Citibank Salah Transfer Uang Ke Lembaga Keuangan Hingga 900 Juta Dollar

77

For when you sent the wrong email to your client….Tenang guys, karena Citibank got it worse.

 
Kenapa?
Karena mereka bukan aja salah kirim email, tapi salah transfer! Yep, we’re talking about that Citibank. Jadi awalnya nih, tahun lalu, Citibank salah transfer duit ke beberapa lembaga keuangan yang minjemin $$$ ke perusahaan kecantikan Revlon. Nah Citibank, sebagai agen keuangannya Revlon bermaksud untuk membayar dana-dana pinjeman tadi ke para kreditur, tapi yha jumlah yang ditransfernya SALAH BANGET guys.
 
Sesalah apaaaa?
Jadi dana yang harusnya ditransfer adalah US$8 juta, eeeh yang kekirim sampe US$900 juta (Almost US$1B!) Nah abis kejadian ini, ada beberapa pemberi pinjaman yang udah balikin duitnya, tapi ada juga yang enggak ngebalikin, dan totalnya, masih ada dana US$ 500 Juta yang belum balik ke Citibank dari sekitar 10 pemberi pinjaman. FYI guys, kejadian ini disebut juga sebagai kesalahan terbesar dalam sejarah perbankan.
 
It sure is!
Yep, nah terkait hal ini, Citibank langsung dong melakukan gugatan hukum supaya duitnya dibalikin. Tapi guys, kemarin, para hakim di Pengadilan New York baru aja memutuskan bahwa…nggak, duitnya gausah dibalikin gpp.
HAH KENAPA?
Karena menurut para hakim, ga mungkin banget bank segede dan semewah Citibank bisa melakukan kesalahan sefatal itu, di mana mereka mengirimkan uang hampir mencapai US$ 1 Milyar. Ini sih hampir nggak masuk akal. Gitu katanya.
 
Lagian kok bisa salah gitu sih?
Yha nggak sengaja guys. Menurut dokumen gugatan mereka ke pengadilan, emang beneran telah terjadi “operational mistake” yang nggak disengaja. Citibank sendiri baru nyadar bahwa dana yang dikirimnya salah setelah berselang satu hari, di mana baru deh mereka ngontak-ngontakin para kreditur untuk balikin duitnya. Tapi ditolak.
 
I see…
Nah guys, sebenernya sih ya, dalam peraturannya di Amerika Serikat tuh, kalo emang ada dana yang ditransfer karena nggak sengaja, maka penerimanya wajib ngebalikin langsung. Tapi khusus di New York, ada pengecualian namanya “discharge-for-value-defense”, di mana kalo penerimanya nggak nyadar, maka mereka boleh menyimpan uang itu.
 
Nah, terus para hakim tau dari mana kalo emang para penerima nggak nyadar?
Dari chat-chat-an becanda guys. Jadi sehari setelah Citibank ngabarin ke para pemberi pinjaman bahwa mereka salah transfer, karyawan di salah satu perusahaan kreditur itu chat-chatan soal kesalahan tadi, something like, “Whoaa kasian banget itu pegawai ops yang salah transfer. Bad career move…” Nah, the fact that chat-chatannya dilakukan sehari setelah Citibank ngasih kabar, dinilai hakim bahwa hal ini membuktikan bahwa emang para penerima gatau bahwa mereka baru dapet duit $$$ dengan jumlah yang berbeda, kalo nggak dikabarin ama pihak Citibanknya.
 
OMG…I wanna know what’s Citibank thinking about this mess…
Yang pastinya sih mereka bakal banding dan berjuang supaya duit US$500 jutanya balik. Citibank bilang bahwa yha cui itu duit gue…
Got it. Anything else?
Well, meski udah menerima uangnya, namun karena proses pengadilan masih berlangsung, maka para kreditur tadi nggak bisa menggunakan dananya gengs. Jadi yhaa ditahan dulu untuk sementara.