AHY: Ada Gerakan Yang Ingin Ambil Alih Partai Demokrat, China Laporkan Berhasil Tangkap Pembuat Vaksin Covid-19 Palsu, Alibaba Di Anggap Melakukan Monopoli Bisnis Oleh Pemerintah China, Mie Instant Viral Diracik Pakai Emas 24 Karat

136

Good morning!

Rise and shine. Today we’ll be covering a lot about China and…the Democrat. Not, that Democrat, but AHY Democrat. Yep, things are still heating up in Cikeas and let us break it down for you. Now scroll down…

For when your friends created a group chat without inviting you…You’d probably feel betrayed. 

Kayak yang dirasakan sama Mas Agus Harimurti Yudhoyono, aka AHY.

 
HAH kenapa emang?
So, another drama around Cikeas-Istana baru aja terjadi. We’re here to tell you everything.
 
Yep, tell me.
OK. Jadi semuanya bermula pada Senin (1/2) kemarin, di mana waktu itu, Ketua Umum Partai Demokrat aka anak sulungnya Pak SBY aka Mas Agus Harimurti Yudhoyono bilang bahwa ada gerakan politik yang dilakukan sama pejabat di lingkaran kekuasaan Presiden Joko Widodo. Adapun gerakan politik ini berupaya mengambil alih kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa. FYI, kepemimpinan Demokrat saat ini dipegang oleh keluarga Cikeas, yakni Pak SBY sebagai Ketua Majelis tinggi, Mas Agus sebagai Ketua Umum, dan Ibas Yudhoyono sebagai Wakil Ketua Umum.
 
Ok….
Nah lebih jauh, Mas Agus juga bilang bahwa upaya ini tentunya mengancam kedaulatan dan eksistensi Partai Demokrat. Nggak cuma sampe situ, beliau juga bilang bahwa gerakan ini melibatkan pejabat pemerintahan yang dekat dengan Pak Jokowi.
Whoaa…
Yep, terus dalam kesempatan yang sama, Mas AHY juga bilang bahwa dia udah sering dapet laporan soal upaya kudeta ini dari kader partainya. Adapun mereka yang diduga melancarkan manuver ada dari kader, eks kader, hingga pejabat pemerintah. Terkait hal ini, Mas AHY juga bilang dia bakal ngirim surat ke Pak Jokowi untuk minta klarifikasi.
 
Spill dongg siapa yang dimaksud???
Well, kayak Twitter, nama orang-orang yang diduga mau “mengkudeta” Partai Demokrat ini akhirnya bermunculan. Adapun nama yang paling menonjol adalah kepala Kantor Staf Presiden (KSP) yang juga mantan Panglima TNI, Moeldoko.
Hah kok bisa?
Ya bisa. Jadi kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, berdasarkan kesaksian dari sejumlah kader di pusat dan daerah, banyak emang pejabat demokrat yang dipertemukan sama Moeldoko langsung dengan tujuan ingin mengambil alih kepemimpinan partai secara inkonstitusional. Tujuannya, yha untuk kepentingan nyapres di tahun 2024 nanti.
 
Miiiiind blowing.
Rite. Hal yang sama juga disampaikan oleh kader demokrat lainnya, Andi Arief. Kata Andi, yha emang Moeldoko orangnya. Lebih jauh beliau bilang bahwa AHY akhirnya meminta konfirmasi ke Pak Jokowi karena pas mau pengambilalihan itu, udah dapet restu dari Pak Jokowi.
 
Tapi emang bener?
Nah kemarin, Pak Moeldoko akhirnya angkat bicara guys. Beliau bilang bahwa emang ada banyak kader demokrat yang sering menemuinya untuk curhat tentang kondisi partai. Yha tapi beliau ngedengerin aja tanpa ngasih saran apapun. Lagian kalo mau kudeta mah dari internal, bukan dari luar. Terus kalo jadi pemimpin partai gamau kadernya pergi, yha diborgol aja para kadernya. Finally, Mas AHY juga diminta untuk nggak baperan kalo jadi pemimpin.
 
OMG terus gimana?
Ya menanggapi fenomena ini, akhirnya para simpatisan terpecah guys. Ada yang mendukung Pak Moeldoko, ada yang setia sama Mas AHY. Adapun #Teammoeldoko adalah kelompok aka faksi para politisi senior PD yang juga pernah memimpin Demokrat sebelumnya, yakni faksinya Subur Budhisantoso, Hadi Utomo, Anas Urbaningrum, dan Marzuki Alie. Adapun #TeamAHY di antaranya ada Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga politisi Demokrat, Emil Dardak yang bilang bahwa para pengurus PD di daerahnya tetap setia ke Mas AHY. Selain itu, para pengurus PD di Jawa Barat dan Lampung juga udah menegaskan kesetiaan mereka pada AHY.
 
So, where are we going from here?
Well kemarin, Partai Demokrat menyebut bahwa mereka bakal memecat kader yang ikutan gerakan “kudeta” AHY. Disampaikan oleh Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani, mereka yang terlibat dalam gerakan tersebut berarti telah melakukan pelanggaran berat, jadi yhaa bakal dipecat.

What will make you raise your eyebrows?

 
About what?
About Covid-19 vaccine.
OK, try me.
Well jadi guys, Senin lalu, pihak otoritas China baru aja melaporkan bahwa mereka berhasil membekuk kawanan pembuat vaksin Covid-19 palsu.
 
WHAAAAT?
Kan, kaget kan? Jadi kawanan ini udah beroperasi sejak September tahun lalu dan udah memproduksi sekitar 3.000 vaksin covid palsu 😭😭. Adapun kawanan yang berhasil ditangkap ada lebih dari 80 orang. Jadi menurut polisi, kawanan ini melakukan tindakan ilegal yaitu membuat dan menjual vaksin palsu.
 
Terus terus….
Terus nih, kawanan penjahat ini juga disebut udah menghasilkan keuntungan besar dari vaksin palsunya yang dijual ke dalam dan luar negeri. Pihak otoritas China bilang, mereka udah kontekan terkait penyebaran vaksin palsu ini ke negara-negara yang menerimanya.
 
Emang negara mana aja?
Jujur gatau gadisebutin. Tapi emang saat ini, warga China udah divaksin sama vaksin Sinopharm dan Sinovac, dan keduanya juga udah digunakan di luar negeri. Oh iya guys selain palsu, vaksin-vaksin ini juga dijual dengan harga mahal.
 
Gosh…ada komentar dari pihak China-nya?
Ada. Menurut Juru Bicara Kemenlu China Wang Wenbin, pemerintahan China sangat sangat memperhatikan keamanan vaksin dan akan selalu berupaya untuk menghentikan bisnis vaksin palsu dan bisnis ilegal. At the same time, China juga akan memperkuat penegakkan hukumnya dengan melakukan kerjasama antar negara demi mencegah terjadinya hal-hal kayak penyebaran vaksin palsu.
 
OK…Anything else I should know?
Jadi emang sebenernya, ini bukan pertama kali sih guys, China kena skandal terkait vaksin palsu. Sebelumnya di tahun 2016, polisi juga menangkap dua orang dari kawanan kriminal yang menjual jutaan dosis vaksin yang penyimpanannya nggak sesuai aturan ke seluruh negeri. Terkait hal ini, Pemerintah China kemudain gercep mempertegas aturan dan memperberat hukuman untuk mereka yang melakukan tindakan pemalsuan ini.

For when you’re being left out from the pack…Bosnya Alibaba, Jack Ma can relate.

Why what happened?
Karena namanya Jack Ma nggak ada dalam daftar nama pengusaha China gengs. Jadi kemarin, media pemerintah China terkemuka soal bisnis, namanya Shanghai Securities News baru aja merilis nama-nama pengusaha berpengaruh di negaranya. Dan jeng jeeeng di list itu nggak ada nama Jack Ma. Padahal yha everybody knowws….he’s a businessman.
Hah kok bisa? 
Ya bisa. Jadi nama-nama “entrepreneur leaders” yang justru disebutkan adalah Ren Zhengfei dari Huawei Technologies, Lei Jun dari Xiaomi Corp, Pony Ma dari Tencent’s (TCEHY), dan Wang Chuanfu dari BYD. CEO-CEO ini dipuji sama pemerintah China atas kontribusi mereka, especially their “entrepreneurial spirit”. Tapi Ma, yang jelas-jelas merupakan pendiri perusahaan internet terbesar di China itu justru nggak disebutin.
Kenapa?
Ga tau, tapi hal ini tentunya makin memperkuat asumsi masyarakat bahwa hubungan Ma sama pemerintahan di negaranya sendiri lagi makin merenggang.
Remind me who Ma is again. 
Well, Jack Ma adalah founder Alibaba sejak dua puluh tahun lalu, dan FYI Alibaba adalah perusahaan tech raksasa nggak hanya di China, tapi juga di tingkat global. Tahun lalu aja, mereka bayar pajak keuntungannya sebanyak US $80 milyar di bulan Maret.  Terus, market capitalization-nya juga mencapai lebih dari US $700 milyar. This means, Alibaba adalah salah satu tech companies yang paling valuable di tingkat global.
Terus kenapa Ma nggak dimasukin di majalahnya? 
Not sure, tapi kemungkinan karena hubungan Ma dengan otoritas China di bawah pemerintahan Xi Jinping yang kian merenggang. Jadi situasi ini dimulai pada Oktober lalu, di mana Ma sempat mengkritisi peraturan terkait digital di negaranya yang dinilai kuno. Setelah menyampaikan kritikan itu, langsung deh pemerintah China melakukan manuver, di antaranya melancarkan investigasi atas perusahaan Ma yang diduga melakukan monopoli. Ga sampai di situ, perusahaan afiliasinya Ali Baba, Ant Group juga batal melantai di bursa efeknya Shanghai dan Hongkong, cuma beberapa jam sebelum peresmiannya dilakukan. Abis itu, Ma juga sempet menghilang selama beberapa bulan. Catch up more on Ma-China drama, here.   
 
Ok, anything else? 
President Xi Jinping pada Desember lalu memang lagi memperkuat kebijakan anti-trust/anti-monopoli terhadap perusahaan-perusahaan online.  Bahkan, kebijakan ini adalah salah satu target paling penting di tahun 2021.  Menurut Kevin Kwek, managing director AND senior analyst di Alliance Bernstein, kemungkinan Ant Group bakal tetap dibolehin melantai di bursa efek once investigasi anti-monopolinya dan privasi konsumennya udah selesai.

 For when you’re feeling fancy…

Wait until you hear this:  Mie Instan Sultan 
Yes, we know, biasanya kalau kamu makan mie instan, maka yang biasa kamu tambahin ke racikannya adalah telur, sawi, bakso, cabe rawit, you name it.  But wait until you hear about mie instan sultan, yang dimasak pake emas. Yep, beneran emas.
Jadi awalnya, ada TikTok-er dengan akun @lapakkwe yang show-off mie goreng instan karyanya. Guess what? Mie-nya ditambahin lembaran emas 24 karat. In case you didn’t know, emang ada yang namanya ‘edible gold’ atau emas yang bisa dimakan. Edible Gold ini biasa dipakai untuk menghias makanan, biasanya bentuknya seperti lembaran dan serpihan gitu.  You’re probably wondering rasanya gimana? Ternyata nggak ada rasa sama sekali, karena emang edible gold ini cuma untuk dekorasi aja. FYI, edible gold juga biasanya dipake untuk mendekor kue-kue supaya terlihat mewah. Selain itu, emasnya juga nggak mengandung kalori dan lemak, sehingga aman buat dimakan. Tapi yha gituuu ga ada kandungan gizinya juga.
Who’s craving for gold?

“Ya enggak sedahsyat dulu tapi paling tidak setiap hari light jog. In terms of jarak enggak jelek juga. 7-8 (km), paling sedikit 5 (km), weekend kadang lebih dari 10 km,” 

Gitu kata Menteri Luar Negeri RI Bu Retno Marsudi pas ditanya sama Kompas terkait tipsnya menurunkan berat badan hingga 16 kg dalam dua tahun. Selain rajin jogging, Bu Retno juga bilang bahwa beliau mengurangi makan karbo dan yang manis-manis.
 
For when you need extra motivation for some light jog today…

Catch Me Up! Recommendations

Forgive and forget. Easy to say, soooo hard to practice. But here, we have easier ways to do that. 

A thank you note…

Thanks to Nisa, Gita Marina, and seseorang for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Bulan Oktober aku iseng download Bumble karena bosen, pengen aja nemu temen ngobrol. Di bulan November aku match sama seseorang dan awalnya aku ga suka tapi di bulan Desember dia deketin lagi dengan cara yang lebih aku suka dan kita jadi tambah deket sampai sekarang. Di tengah pandemik begini, ternyata dapet perhatian super simpel tuh cukup melegakan hati ya. Kerja seharian dan malemnya ditanyain cerita hari ini apa aja terus disemangatin buat besoknya tuh cukup banget buat recharge energyThank you for coming into my life ya!
-Mymymymy-
2. So today...Karena full WFH dan ga berani keluar rumah, jadi aku hampir selalu belanja secara online untuk semua kebutuhan aku dan keluarga di rumah, termasuk pesan pake Ojek Online. Dari sebelum pandemi Mama dan Adikku selalu ingatkan untuk sebisa mungkin memberi tip untuk para ojek online itu, cuma klo dulu sebelum pandemi aku selalu malas-malasan ngasih tip karena berpikir mereka sudah dapat fee / bayaran kok. Tapi pas pandemi ini aku mulai tergerak untuk selalu memberi tip ke mereka termasuk untuk petugas kurir ekspedisi yang nganterin paket. Momen yang bikin aku mulai tergerak itu adalah aku pernah baca tentang seorang driver ojek online yang ngomong bahwa dalam satu hari belum tentu dia dapat order, sementara dia butuh uang untuk beli pulsa untuk anaknya supaya bisa sekolah online. Di situ aku jadi mikir bahwa uang tip yang mungkin tidak seberapa untuk kita tapi bisa berarti banyak untuk para driver ojek online itu karena belum tentu mereka bisa dapat orderan yang banyak hari itu, atau bisa jadi order kita itu adalah satu-satunya order yang mereka dapat hari itu. Sejak itu setiap aku ngasih tip ke para driver ojek online atau kurir ekspedisi, mereka semuanya kelihatan senang dan berterimakasih banget. Dan ternyata perasaan senang itu balik ke aku lagi. Sekali lagi aku membuktikan kalimat yang bilang bahwa tidak ada kebahagiaan yang bisa mengalahkan kebahagiaan ketika kita bisa membahagiakan orang lain. Itu bener banget. Dan membuat orang lain bahagia itu ternyata tidak sulit kok. Dalam pengalamanku ini bisa sesederhana memberi tip yang mungkin tidak seberapa tapi ternyata berarti banget untuk orang lain. Terima kasih para ojek online dan kurir ekspedisi yang selama ini sudah jadi Angels juga karena membantu mempermudah aktivitas belanja kita di masa pandemi ini. Terima kasih karena semangat dan rasa syukurnya membuat aku juga bahagia, termotivasi untuk selalu berbagi dan juga selalu bersyukur dengan apa yang aku punya.
-T di Jakarta-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!