu aku takut banget, overthinking tiap hari sambil nangis. Soalnya mama punya hipertensi, but she refused to be taken to the hospital. Disuruh cek saturasi oksigen dan tensi juga gamau, karena takut malah ngedrop. Jadi bener-bener cuma ngandelin kondisi dari gejala yg dirasain aja (which was mild symptoms, thank God). Karena aku pengen mama sembuh, aku mulai strict ke mama dan diri aku sendiri soal ngingetin minum obat dan vitamin, berjemur, olahraga, sama ga nunda2 house chores karena aku harus ngerjain semuanya sendiri buat sementara waktu. It was hard tbh…. Tapi untungnya aku dibantu banget sama tetangga2 dan sepupu lewat makanan yang mereka kirimin tiap hari. Alhamdulillah, mama udah pulih dan selesai isolasi mandiri sekarang. So yeah, I really wanna thank the people who helped us during that difficult time. You really are angels to us. Semoga diberikan kesehatan selalu & dibalas kebaikannya.
-Nura, Bandung-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!