Program Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia Mulai 13 Januari, Angka Penyebaran Mutasi Virus Corona Melonjak Inggris Kembali Lockdown, Australia Minta Pembebasan Ba’asyir Tidak Menimbulkan Ancaman Terorisme, Palau Diprediksi Negara Yang Bebas Dari Covid-19.

159

Hi there,

Thank you so much for your support yesterday. We got such an overwhelming flow of coffee (and love!) and as much as you enjoy waking up with us every morning, please know: the feelings are mutual. It’s such a pleasure to be invited to your inbox every morning, and to be trusted as one of your source of information. It means a lot. Thank you again.

Who will be super busy next week?

Our gov’t
Why?
Karena udah fix nih guys, bahwa program vaksinasi Covid-19 bakal dimulai di Indonesia pada this time next week, aka 13 Januari mendatang.
Oh really?
Yep. Jadi, berdasarkan Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi Covid-19 kemarin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa vaksinasi covid-19 bakal dimulai per 13 Januari 2021. Vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap dan serentak di 34 provinsi di Indonesia.
Ada yang serentak tapi bukan Pilkada…
….. OK nice try but anywaaaaay jadi orang yang pertama bakal disuntik adalah Presiden Joko Widodo. Abis itu para menteri Kabinet Indonesia maju, dan dilanjutkan oleh tenaga kesehatan. Proses vaksinasi kemudian bakal dilakukan di 34 provinsi di hari yang sama. Terkait hal ini, Pak Budi juga meminta para kepala daerah untuk ikutan divaksin supaya masyarakat pada percaya. Abis itu, beliau juga meminta supaya para nakes di daerah menjadi prioritas utama untuk mendapatkan vaksin.
I haven’t heard the word “approved”…
Yea not yet. Jadi emang so far, belum ada nudge dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) soal izin darurat penggunaan aka emergency use authorization (EUA) atas vaksin Sinovac-nya ini. Pihak BPOM menyebut bahwa EUA-nya belum keluar karena masih nunggu hasil uji klinis analis di Bandung untuk konfirmasi khasiat atau efikasi vaksin. Namun BPOM memastikan, bahwa izinnya bakal keluar sebelum jadwal vaksinasi berlangsung.
 
Terus terus….halal gak?
Nah ini juga belum nih. Kata Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) bidang halal Sholahuddin Aiyub, lampu hijau dari lembaganya juga bakal segera disampaikan dalam waktu dekat untuk vaksin Sinovac. Beliau menyebut bahwa pihaknya udah punya data-data terkait, tapi masih melengkapi SOP (standard operating procedures) jadi belum bisa diumumin.  Tapi, katanya sih kemungkinannya bakal diumumin dalam waktu dekat, nggak lama setelah BPOM ngasih izin, dan sebelum tanggal 14 Januari 2021.
Jadi gimana beb? 
Yha ga gimana-gimana, karena kata BPOM sih, emang pemerintah tetap melakukan distribusi vaksin meski EUA belum keluar. Hal ini karena Pemerintah ingin mengantisipasi keterlambatan kedatangan vaksin Covid-19 di masing-masing daerah. FYI guys, saat ini, terdapat 3 juta vaksin Covid-19 Sinovac yang didatangkan dalam dua tahap, pertama pada 6 Desember 2020 sebanyak 1,2 juta dan 31 Desember 2020 sebanyak 1,8 juta dosis.
I see…
Yep. Nah terkait vaksinasi ini, pemerintah punya target untuk memvaksin sekitar 67-70 persen penduduk, atau sekitar 181 juta orang Indonesia. Disebutkan Pak Budi bahwa angka ini udah cukup untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap covid-19. Sementara itu, sejak 4 Januari lalu, pemerintah udah mulai mendistribusikan vaksin Sinovac ke 34 provinsi meski belum ada izin darurat.
 
One question. I got an SMS text saying I am eligible for vaccine….
Great. Chances are, you’re our healthcare warrior. Nah jadi emang pada 31 Desember lalu, pemerintah udah nge-blast SMS buat seluruh penerima vaksin covid-19 yang masuk kategori prioritas pertama which termasuk ke dalamnya adalah para tenaga kesehatan. Namun kalo kamu adalah Nakes dan nggak dapet SMS-nya, gausah panik guys, karena kata pemerintah, Nakes masuk ke prioritas vaksin. Jadi gausah nunggu SMS, kamu bisa langsung aja cek status kamu di website peduliLindungi.id dan registrasi.
Got it. Anything else I should now?
Well seiring dengan dilaksanakannya program vaksinasi ini, Mabes Polri rencananya bakal menurunkan 83.566 personel untuk mengawal prosesnya, mulai dari nyampe vaksin di Soetta sampe proses pendistribusiannya ke daerah-daerah. Polisi bilang, hal ini dilakukan dalam rangka menyukseskan program vaksinasi nasional.

Who’s under lockdown again?

The UK. 

 
Again? 
Yep, and this time is stricter.  Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson baru aja ngumumin Senin kemarin bahwa negaranya itu bakal di-lockdown lagi sampai tanggal 22 Februari 2021.
Agaiiiiin? 
Yep, again. Hal ini gara-gara munculnya varian baru covid-19 yang menyebabkan angka positif Covid-19 di Inggris naik terus gengs.  In fact, per Senin (4/1) kemarin, ada lebih dari 26,000 pasien corona di rumah sakit-rumah sakit, naik 30 persen dari minggu sebelumnya.
 
That’s fast! Bukannya udah ada vaksin ya? 
Nah justru itu, sambil nunggu proses vaksinasi, masyarakat diimbau untuk di rumah aja.  Kebijakan lockdown ini juga berlaku untuk sekolah-sekolah yang padahal tadinya udah siap dibuka lagi untuk kelas tatap muka. Ditegaskan juga bahwa nggak akan ada relaksasi aturan sampe at least 22 Februari mendatang.
 
Terus terus…
Well, jadi lockdown-nya ini udah berlangsung sejak Senin lalu dan akan dilaksanakan selama tujuh minggu, dengan dilakukan review di di tengah-tengah periode tersebut. Selama lockdown ini, masyarakat cuma boleh keluar rumah dengan alasan: belanja kebutuhan dasar, olah raga, dan kebutuhan medis.  Selain itu, masyarakat juga boleh keluar rumah demi menghindari Kekerasan Rumah Tangga (KDRT).  Ada beberapa fasilitas publik yang ditutup juga, kayak tempat olahraga outdoors. Meanwhile, tempat ibadah bakal tetap dibuka dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.
Parah banget emang virus varian baru ini?
Yep, jadi emang meski nggak terbukti lebih bahaya, namun varian baru virus ini 70% lebih gampang menular, dan ini tentunya menyebabkan angka positif covid naik tinggi di Inggris. Sebagai gambaran, jumlah pasien yang masuk rumah sakit tertinggi pada first wave di Bulan April tahun lalu adalah 18,374 kasus. Nah saat ini, jumlahnya 40% lebih tinggi dari angka tadi. Dengan kondisi ini, para tenaga kesehatan setempat diprediksi bakal makin kewalahan kalo nggak ada lockdown ketat.
 
Have we found this new strain elsewhere?
Yep, Kasus mutasi corona baru ini udah mulai ditemukan di lebih dari 30 negara di luar Inggris, termasuk kalo di Asia di antaranya ada Thailand, Jepang, dan China.  Alhasil, Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha menerapkan kebijakan restriksi (kayak PSBB) lagi per Senin (4/1) kemarin setelah angka positif di negaranya mencapai jumlah tertinggi harian yaitu 745 kasus. Jepang juga udah menerapkan status gawat darurat di Ibu Kota Tokyo dan menutup perbatasannya nggak lama setalah varian baru tadi muncul. Di Indonesia sendiri, kita juga udah nutup perbatasan dari kedatangan luar negeri hingga 14 Januari mendatang.

Who’s finally free?

Abu Bakar Ba’asyir.
Who? 
Ba’asyir gengs. Jadi beliau ini adalah terpidana kasus terorisme dan disebut sebagai dalang dari peristiwa Bom Bali yang menyebabkan 200 orang meninggal di tahun 2002. Pada prosesnya, Ba’asyir terbukti menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme, makanya beliau menjalani hukuman penjara.
Who is he?
Well, beliau adalah pendiri pesantren Al-Mukmin Ngruki di Sukoharjo, Jawa Tengah. Di era orde baru, Ba’asyir sempat menolak asas tunggal Pancasila yang bikin beliau memutuskan untuk kabur dan tinggal di Malaysia aja selama 17 tahun. Menurut data dari pemerintahan AS, pas di Malaysia inilah Ba’asyir membentuk gerakan Islam radikal, Jamaah Islamiyah (JI) yang menjalin hubungan dengan Al-Qaeda. Furthermore, Ba’asyir juga disebut melarang para santrinya melakukan penghormatan pada bendera merah putih. Syirik katanya.

I see, was he imprisoned? 
Yep. Pertama, beliau dipenjara dengan tuduhan terlibat Bom Bali I 2002 dan Bom Hotel JW Marriot 2003. Beliau divonis hukuman 2,6 tahun penjara, di mana masa kurungannya dikurangi 4 bulan dan 15 hari terkait remisi. Jadi pada 2006, beliau bebas tuh. Eeeeh namun pada 2010, Ba’asyir kembali ditangkap polisi karena disebut terlibat dalam pendanaan latihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia.
 
Go on…
Nah terkait kasusnya yang kedua ini, Ba’asyir kemudian dijatuhi hukuman pidana penjara selama 15 tahun, namun kemudian dipotong remisi aka pemotongan hukuman dengan total 55 bulan, yang terdiri dari remisi hari raya dan remisi kemerdekaan RI. Dengan itung-itungan ini, maka pada Jumat besok, Ba’asyir bakal menghirup udara bebas…
I also heard things about him being old…
Oh yea he’s old. Beliau umurnya udah 82 tahun gengs, dan selama ini beliau dipenjara di Lapas Gunung Sindur, Bogor, di blok khusus teroris. Menjelang pembebasannya ini, Ba’asyir dibilang berada dalam kondisi sehat, walaupun fisiknya lemah karena udah sepuh tadi. Oh iya soal usianya ini, pada tahun lalu, Pak Jokowi sempet mau membebaskan beliau dengan alasan kemanusiaan, tapi ada syaratnya, yaitu beliau menandatangani surat setia pada NKRI dan Pancasila. Namun beliau menolak menandatangani. Kata Kuasa hukum Pak Jokowi waktu itu, yaitu Yusril Ihza Mahendra, alasannya adalah karena kepercayaan dan pendirian Ba’asyir hanya untuk hal diyakininya dalam agama Islam.
….
Balik lagi ke pembebasan, disebutkan juga bahwa pihak keluarga saat ini lagi siap-siap untuk menjemput beliau dengan jumlah orang yang terbatas, sebagai antisipasi atas penyebaran Covid-19.  Terus, Kuasa Hukum Ba’asyir, Achmad Michlan, juga meminta pendukung dan simpatisan untuk nggak jemput Ba’asyir saat bebas nanti, demi menghindari adanya kerumunan.
Ok, anything else? 
Habis bebas, Ba’asyir dikabarkan bakal pulang ke rumah pribadinya di pesantren AI Mukmin, Ngruki Sukoharjo, Jawa tengah. Selain itu, meskipun udah bebas, polisi dan jajaran intelejen bakal terus mengawasi aktivitas Ba’asyir. Finally, sebagai negara yang warganya banyak jadi korban bom Bali, Australia mengingatkan Indonesia supaya jangan sampe pembebasan Ba’asyir ini menimbulkan ancaman terorisme di masa depan.

Who will be soon free from Covid-19?

Palau.

Yep, salah satu negara yang terletak di Kepulauan Pasifik itu diprediksi bakal jadi negara yang segera bebas dari Covid-19.
HAH kok bisa??? Ya beberapa alsan gengs, pertama, karena sampe sekarang Palau masih belum mencatatkan satupun kasus dan kematian karena Covid-19. Hal ini karena mereka gercep banget menutup semua perbatasannya sejak Maret tahun lalu, pas Covid-19 melanda dunia. Abis itu mereka juga rajin melakukan testing terhadap warganya yang berjumlah sekitar 18ribuan orang, sehingga resiko penyebaran virus bisa terus di-tracking.
Adapun alasan kedua, sebagai negara yang punya “free association” sama Amerika Serikat, Palau juga dapet akses ke program pengadaaan vaksin AS, Operation Warp Speed. Hasilnya, Palau udah mulai menerima kiriman vaksin Moderna dari AS dan sejak awal minggu ini, dan mereka juga udah mulai memvaksinasi warganya. Itung-itungannya sih, dengan jumlah vaksin yang diterima, jumlah populasi, dan target vaksinasi (yaitu gausah semuanya, tapi cukup 80% aja dari populasi), maka Palau bisa bebas dari Covid-19 pada Mei mendatang. Jadi emang guys, makin dikit populasi, maka makin gampang dan makin cepat juga program vaksinasinya dilaksanakan.
 
Clap clap clap…

“Butuh uang buat makan,”

Gitu jawaban dari tiga pemuda di Cakung, Jakarta Timur, yang ditangkap polisi gara-gara mencuri bagian pipa gas sampe menyebabkan kebocoran. Para pelaku ini mencuri pipa untuk kemudian dijual lagi, tapi aksi ini kemudian ketauan polisi gara-gara warga lapor terkait terciumnya bau gas karena bocor tadi.
 
When you apply for a job and the interviewer asks why you want that position…

Catch Me Up! Recommendations

Do you like cuddling? Whether you cuddle with your spouse of with your pets, here are some health benefits from cuddling.

A thank you note…

Terima kasih buat Ahmad Reftadhiya, Sur (Forsuron), Guita, Rini, Deristyani, John, Regina, April, Tami, Andre, Oci, Rara, Seseorang, Anonim, Raafi dan Alvan Alvian yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Halo CMU! aku mau cerita nih, jadi kan akhir-akhir ini sering hujan, dan cuaca juga lagi ga jelas gini kan, akhirnya aku jadi sering banget ngedrop flu dan batuk. Belum lagi aku termasuk kelompok yang harus terus ke kantor, jadi nggak enak banget sama temen-temen kantorku yang lain karena aku takut nularin mereka. Suatu hari pas mau berangkat kerja, suami aku bawain aku minuman jahe hangat gitu. Dia ga ngomong apa-apa cuma bilang, “Nih biar tenggorokannya lebih enak” tapi itu bikin aku terenyuh banget karena dia tipe yang nggak suma ngomong panjang lebar tapi justru langsung aksi. Seharian itu aku langsung merasa sehat. Thank you, B!
-A lover-
2. Ini kejadian sial banget dan aku harapkan nggak akan terjadi pada siapapun yang baca ini. Jadi weekend kemarin seperti biasa aku nyetir karena ada keperluan ke rumah temen, terus tiba-tiba mobil aku nggak enak banget dan ternyata, ban aku kempes dong! Kempeeees sekempes-kempesnya sampe bener-bener udah nggak bisa dibawa jalan. Aku langsung turun dan waktu itu daerahnya sepiii banget. Aku cuma sendirian dan udah pengen nangis. Tiba-tiba ada mobil dari belakang aku, isinya bapak-bapak berdua yang bantu ngecek ban. Mereka terus bantuin aku dari mulai ngelepas ban lama sampe ganti baru. Mereka juga bantu aku nyariin dongkrak yang jenisnya beda sama punya mereka, mereka sampe bantu nanyain ke orang-orang yang lewat. Aku ga akan pernah lupain jasa mereka. Hal ini bikin aku sadar bahwa kita harus selalu baik sama siapapun, termasuk stranger. Karena kita juga nggak tahu kapan kita akan butuh bantuan mereka
-MAY-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!