Akibat Gletser Yang Mencair Picu Banjir Bandang Di India 18 Orang Meninggal 165 orang Hilang

101

What’s just become the headline in India?

The glaciers.
 
What happened? 
Jadi, Minggu (7/2) kemarin, glacier (es gletser) di bagian utaranya Uttarakhand, yang terletak di wilayah pegunungan Himalaya, India, cair dan ‘pecah’. Bencana ini sampai menghancurkan dua proyek pembangkit listrik tenaga air yang berada di dekat lokasi kejadian, dan menyebabkan banjir bandang di sepanjang sungai.
Gosh, seriously? 
Yes.  Setidaknya sejauh ini, udah ada 18 orang yang meninggal dan 165 orang hilang gara-gara bencana tersebut. Masyarakat yang tinggal di sekitar sungai pun dianjurkan untuk evakuasi, in case air sungainya meluap. Terkait bencana ini, polisi menyebut bahwa ada 15 orang yang terjebak di dalam terowongan di area PLTA, tapi untungnya udah berhasil dievakuasi.
Go on…
Menurut pejabat setempat, emang ada terowongan di lokasi proyek pembangkit listrik tenaga air di Uttarakhand yang tersumbat oleh puing-puing longsoran gara-gara es gletser yang pecah itu. So far, ada lebih dari 2000 anggota Indian’s National Disaster Response Force (NDRF) yang udah di lokasi untuk menyelamatkan para korban.
Tapi kok bisa glacier-nya pecah? 
Good question. Para ilmuwan menyebut bahwa es gletser yang pecah di tengah musim dingin adalah merupakan dampak dari climate change. Para peneliti ini juga udah memperingatkan bahwa suhu yang naik bakal menyebabkan es gletser mencair dengan cepat hingga mengakibatkan “pecahan” tadi. Bahkan, studi terbaru menunjukkan bahwa glacier yang menjadi sumber air sepuluh jutaan manusia bisa hilang by the end of the century. 
Oh no…how’s the situation now?
Sekarang sih, arus air di sungai udah nggak terlalu deras lagi, dan pemerintah setempat lagi berupaya untuk menyelamatkan para pekerja yang masih terjebak di lokasi longsor.
I see, anything else? 
Terkait bencana ini, banyak pihak yang mengkritik pemerintah India tentang kenapa mereka membangun waduk deket banget sama glacier-nya, secara kan saat ini bumi tengah menghadapi climate change. Para ahli menyebut, pemanasan global ini bisa bikin glacier-nya nggak begitu “kokoh” hingga mudah menyebabkan longsor.
Elsa, do you wanna build a snowmaaan?