Penggunaan Pestisida Pada Tumbuhan Ganggu Siklus Tidur Lebah

32

Who’s not getting enough sleep?

Bees.
Yep guys, betul. Lebah. Jadi hasil penelitian baru-baru ini menemukan bahwa penggunaan pestisida pada tumbuhan terbukti mengganggu siklus tidur para lebah. Yep, kayak kamu yang lebih produktif kalo abis tidur nyenyak, maka lebah juga begitu. Namun kenyataannya, penggunaan pestisida yang biasa ditemukan di tumbuhan mengganggu bodyclock-nya para lebah, dan bikin mereka kurang tidur.
Jadi menurut hasil penelitian di University of Bristol’s School of Physiology, Pharmacology and Neuroscience, Inggris, para lebah yang terkena pestisida ini jadi lebih banyak tidur di siang hari, dan mencari makan di malam hari, padahal bunga-bunganya kan nggak mekar di malam hari. Hal ini juga diketahui bikin kegiatan mencari makan para lebah berkurang secara signifikan.
FYI guys, menurut para peneliti, hal ini bahaya banget karena mayoritas tumbuhan, termasuk buah dan sayuran yang kita makan, itu bergantung pada proses penyerbukan yang dilakukan oleh hewan (kayak lebah).
Lebih jauh, kamu juga perlu tahu bahwa emang saat ini, populasi lebah dan berbagai hewan pollinators lainnya dalam kondisi terancam. Penyebabnya ya apa lagi kalo bukan penggunaan pestisida (Fyi, penelitian lainnya juga menemukan pestisida ini bisa merusak otak baby bees), berkurangnya habitat, krisis lingkungan, hingga parasit. Akibatnya di Eropa dan Amerika Serikat sendiri, populasi bumblebee udah berkurang hingga 30% sejak awal abad ini.