Pelantikan Resmi Pemenang Pilpres Amerika Serikat Joe Biden dan Kamala Harris, Rombongan Presiden Kunjungi Kalimantan Selatan Menerjang Banjir, NASA Umumkan Pada Tahun 2020 Bumi Capai Suhu Terpanas, Aplikasi Kencan Online Bumble Daftarkan Perusahaan di Bursa Saham.

79

Good morning!

Rise and shine, catchers! It’s been soooo cold lately here @Catch Me Up! HQ so don’t forget to always take care of yourself. Stay warm, check on your loved ones, and try to stay at home as much as you can. Today, we’ll take you to…


The Capitol. AKA US Presidential Inauguration.

Yep, buzzy buzzy buzzzzy…. 

Karena besok banget nih guys, pasangan pemenang Pilpres Amerika Serikat yakni Joe Biden dan Kamala Harris bakal resmi dilantik.
Whoaaa terus gimana persiapannya?
Yha lumayan rempong, secara pelantikan ini bakal beda banget sama pelantikan presiden sebelum-sebelumnya, thanks to the pandemic (And Trump). Tapi sebelum ke situ, let’s talk about…
 
The rundown.
Jadi pertamanya banget nih, acara bakal dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan jam 11:30 waktu setempat. Abis itu, Biden dan Harris bakal mengambil sumpah dengan disaksikan oleh para hakim dari Mahkamah Agung yang emang udah ditunjuk sebelumnya. Abis itu, Biden bakal ngasih pidato pertamanya sebagai presiden dan setelahnya, dia akan mengunjungi Taman Makam Nasional aka Arlington National Cemetery untuk meletakkan bunga di makam para pahlawan. FYI guys, dalam perjalanan ke Arlington ini, Biden juga bakal jalan bareng mantan presiden yang lain kayak Obama, Bill Clinton dan Bush.
 
You missed Trump.
Nope, emang Trump gabakal dateng guys. Almooost positive. Jadi kan emang dari awal dia udah nge-twit bahwa dirinya nggak akan menghadiri pelantikan Biden. Nah, keputusan ini tuh disampaikannya setelah berbagai kejadian mengezoetkan terjadi pasca Trump kalah pilpres, dari mulai mengklaim bahwa pemilunya curang, terus juga terjadi serangan yang dilakukan para pendukung Trump di Capitol Hill, sampe upaya impeachment kedua yang harus dihadapi Trump dari kongres.
OMG…
Yep, keputusan Trump ini tentunya mengubah tradisi di mana selama 150 tahun terakhir, pelantikan presiden terpilih AS selalu dihadiri oleh presiden sebelumnya untuk melambangkan peralihan kekuasaan yang damai. Menanggapi hal ini, Biden bilang bahwa yhaa dia setuju aja sih sama keputusannya Trump. Sedangkan untuk wakilnya Mike Pence masih belum tau mau dateng apa enggak, tapi kata Biden, kalo mau dateng yha welcome.
I see… terus?
Nah terus, terkait pandemi, rundown acara juga banyak yang berubah guys. Pertama, hadirin hadirot yang hadir di acara pelantikannya bakal terbatas pada sekitar 1000 tamu, padahal biasanya ada 200.000 tamu. Terus juga nggak bakal ada parade iring-iringan rombongan yang melakukan perjalanan dari the Capitol ke White House.  Instead, bakal ada parade virtual yang namanya “Parade Across America”. Selanjutnya, pesta dansa aka inaugural ball juga ditiadakan. Sebagai gantinya, bakal ada acara spesial di TV pada Rabu malam yang bakal di-host sama Tom Hanks.  Nama acaranya “Celebrating America” dengan durasi 90 menit yang bakal menampilkan musik dan kata sambutan dari Biden dan Harris. Katanya, Lady Gaga dan Jennifer Lopez juga bakal perform di acara ini.
Interesting, but will it be safe? 
Harusnya sih iya, karena bakal ada 25.000 pasukan yang dikerahkan untuk mengawal acara pelantikan besok. Jumlahnya lima kali lebih banyak dari pasukan militer AS yang ada di Iraq dan Afghanistan gengs! This will be the first time in history, acara pelantikan presiden dikawal sama pasukan sebanyak itu.
Whoooaa..anything else? 
Yep.  Kalau pada mau kepoin proses pelantikannya, you can watch it, here. Soalnya, the whole process will be live streamed.

Who’s just made a trip in the rain?

Pak Presiden Joko Widodo.

Really? 
Yep guys. Kemarin, Pak Jokowi baru aja berangkat dari Jakarta ke Kalimantan Selatan untuk melihat langsung kondisi lokasi banjir di Kabupaten Banjar. Banjir ini sendiri udah terjadi sejak Selasa (12/1).
 
Tell me more.
Dalam kunjungannya itu, Pak Jokowi menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal di musibah tersebut. Beliau juga bilang bahwa banjir kali ini adalah banjir besar yang mungkin udah lebih dari 50 tahun nggak terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan.
 
Terus terus…
Nah pas lagi otw, rombongan mobil kepresidenan juga harus melewati banjir yang cukup tinggi, sampai roda mobilnya tenggelam. FYI guys, Pak Presiden juga melihat kondisi Jembatan Mataraman yang putus karena banjir.  As you know, Jembatan Mataraman ini adalah jembatan utama penghubung jalan Trans Kalimantan, tanpa jembatan ini, tidak ada akses ke wilayah banjir.
 
Go on…
Nah, dari hasil tinjauannya itu, Pak Jokowi kemudian memberikan tiga perintah kepada para jajarannya, yaitu:
  • Meminta Jembatan Mataraman yang putus, untuk diperbaiki dalam empat hari.
  • Memerintahkan supaya proses evakuasi masyarakat yang terdampak dilakukan dengan optimal oleh seluruh komponen.
  • Memastikan supaya logistik yang dikirim oleh pemerintah kepada masyarakat terdampak dapat tercukupi.
Got it.
Dalam keterangannya kemarin, Pak Jokowi juga menyebutkan bahwa banjir Kalsel ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, sehingga Sungai Barito tidak sanggup menampung air hujan yang turun. Menurutnya, Sungai Barito hanya mampu menapung 230 juta meter kubik air, sementara itu hujan deras yang terjadi di Kalsel mempunyai debit air sebesar 2,1 miliar meter kubik. That’s why banjir.
Curah hujan aja ni?
Nggak juga sih guys. Jadi kalo menurut Direktur Walhi (Wahana Lingkungan Hidup) Kalsel Kisworo Dwi Cahyono, namanya bencana alam pasti ada hubungannya sama kerusakan lingkungan. Yha emang curah hujan tinggi, namun ada faktor lain yang membuat banjir di Kalsel kian parah dari tahun ke tahun, yakni darurat ruang dan darurat bencana ekologis.
 
Maksudnya?
Well, jadi selain carut marut tata kelola lingkungan dan sumber daya alam, sejak beberapa tahun terakhir ini, Kalsel juga mengalami degradasi lingkungan. Dari catatan Walhi, di provinsi tersebut ada 814 lubang milik 157 perusahaan tambang batu bara. Belum lagi lahan di Kalsel yang dari 3,7 juta hektar total luas lahan, hampir 50 persen di antaranya sudah dikuasai oleh perusahaan tambang dan kelapa sawit. Nah, kerusakan ekosistem inilah yang bikin area tangkapan air tidak berfungsi secara maksimal hingga akhirnya terjadi banjir.
 
Jadi dalam bencana ini, BNBP mencatat ada 112.709 orang terdampak dan harus mengungsi. Selain itu, ada 27.111 rumah di 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang terendam banjir, dan ada sekitar 20 ribu masyarakat yang berada di pengungsian.

What’s getting hotter during the pandemic? 

The Earth’s temperature. 
 
What’s up? 
Well, jadi minggu lalu, NASA (the National Aeronautics and Space Administration) baru aja mengumumkan bahwa pada tahun 2020 lalu, bumi baru aja mencapai rekor suhu terpanas.
 
What????
Yep, jadi dalam keterangannya itu, para ahli NASA menyebut bahwa suhu bumi naik terus secara perlahan gara-gara global warming, mulai dari pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan aktivitas manusia lainnya. Nah jadi dalam catatan para ilmuwan tadi, disebutkan juga bahwa setelah tahun 2014, suhu bumi naik dan terus-terusan mecahin rekor suhu terpanas.
Good lord… 
Terkait hasil penemuannya ini, Direktur Goddard Institute for Space Studies dari NASA, Gavin Schmidt mengingatkan bahwa trend ke depannya, suhu bumi akan terus naik seiring dengan masih tingginya efek gas rumah kaca yang bikin permukaan bumi makin panas. Menurut beliau, ini udah bukan “new normal” lagi, tapi merupakan peringatan untuk hal-hal yang kemungkinan terjadi di kemudian hari.
Such as…
Misalnya, dengan adanya kenaikan suhu bumi, maka bongkahan es di kutub jadi meleleh, hingga menyebabken permukaan laut jadi naik, dan menyebabkan terjadinya badai.  Menurut ilmuwan NOAA Jim Kossin, global warming nggak bakal meningkatkan jumlah badai/angin topan, tetapi bakal bisa membuat badai/angin topan itu lebih ekstrim.
Terus gimana? 
Well, rencananya sih para pemimpin negara-negara anggota PBB bakal meeting di Skotlandia tahun ini untuk membahas implementasi dari the Paris agreement yang targetnya adalah mengurangi penambahan suhu bumi jadi 1,5 – 2 derajat Celsius aja. Namun sayangnya, menurut Sekjen PBB Antonio Gueterres, yang terjadi saat ini adalah kenaikan suhu bumi lagi menuju ke 3 – 5 persen di abad ini. HIKS.

For when you’ve been swiping left-right too much lately…

Haven’t we all?
Nah guys, ada update terbaru nih, dari dating app terkenal, Bumble. Jadi minggu lalu, Bumble baru aja mendaftarkan perusahaannya untuk melantai di bursa saham Wallstreet dan bakal listed di bawah nama “BMBL”. Dalam dokumen pendaftarannya, dilaporkan bahwa pada periode Januari sampe September tahun lalu, omzet Bumble mencapai US $376.6 Juta dan kerugian sebesar US$84.1 Juta. Lebih jauh, Bumble juga menyatakan bahwa mereka memiliki 42,1 juta pengguna aktif as of September 2020. 
FYI guys, jadi Bumble ini emang didirikan oleh seorang perempuan, namanya Whitney Wolfe Herd yang awalnya kerja di Tinder. Dia kemudian memutuskan untuk bikin dating app-nya sendiri yang berfokus pada perempuan, di mana mereka bisa bikin pilihannya sendiri. Makanya kan, kalo di Bumble, perempuan lah yang harus ngechat duluan. Selain itu, BOD-nya Bumble juga kebanyakan cewek, dan kalo jadi IPO, maka Wolfe bakal jadi CEO cewek pertama di bidang teknologi yang go public.
 
Clap clap clap…

“Harus bersiap, akan ada peningkatan curah hujan potensi banjir,”

Gitu kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria kemarin saat ngingetin warganya terkait potensi banjir di Ibu kota. Menurut Pak Riza, pihaknya udah melakukan berbagai upaya untuk mencegah banjir kayak bikin program pengerukan, sumur resapan, drainase vertikal, sodetan, kemudian waduk, polder, dll, tapi yhaaa tetep aja warga perlu waspada.
 
Ok pak…

Catch Me Up! Recommendations

Want to have a good night sleep? Try to eat these

A thank you note…

Terima kasih buat Astrid Wasistyanti dan Hehehe yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Jadi, kakak ku baru aja positif covid. Sedangkan aku dan orangtuaku negatif. Dokternya bilang dia cukup isolasi mandiri sambil dipantau terus sama dokternya. Jadilah aku dan ibuku yg ngerawat kakakku bawain makanan dan keperluan lainnya ke depan kamarnya. Baru tiga hari aja rasanya lumayan lelah bolak balik harus selalu ganti baju tertutup lengkap dengan masker setiap dia butuh sesuatu padahal kita baru ngerawat 1 orang. Ngebayangin para nakes diluar sana yang ngerawat ribuan pasien hampir setahun lamanya. Bersyukur masih dikasih kesehatan dan masih bisa tinggal bareng keluarga meskipun isolasi mandiri. Semangat para nakes diluar sana!
-Cha-
 
2. Jadi hari ini aku diajak mamaku beli tisu yang tempatnya lumayan jauh, di situ aku mikir, “Kok beli tisu aja mau jauh-jauh begini.” Eh, pas udah sampai bapak penjualnya baik banget senyum ramah walaupun mama ga beli banyak. Di situ aku ngerasa bersyukur dan ikutan seneng bisa bantu sedikit jualannya dan memberikan senyum ke orang lain.
-Anonymous-
3. Aku kan mau belanja perabot, nah di depan tokonya itu ada ibu-ibu jualan kue. Itu pas PSBB jadi toko harusnya tutup jam 7. Aku nyampe di sana sekitar setengah 7, jadi udah mepet banget kan. Trus, aku lihat dagangan kue si ibuk masi banyak. Nah, ku samperin lah dan beli beberapa. Aku diberi banyak doa dan semoga semoga yang baik ke aku. Katanya aku pelanggan pertama dan uangnya buat uang saku pulang. :’)
-Fiaz-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!