Corona Updates 01 Februari 2021

79

Your weekly Covid-19 updates…

Hi there, as always, we will start the day with your Covid-19 updates. And we will begin from…


Home. 
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.073.314 kasus, 29.998 meninggal (2,8% dari Terkonfirmasi), dan 873.221 (81,0% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (266.244 kasus), Jawa Barat (147.488 kasus), Jawa Tengah (124.241 kasus), Jawa Timur (111.939 kasus), dan Sulawesi Selatan (47.595 kasus).
  • Minggu lalu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis ngusulin supaya pemerintah melatih para penceramah untuk mengampanyekan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, para dai bisa membantu kampanye melalui mimbar dakwah, dan kampanyenya juga bisa macem-macem, bisa terkait prokes, hingga vaksin.
  • Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa udah fix negatif Covid-19, setelah menjalani isolasi mandiri selama 29 hari. Abis dinyatakan sembuh, Bu Khofifah langsung qerja-qerja-qerja melepas kapal kemanusiaan.
  • Pada minggi lalu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pandemi Covid-19 belum dapat dikendalikan karena kasus kematian di Indonesia tertinggi di Asia. Beliau juga bilang yha pandeminya emang belum terkendali karena jumlah kematian akibat Covid-19 di Indonesia dalam seminggu terakhir jadi yang tertinggi di Asia, yaitu di urutan ke-12.
  • Meski korban terus bertambah, namun Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia saat ini masih mencukupi untuk menangani pandemi. Beliau bilang bahwa saat ini di Indonesia terdapat 1,5 juta nakes, dan angka ini masih cukup, belum lagi ditambah sama dokter-dokter yang lagi menjalani program pendidikan spesialis.
  • Insya Allah, Insya Allah ya guys, program vaksinasi Covid-19 buat seluruh warga Indonesia aka kita bakal dimulai akhir April nanti. Kata Pak Menkes Budi Gunadi Sadikin, vaksinasinya bakal dilaksanakan setelah vaksinasi bagi tenaga kesehatan dan tenaga layanan publik selesai.
  • Seiring dengan prediksi bahwa sistem rumah sakit di Jawa dan Bali bakal segera colaps, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito bilang bahwa yhaa pihaknya udah mengantisipasi hal tersebut. Di antaranya dengan menambah fasilitas tempat tidur di RS daerah, menambah jumlah tenaga kesehatan, hingga mengefektifkan distribusi tenaga kesehatan lewat sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.
Meanwhile, internationally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 102.659.554 kasus dan 2.221.640 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (26.075.932 kasus), India (10.746.174 kasus), Brazil (9.176.975 kasus), Russia (3.808.348 kasus), dan Inggris (3.806.993 kasus).

  • Minggu lalu, Singapura baru aja mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dulu travel bubble antara negaranya dengan Malaysia dan Korea Selatan. Jadi travel bubble ini membolehkan pengunjung dari negara-negara yang punya perjanjian untuk memasuki negaranya dengan aturan prokes yang lebih longgar. Nah namun seiring dengan naiknnya kasus Covid-19 di seluruh dunia, kebijakan ini dihentikan dulu. FYI, aturannya sendiri udah berjalan selama tiga bulan terakhir.
  • Jumat lalu, Komisi Uni Eropa udah menyetujui aturan untuk memberlakukan kontrol yang lebih ketat terhadap ekspor vaksin ke luar Uni Eropa. Lembaga tersebut bilang, bahwa EU harus memastikan supply-nya aman dulu, baru ekspor. Hal inipun menuai kritikan dari publik internasional karena dinilai bakal bikin negara-negara lain memberlakukan kebijakan yang sama, ujung-ujungnya distribusi vaksin bakal berjalan lebih lama. Adapun salah satu vaksin yang diproduksi di Uni Eropa adalah vaksinnya Pfizer di Belgia.
  • Nasib Olimpiade Tokyo masih belum jelas ni guys, jadi lanjut apa enggak. Minggu lalu, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengumumkan bahwa Jepang pokoknya ingin mendatangkan harapan dan keberadian ke seluruh dunia dengan memastikan event ini terus lanjut, namun banyak pihak yang meragukan kebijakan tersebut, seiring dengan masih bertambahnya korban Covid-19 di seluruh dunia. Setelah diundur dari tahun lalu, Tokyo Olympics rencananya bakal diundur ke 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.
  • Minggu lalu, perusahaan farmasi Johnson and Johnson baru aja mengumumkan bahwa hasil uji labnya menunjukkan 66 persen efektivitas dalam melindungi penggunanya dari virus Covid-19. Meski jauh di bawah Moderna dan Pfizer, namun hasil ini teteup disambut baik dengan masyarakat karena vaksinnya cuma sekali suntik, dan nggak perlu ditaro di storage super dingin. Cukup di suhu kulkas ajha.
  • Minggu lalu, direktur WHO Tedros Adhanom ngingetin bahwa “penimbunan” vaksin yang dilakukan sama negara-negara kaya bakal bikin upaya penanggulangan virus corona secara global terhambat. Sebelumnya beliau juga pernah bilang hal ini menunjukkan adanya kegagalan moral di antara negara-negara.
  • Pesepakbola Juventus Cristiano Ronaldo tengah diinvestigasi sama polisi karena diduga melanggar protokol kesehatan dengan melakukan perjalanan dari Piedmont ke Valle d’Aosta. CR disebut melakukan perjalanan ini sama pacarnya dan yha jadi rame karena mereka update di IG Story. Hmmm story of their life…