Setelah Disumpah Presiden Biden Langsung Ubah Kebijakan Yang Dibuat Donald Trump

65

Who’s already “kerja-kerja-kerja” on the first day? 

President Joe Biden.
Oh iya how is he? 
Well, jadi di hari pertamanya (21/1) setelah disumpah presiden, Biden langsung gercep mengubah kebijakan-kebijakan yang dulu dibuat oleh Trump, mulai dari kebijakan terkait covid-19, ekonomi, climate change, imigrasi, and so on.
Tell me. 
Ok. First, terkait covid-19 yang merupakan prioritas utamanya. Dalam hal ini, Biden bikin mandat wajib pakai masker buat warganya di fasilitas-fasilitas milik pemerintah. Mandat ini juga berupa ‘challenge’ bagi netizens untuk ikutan pakai masker, setidaknya sampai 100 hari Biden jadi presiden.
 
Nice…
Terus, Amerika Serikat juga nggak jadi keluar dari WHO (World Health Organization), seperti yang dulu Trump pernah bilang. Kata Biden, AS lebih kuat ketika bergabung dengan kekuatan global, jadi dia bakal memastikan bahwa negaranya ga jadi keluar dari organisasi tersebut. FYI, tadinya proses keluarnya AS bakal selesai per 6 Juli 2021 mendatang.
OK…next? 
Masih soal Covid-19, Biden juga memperpanjang moratorium terkait pengusiran dan penyitaan orang dari tempat tinggalnya. Jadi guys, seiring dengan kondisi pandemi yang bikin orang banyak kehilangan pekerjaan, maka banyak juga keluarga di AS sana yang nggak bisa bayar sewa kontrakan. Nah aturan soal pengusiran ini memberikan perlindungan kepada mereka dengan melarang pengusiran dan penyitaan dilakukan oleh pemilik properti kepada mereka yang nggak bisa bayar. Awalnya larangan ini berlaku sampe 31 Januari, namun Biden perpanjang lagi sampe Maret. Begitu juga dengan penundaan pembayaran student loan yang diperpanjang juga sampe Juli mendatang.
 
I also heard things about climate change…
Oh yea, that too. Jadi Biden juga udah menandatangani executive order yang memastikan bahwa AS bakal kembali bergabung dengan Paris Agreement. Jadi perjanjian yang ditandatangani oleh 195 negara ini bertujuan buat menghindari efek dari global warming dengan memastikan suhu global hanya naik sebanyak 2 derajat Celsius hingga tahun 2100, bahkan kalo bisa sih di bawah 1,5 aja. Nah di eranya Trump, AS memutuskan keluar dari perjanjian ini, namun Biden udah memastikan bahwa AS bakal ikutan lagi. Dengan kebijakan ini, maka bisa diprediksi bahwa AS bakal memperketat aturannya terkait emisi karbon dan sumber energi fossil.
Nice…
Belum selesai gengs. Di kebijakan terkait imigrasi, Biden udah menghentikan kebijakan Trump yang melarang masuknya warga dari beberapa negara dengan mayoritas penduduk Muslim ke Amerika Serikat. Selain itu, Biden juga melanjutkan lagi program DACA yang melindungi anak-anak imigran dari deportasi, dan menghentikan proyek pembangunan tembok perbatasan sama Meksiko yang mahal banget.
Gercep juga ya doi.. 
You bet.  Nah update paling baru pada Senin (25/1) kemarin, di mana Biden juga bakal mencabut kebijakan Trump yang melarang transgender untuk bertugas di militer.  Sebelumnya, larangan tersebut berlaku bagi mereka yang pernah didiagnosis gender dysphoria, dan kebijakannya Trump mengatur bahwa mereka yang bertugas di militer harus bekerja sesuai jenis kelaminnya sejak lahir. Sekretaris Gedung Putih, Jen Psaki, bilang bahwa pemerintahan Biden akan mencabut larangan tersebut di awal kepresidenan Joe Biden.