Corona Updates 01 Februari 2021, GameStop: Perusahaan Video Game Besar Melantai Di Bursa Saham Amerika, Distributor Pulsa, Kartu Perdana, Token Listrik Akan Dikenakan Pajak Penghasilan, Manusia Tidur Lebih Singkat Ketika Siklus Bulan Purnama.

109

Good morning,

Hi everyone, it’s Monday, and it’s February 1st. What a time for a new beginning, right? So if you had an unpleasant month in January, no worries because 2021 starts in February. Now, you know the drill. Get your coffee and let’s Catch Up! on…

Your weekly Covid-19 updates…

Hi there, as always, we will start the day with your Covid-19 updates. And we will begin from…


Home. 
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.073.314 kasus, 29.998 meninggal (2,8% dari Terkonfirmasi), dan 873.221 (81,0% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (266.244 kasus), Jawa Barat (147.488 kasus), Jawa Tengah (124.241 kasus), Jawa Timur (111.939 kasus), dan Sulawesi Selatan (47.595 kasus).
  • Minggu lalu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis ngusulin supaya pemerintah melatih para penceramah untuk mengampanyekan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, para dai bisa membantu kampanye melalui mimbar dakwah, dan kampanyenya juga bisa macem-macem, bisa terkait prokes, hingga vaksin.
  • Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa udah fix negatif Covid-19, setelah menjalani isolasi mandiri selama 29 hari. Abis dinyatakan sembuh, Bu Khofifah langsung qerja-qerja-qerja melepas kapal kemanusiaan.
  • Pada minggi lalu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pandemi Covid-19 belum dapat dikendalikan karena kasus kematian di Indonesia tertinggi di Asia. Beliau juga bilang yha pandeminya emang belum terkendali karena jumlah kematian akibat Covid-19 di Indonesia dalam seminggu terakhir jadi yang tertinggi di Asia, yaitu di urutan ke-12.
  • Meski korban terus bertambah, namun Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia saat ini masih mencukupi untuk menangani pandemi. Beliau bilang bahwa saat ini di Indonesia terdapat 1,5 juta nakes, dan angka ini masih cukup, belum lagi ditambah sama dokter-dokter yang lagi menjalani program pendidikan spesialis.
  • Insya Allah, Insya Allah ya guys, program vaksinasi Covid-19 buat seluruh warga Indonesia aka kita bakal dimulai akhir April nanti. Kata Pak Menkes Budi Gunadi Sadikin, vaksinasinya bakal dilaksanakan setelah vaksinasi bagi tenaga kesehatan dan tenaga layanan publik selesai.
  • Seiring dengan prediksi bahwa sistem rumah sakit di Jawa dan Bali bakal segera colaps, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito bilang bahwa yhaa pihaknya udah mengantisipasi hal tersebut. Di antaranya dengan menambah fasilitas tempat tidur di RS daerah, menambah jumlah tenaga kesehatan, hingga mengefektifkan distribusi tenaga kesehatan lewat sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.
Meanwhile, internationally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 102.659.554 kasus dan 2.221.640 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (26.075.932 kasus), India (10.746.174 kasus), Brazil (9.176.975 kasus), Russia (3.808.348 kasus), dan Inggris (3.806.993 kasus).

  • Minggu lalu, Singapura baru aja mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dulu travel bubble antara negaranya dengan Malaysia dan Korea Selatan. Jadi travel bubble ini membolehkan pengunjung dari negara-negara yang punya perjanjian untuk memasuki negaranya dengan aturan prokes yang lebih longgar. Nah namun seiring dengan naiknnya kasus Covid-19 di seluruh dunia, kebijakan ini dihentikan dulu. FYI, aturannya sendiri udah berjalan selama tiga bulan terakhir.
  • Jumat lalu, Komisi Uni Eropa udah menyetujui aturan untuk memberlakukan kontrol yang lebih ketat terhadap ekspor vaksin ke luar Uni Eropa. Lembaga tersebut bilang, bahwa EU harus memastikan supply-nya aman dulu, baru ekspor. Hal inipun menuai kritikan dari publik internasional karena dinilai bakal bikin negara-negara lain memberlakukan kebijakan yang sama, ujung-ujungnya distribusi vaksin bakal berjalan lebih lama. Adapun salah satu vaksin yang diproduksi di Uni Eropa adalah vaksinnya Pfizer di Belgia.
  • Nasib Olimpiade Tokyo masih belum jelas ni guys, jadi lanjut apa enggak. Minggu lalu, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengumumkan bahwa Jepang pokoknya ingin mendatangkan harapan dan keberadian ke seluruh dunia dengan memastikan event ini terus lanjut, namun banyak pihak yang meragukan kebijakan tersebut, seiring dengan masih bertambahnya korban Covid-19 di seluruh dunia. Setelah diundur dari tahun lalu, Tokyo Olympics rencananya bakal diundur ke 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.
  • Minggu lalu, perusahaan farmasi Johnson and Johnson baru aja mengumumkan bahwa hasil uji labnya menunjukkan 66 persen efektivitas dalam melindungi penggunanya dari virus Covid-19. Meski jauh di bawah Moderna dan Pfizer, namun hasil ini teteup disambut baik dengan masyarakat karena vaksinnya cuma sekali suntik, dan nggak perlu ditaro di storage super dingin. Cukup di suhu kulkas ajha.
  • Minggu lalu, direktur WHO Tedros Adhanom ngingetin bahwa “penimbunan” vaksin yang dilakukan sama negara-negara kaya bakal bikin upaya penanggulangan virus corona secara global terhambat. Sebelumnya beliau juga pernah bilang hal ini menunjukkan adanya kegagalan moral di antara negara-negara.
  • Pesepakbola Juventus Cristiano Ronaldo tengah diinvestigasi sama polisi karena diduga melanggar protokol kesehatan dengan melakukan perjalanan dari Piedmont ke Valle d’Aosta. CR disebut melakukan perjalanan ini sama pacarnya dan yha jadi rame karena mereka update di IG Story. Hmmm story of their life…

For when you’ve been curious about the Robinhood drama…

Oh boy, where do we start?
 
Start.
OK. Jadi once upon a time, ada sebuah perusahaan video game besar di Amerika Serikat yang namanya GameStop. Pada tahun 2002, GameStop melakukan IPO aka went public aka melantai di bursa saham AS aka Wallstreet. Namun, sebagai perusahaan game di tengah perkembangan digital yang masif, GameStop lumayan struggling sih dalam mempertahankan bisnisnya.
 
Go on…
Terus ditambah munculnya covid-19 yang bikin mereka terpaksa menutup berbagai tokonya di AS hingga bikin harga saham mereka rendah banget hingga di bawah US$5 per lembar. Nah namun, kayak sulap, pada minggu lalu, harga sahamnya naik hingga 1.800% dan harga sahamnya mencapai US$350 per lembar!
 
HAH kok bisa? 
Bisa dong. Meet: Reddit. Iya, aplikasi forum tanya-jawab itu. Jadi sebelum kenaikan drastis tadi, emang ditemukan forum namanya Wallstreetbets di Reddit yang membahas soal rencana mereka membeli saham GameStop untuk bikin rugi hedge fundFYI guys, anggota dari forum ini sendiri udah mencapai 6,5 juta members.
 
Bentar, hedge fund itu apa?
Kayak investment management company gitu guys, di mana biasanya mereka menghimpun duit dari investor besar aka orang-orang kaya untuk mereka kelola dananya, biasanya dalam jual beli saham.
 
Terus kenapa para Redditor ini pengen bikin rugi hedge fund?
Karena para hedge fund ini suka melakukan short-selling yang bikin rugi berbagai pihak. Now, let us tell you what is short selling. Short selling adalah jenis transaksi penjualan saham di mana kamu jual saham dulu, baru beli. Jadi kan karena tahu bahwa GameStop ini perusahaannya struggling, para hedge fund kemudian meminjam sahamnya GameStop dari perusahaan sekuritas untuk dijual, dengan harapan harga sahamnya makin turun, dan mereka bisa ngambil keuntungan dari selisihnya. Tapi yaa kenyataannya harga saham GameStop justru naik, hingga bikin jajaran hedge funds ini mengalami rugi bandar gede-gedean.
 
When are we talking about Robinhood?
Now. Nah guys, untuk beli saham ini, para Redditors kebanyakan pake aplikasi jual beli saham, RobinHood. Hal ini karena adanya beberapa fitur menarik dalam RobinHood kayak kamu bisa melakukan juali beli saham secara gratis (commission free) dan bisa melakukan pinjaman dana dalam jumlah kecil. Nah di sinilah kebanyakan para Redditors berkumpul untuk membeli sahamnya GameStop tadi.
 
I see….
Nah menanggapi fenomena ini ini, Robinhood (dan perusahaan-perusahaan keuangan lainnya) pada Hari Kamis lalu kemudian memutuskan untuk menghentikan penjualan saham GameStop dengan alasan ‘ketidakstabilan’ pasar. Tindakan ini kemudian mendapat protes dari berbagai pihak karena RobinHood dianggap nggak berpihak pada gerakan kecil kayak para retail investors ini, instead, mereka justru melindungi perusahaan besar aka si hedge fund tadi.
 
Yea, it doesn’t sound right…
Yha memang banyak yang merasa tindakan RobinHood ini nggak fair guys, di antaranya politisi asal New York, Alexandria Ocasio-Cortez. Menurut Ocasio-Cortez, tindakan ini nggak bisa diterima dan publik perlu tahu kenapa RobinHood justru menutup akses untuk pembeli saham perorangan, tapi membiarkan investor besar aka hedge funds melakukan jual beli saham dengan bebas.
So what now? 
Setelah dibatasi tadi, harga sahamnya GameStop kembali turun hingga 44%. Selain itu, para pelanggan aplikasi Robinhood juga dikabarkan udah mengajukan gugatan class-action lawsuit dengan tuduhan manipulasi pasar ke the Southern District of New York pada Jumat (29/1) kemarin.
 
Got it. Anything else I should know?
 Well, emang di dunia kapitalisme ini guys, banyak banget hal-hal yang nggak diprediksi bisa terjadi. Fenomena Wallstreet yang bisa dikejutkan dari gerakan online yang berasal dari Reddit ini tentunya berhasil bikin banyak pihak geleng-geleng kepala, apalagi kalo sampe perusahaan (read: Robinhood) harus turun tangan untuk mengembalikan keadaan seperti semula.

For when you’ve been hearing about pajak pulsa during the weekend…

Iya itu apa sih?

Aturan pajak gengs. Jadi per 1 Februari 2021which is today, pemerintah resmi memberlakukan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penghitungan dan Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai Serta Pajak Penghasilan Atas Penyerahan Penghasilan Sehubungan dengan Penjualan Pulsa, Kartu Perdana, Token, dan voucher.  PMK tersebut udah ditandatangan bu Sri Mulyani pada 22 Januari 2021 lalu.
Namanya panjang beud. Aturan soal apa si?
Soal pajak yang akan dikenakan ke para distributor pulsa, kartu perdana, token listrik, dan voucher. Adapun pajak yang dikenakan adalah berupa pajak penghasilan sebesar 10 persen.
This is new? During the pandemic?
Nggak juga. Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Dirjen Pajak Hestu Yoga Saksama, aturan pungutan pajak ini bukan hal yang baru, tapi aturannya baru dibuat untuk meluruskan praktik pemungutan PPN (pajak pertambahan nilai) selama ini.
 
Emang sebelumnya gimana?
Jadi gini guys, masih menurut Pak Hestu, sebelumnya, pengenaan PPN untuk barang-barang tadi dikenakan dalam banyak jalur, dimulai dari produsen pulsa, ke distributor besar, ke distributor kecil, hingga konsumen. Nah dengan adanya aturan tersebut, maka PPN-nya hanya dibatasi pada distributor tingkat dua.
 
Maksudnya perusahaan besar aja?
Yeo, jadi pajak itu dipungut ke perusahaan-perusahaan telekomunikasi, like Telkomsel, Indosat, dll. Menurut Pak Hestu, peraturan ini justru memberikan kemudahan bagi pengusaha kena pajak (PKP) yang menjadi pengecer pulsa supaya mereka nggak perlu memungut PPN dari konsumen. Terus, peraturan ini juga hanya berlaku untuk distributor tingkat dua, which is pembeli pulsa dari pedagang besar atau distributor tingkat pertama.
 
Got it.
Yhaa terkait rame-rame ini, Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani kemudian memberikan penjelasan lewat akun Instagramnya. In a nutshell, beliau menjelaskan bahwa nggak ada pungutan pajak baru buat konsumen, meaning, nggak ada perubahan dalam harga pulsa, token, atau vouchernya.

For when you’ve been having sleepless nights…

It’s probably due to the full moon. 
Yap gengs, seiring dengan masuknya kita ke siklus bulan purnama (in case your still noticing), maka kamu juga perlu tahu bahwa bisa jadi, jam tidurmu berkurang. Hal ini diketahui dalam studi baru yang dipublikasikan di Science Advances pada Rabu (27/1) lalu, yang menyebutkan bahwa menjelang bulan purnama, rata-rata manusia tidur 50 menit lebih singkat dibanding ketika tidak menjelang bulan purnama. Menariknya, hal ini berpengaruh pada both masyarakat pedalaman maupun masyarakat kota. Jadi untuk meneliti hal ini, para researchers mempelajari siklus tidur manusia dalam dua lunar cycles (siklus bulan), that’s about two months.  Mereka meneliti 98 orang dari tiga komunitas masyarakat pedalaman di Argentina, dan kemudian membandingkannya dengan studi lain tentang pola tidur terhadap 464 pelajar yang tinggal di kota besar yakni di Seattle, AS. Hasilnya, para partisipan pada tidur 30 menit lebih telat, dan durasi tidur mereka berkurang hingga 50 menit jika dibandingkan dengan malam-malam yang masih jauh dari bulan purnama.
Penyebabnya? The lights of the moon gengs. Jadi ternyata, menjelang bulan purnama itu, cahaya bulan jadi lebih terang, dan itu mempengaruhi circadian rhythm kita. Karena terang inilah, manusia jadi lebih termotivasi untuk melakukan aktivitas-aktivitas di malam hari dan outdoors, kayak fishing, hunting, or hanging out with friends. Another interesting thing is that pola tidur ini sama-sama ditemukan pada masyarakat pedalaman maupun masyarakat kota, walaupun dalam hal ini, masyarakat pedalaman punya akses listrik yang terbatas. Lebih jauh, diketahui juga bahwa masyarakat kota lebih terlambat dan lebih sebentar tidurnya dibanding masyarakat di pedalaman, namun menurut Leandro Casiraghi, tim dari penelitian tersebut, kemungkinan besar ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi pola tidur masyarakat kota, not only due to the full moon. Kayak misalnya, menurut mimin ya, karena kamu keasyikan ngepoin Instagram mantan, gitu. Wkwkwkw

“Saya juga bingung sebetulnya buat apa,”

Gitu guys, kata Anggota Komisi V DPRD Jabar, Ali Rasyid terkait Gedung Pusat Kebudayaan Subang di Subang, Jawa Barat. FYI, gedung kebudayaan Sunda ini baru aja viral karena bentuknya yang dinilai netijen mirip sarang burung dan terbuat dari bambu. Selain itu, yang bikin publik makin kzl lagi adalah ternyata anggaran untuk pembangunan gedung ini mencapai 6 Milyar.
 
When your friends ask you why you have too many unworn new clothes in your cabinet…

Catch Me Up! Recommendations

Do you have super messy apps on your phone screen? Try to organize them by checking thisYep, hidup rapi dimulai dari hape-mu 🙂

A thank you note…

Thanks to Scholastee dan Barajiwa for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Aku anak kuliah rantau dan masih dibiayai ortu. Jadi sejak beberapa minggu lalu aku ngeliat iklan donasi krisis kemanusiaan di luar negeri yang bikin terenyuh. Tapi minimal donasinya banyak banget karena pake mata uang asing. Terus akhir-akhir ini aku banyak masalah, termasuk uang lagi seret. Akhirnya aku niatin bulan depan donasi, walau minimal donasinya sekitar 1/5 dari uang bulananku. Itu baru niat aja. Besoknya ortu ngirimin aku uang 10 kali lipat dari nilai donasi itu, katanya lagi dapet rejeki. Semangat gais, ada Tuhan yang selalu melihat dan mendengar kita.
-Anonymous-
2. A few days ago, I was desperate.. it felt like I was in Sahara..but when I stopped in the traffic light, I looked to the right side, and there was an old man wearing ojol jacket. Walo beliau dah sepuh banget, masih semangat mau belajar teknologi/sistem baru, yang mungkin agak sulit dipelajari untuk sebagian orang seumuran beliau, demi bertahan hidup..on the other hand, mungkin ada sebagian orang di kategori gen x/y/z (however you name it) malah males untuk meng-upgrade diri..boleh saja jika saat ini kita berada di titik puncak merasa lemah ato apapun itu, tapi alangkah baiknya jika kita bisa do something and tidak berlama2 larut dalam keterpurukan..so guyz, let’s keep our spirit up..
3. Kemarin aku pesan packaging untuk online shopku via Shopee dan pilih dikirim menggunakan Grab Sameday. Sorenya pas aku cek di aplikasi ternyata barangku udah sampai tapi pas aku tanya semua orang di rumah ga ada yang nerima. Akhirnya aku telepon abang Grabnya dan sempet marah-marah pas tahu dia ngirim ke rumah yang salah. Ternyata pas dikirimin screenshot aplikasinya, yang salah adalah seller yang naro titik bukan di titik alamat rumahku. Akhirnya aku minta maaf sama abang Grab dan bilang aku aja yang ambil paketnya di rumah yang salah. Tidak dikira-kira ternyata abang Grabnya jadi merasa bersalah dan berulang-ulang bilang makasih ke aku karena udah mau direpotin. Ga lupa, dia juga kirim doa yang baik banget ke aku. Aku jadi makin terenyuh karena tadi udah sempet marah tanpa dengerin cerita dia dulu. Makasih abang Grab udah ngajarin aku untuk jadi lebih sabar + doa baiknya semoga berbalik ke abang Grabnya!
-Elmo-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!