Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris Digelar Di Capitol Hill

24

Who’s just moved in to the White House?

Joe Biden and Kamala Harris.
Is it official? 
Yep, karena semalam, aka Rabu waktu setempat, Biden dan Harris baru aja resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat.
Whooaaaaa huge.
Rite. Jadi pelantikannya ini biasa, digelar di Capitol Hill dan dihadiri oleh hadirin hadirot dengan tetap mempraktekkan social distancing. Nampak di antara para tamu ada mantan presiden sebelumnya dari mulai George W. Bush, sampe wakil presiden Mike Pence. Meanwhile, Presiden Donald Trump nggak menghadiri pelantikan dan udah langsung otw dari White House ke resortnya di Mer-a-Lago, Florida.
 
OK tell me more about the inauguration.
Jadi acara pelantikan ini dibuka sama Senator Amy Klobuchar saying, “This is the day democracy picks itself up.”  Then, Senator lainnya yaitu Roy Blunt juga ngasih kata sambutan dan bilang kalau upacara ini adalah cara menyatukan Amerika Serikat setelah penyerangan terhadap Gedung Capitol minggu lalu. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan Star Spangled Banned yang sama Lady Gaga.
Terus terus? 
Abis itu, Wakil Presiden Kamala Harris ambil sumpah, dan udah resmi nih, beliau jadi cewek pertama, cewek non-white pertama, cewek keturunan Asia Selatan pertama, yang jadi Wakil Presiden AS.  Harris disumpah oleh hakim Mahkamah Agung keturunan Amerika Latin pertama di AS, Sonia Sotomayor. Dalam pengambilan sumpahnya itu, Harris menggunakan dua Alkitab, yang pertama punya teman keluarganya, Regina Shelton yang udah dia anggap sebagai ibunya sendiri, dan Alkitab kedua milik Thurgood Marshall, tokoh  African-American pertama yang menjabat di Mahkamah Agung di AS.
 
Cool…
Abis itu, acara dilanjutkan dengan aktris Jennifer Lopez yang menyanyikan lagu “America the Beautiful” yang lanjut ke acara utama, yaitu pengambilan sumpahnya Joe Biden. Biden sendiri disumpah oleh Ketua Hakim Mahkamah Agung, John Roberts, dengan menggunakan Alkitab milik keluarganya. FYI, ini adalah Alkitab yang sama ketika dia disumpah sebagai Wakil Presiden AS dulu.
OK…
Nah abis disumpah, Biden kemudian menyampaikan pidatonya, dan beliau bilang bahwa “This is America’s day”. Dalam kesempatan itu, Biden juga bilang bahwa banyak yang harus diperbaiki, banyak yang harus disembuhkan, banyak yang harus dibangun, dan banyak yang bakal didapat. Beliau juga berjanji bakal jadi presiden untuk ‘semua warga Amerika Serikat’, dan saat ini, fokus utamanya banget adalah untuk menyatukan kembali warga AS.
Got it…
Dalam kesempatan pelantikan itu, Biden juga mengheningkan cipta untuk korban Covid-19 di negaranya yang udah mencapai 400 ribu orang. Terkait pandemi ini, Biden juga bilang bahwa coronavirus telah secara diam-diam men-stalk negaranya dan menyebabkan korban yang lebih banyak daripada perang dunia pertama.
Terus…
Terus yhaaa Biden mengunjungi Taman Makam Pahlawan Arlington untuk menyampaikan penghormatan pada para pahlawan yang udah meninggal, dan abis itu acara pelantikan berakhir. Terus Biden juga udah mengirimkan twit pertamanya sebagai presiden. It says, “There is no time to waste when it comes to tackling the crises we face. That’s why today, I am heading to the Oval Office to get right to work delivering bold action and immediate relief for American families.”
So…where are going we from here?
Well, Biden terus otw ke White House untuk mulai…ngantor. Adapun beberapa kebijakan yang katanya sih bakal langsung beliau ttd adalah soal AS yang bakal ikutan lagi Paris Aggreement (YEAY!), pengumuman kabinet, kebijakan terkait Covid-19,  hingga pembatalan executive order soal larangan masuknya warga Muslim dari beberapa negara ke AS.
 
Udah gapake handover ya beb…