Proses Vaksinasi Covid-19 Resmi Dimulai 13 Januari Diberikan Gratis

132

And let’s start, from yesterday’s most talked about issue…Yep, we know y’all have already heard it: the vaccination. You see the video, the memes, the shaking arms *lol* so we decided to recap everything from yesterday for you. Now scroll down…

  • Proses vaksinasi Covid-19 udah secara resmi dimulai kemarin (13/1) di istana. Adapun proses penyuntikannya dibagi menjadi tiga sesi, di mana pada tiap sesinya ada tujuh pejabat yang disuntik.
  • Presiden Jokowi jadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac di Indonesia. Beliau disuntik oleh Prof Abdul Muthalib yang merupakan Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan Pak Jokowi.  Iya Prof Abdul gemeteran gengs, gara-gara vaksin perdana katanya.
  • Selepas divaksin, Pak Jokowi juga dapat Kartu Vaksinasi Covid-19. Di kartu ini ada jadwal suntik vaksin yang kedua, yaitu 14 hari setelah penyuntikan yang pertama. Menurutnya, kartu ini bakal dikasih ke seluruh warga yang disuntik vaksin, nggak cuma dia aja.
  • Setelah pak presiden, berikut nama yang divaksin di sesi pertama: Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M. Faqih, Dr. H. Amirsyah Tambunan (Sekjen MUI/Muhammadiyah), Ishomuddin dari PP NU, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, dan Raffi Ahmad (Perwakilan anak muda)

  • We know what you think. Whyyy Raffi Ahmad? Well, jadi dalam keterangannya Raffi sih guys, dia jadi ikut menerima vaksin pertama karena pas ditawarin mau divaksin atau nggak, dia bilang mau. Istrinya, Nagita Slavina, juga sebenernya mau ikutan divaksin juga, tapi nggak jadi karena nggak dapat undangan. Meski begitu, Raffi bilang bahwa keluarganya bakal sesegera mungkin divaksin.
  • Selanjutnya di sesi kedua dimulai oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, beserta enam orang lainnya, yaiu: Prof. Dr. Unifah Risyidi (PGRI), Ronal Tapilatu (PGI), Agustinus Heri (KWI), I Nyoman Suarthanu (PHDI), Partono Bikkhu N. M (Permabudhi) dan Peter Lesmana (Matakin)
  • Sedangkan sesi ketiga dipimpin oleh Penny Lukito (Kepala BPOM) dan beberapa perwakilan dari pengusaha, Sekjen Ikatan Bidan Indonesia, perawat, apoteker, buruh, dan pedagang.
  • Di Papua, Dokter Aaron Rumainum selaku Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua jadi orang pertama yang divaksin di provinsi tersebut. FYI guys, beliau menyuntik sendiri vaksin ke lengannya dan katanya sih, ada rasa nyeri dan sakit kepala setelah divaksin. Namun setelah 30 menit, udah gpp dan bisa beraktivitas seperti biasa.
  • Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) nggak bakal divaksin Sinovac karena usianya udah 66 tahun, jadi beliau bakal dapet vaksin yang diproduksi Pfizer.  FYI, vaksin ini belum ada di Indonesia.
  • Pada Jumat (15/1) nanti, bakal ada 60 ribu tenaga kesehatan di DKI Jakarta yang bakal divaksin tahap pertama. Total nakes yang bakal divaksin di Jakarta adalah 131 ribu.
  • Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, bilang bahwa pihak otoritas Aceh nggak akan memaksakan vaksin ke warganya. Jadi yha kalo ada warga yang menolak divaksin ya nggak akan dipaksa.
  • Pengusaha Mal dan Hotel minta daerah-daerah dengan penduduk padat juga menjadi prioritas proses vaksinasi.
  • Anggota Komisi IX DPR dari PDIP, Ribka Tjiptaning menolak penyuntikan vaksin virus corona karena dia masih ragu sama efek vaksinnya. Ribka juga bilang bahwa dirinya mendingan bayar denda karena nggak bersedia divaksin daripada harus disuntik vaksin.
  • Proses vaksinasi di wilayah Jakarta diundur jadi Jumat (15/1) gara-gara banyak penerima vaksin yang puasa pada Kamis (14/1).