Pelantikan Resmi Pemenang Pilpres Amerika Serikat Joe Biden dan Kamala Harris

36

The Capitol. AKA US Presidential Inauguration.Yep, buzzy buzzy buzzzzy…. 

Karena besok banget nih guys, pasangan pemenang Pilpres Amerika Serikat yakni Joe Biden dan Kamala Harris bakal resmi dilantik.
Whoaaa terus gimana persiapannya?
Yha lumayan rempong, secara pelantikan ini bakal beda banget sama pelantikan presiden sebelum-sebelumnya, thanks to the pandemic (And Trump). Tapi sebelum ke situ, let’s talk about…
 
The rundown.
Jadi pertamanya banget nih, acara bakal dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan jam 11:30 waktu setempat. Abis itu, Biden dan Harris bakal mengambil sumpah dengan disaksikan oleh para hakim dari Mahkamah Agung yang emang udah ditunjuk sebelumnya. Abis itu, Biden bakal ngasih pidato pertamanya sebagai presiden dan setelahnya, dia akan mengunjungi Taman Makam Nasional aka Arlington National Cemetery untuk meletakkan bunga di makam para pahlawan. FYI guys, dalam perjalanan ke Arlington ini, Biden juga bakal jalan bareng mantan presiden yang lain kayak Obama, Bill Clinton dan Bush.
 
You missed Trump.
Nope, emang Trump gabakal dateng guys. Almooost positive. Jadi kan emang dari awal dia udah nge-twit bahwa dirinya nggak akan menghadiri pelantikan Biden. Nah, keputusan ini tuh disampaikannya setelah berbagai kejadian mengezoetkan terjadi pasca Trump kalah pilpres, dari mulai mengklaim bahwa pemilunya curang, terus juga terjadi serangan yang dilakukan para pendukung Trump di Capitol Hill, sampe upaya impeachment kedua yang harus dihadapi Trump dari kongres.
OMG…
Yep, keputusan Trump ini tentunya mengubah tradisi di mana selama 150 tahun terakhir, pelantikan presiden terpilih AS selalu dihadiri oleh presiden sebelumnya untuk melambangkan peralihan kekuasaan yang damai. Menanggapi hal ini, Biden bilang bahwa yhaa dia setuju aja sih sama keputusannya Trump. Sedangkan untuk wakilnya Mike Pence masih belum tau mau dateng apa enggak, tapi kata Biden, kalo mau dateng yha welcome.
I see… terus?
Nah terus, terkait pandemi, rundown acara juga banyak yang berubah guys. Pertama, hadirin hadirot yang hadir di acara pelantikannya bakal terbatas pada sekitar 1000 tamu, padahal biasanya ada 200.000 tamu. Terus juga nggak bakal ada parade iring-iringan rombongan yang melakukan perjalanan dari the Capitol ke White House.  Instead, bakal ada parade virtual yang namanya “Parade Across America”. Selanjutnya, pesta dansa aka inaugural ball juga ditiadakan. Sebagai gantinya, bakal ada acara spesial di TV pada Rabu malam yang bakal di-host sama Tom Hanks.  Nama acaranya “Celebrating America” dengan durasi 90 menit yang bakal menampilkan musik dan kata sambutan dari Biden dan Harris. Katanya, Lady Gaga dan Jennifer Lopez juga bakal perform di acara ini.
Interesting, but will it be safe? 
Harusnya sih iya, karena bakal ada 25.000 pasukan yang dikerahkan untuk mengawal acara pelantikan besok. Jumlahnya lima kali lebih banyak dari pasukan militer AS yang ada di Iraq dan Afghanistan gengs! This will be the first time in history, acara pelantikan presiden dikawal sama pasukan sebanyak itu.
Whoooaa..anything else? 
Yep.  Kalau pada mau kepoin proses pelantikannya, you can watch it, here. Soalnya, the whole process will be live streamed.