NASA Umumkan Pada Tahun 2020 Bumi Capai Suhu Terpanas

95

What’s getting hotter during the pandemic? 

The Earth’s temperature. 
 
What’s up? 
Well, jadi minggu lalu, NASA (the National Aeronautics and Space Administration) baru aja mengumumkan bahwa pada tahun 2020 lalu, bumi baru aja mencapai rekor suhu terpanas.
 
What????
Yep, jadi dalam keterangannya itu, para ahli NASA menyebut bahwa suhu bumi naik terus secara perlahan gara-gara global warming, mulai dari pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan aktivitas manusia lainnya. Nah jadi dalam catatan para ilmuwan tadi, disebutkan juga bahwa setelah tahun 2014, suhu bumi naik dan terus-terusan mecahin rekor suhu terpanas.
Good lord… 
Terkait hasil penemuannya ini, Direktur Goddard Institute for Space Studies dari NASA, Gavin Schmidt mengingatkan bahwa trend ke depannya, suhu bumi akan terus naik seiring dengan masih tingginya efek gas rumah kaca yang bikin permukaan bumi makin panas. Menurut beliau, ini udah bukan “new normal” lagi, tapi merupakan peringatan untuk hal-hal yang kemungkinan terjadi di kemudian hari.
Such as…
Misalnya, dengan adanya kenaikan suhu bumi, maka bongkahan es di kutub jadi meleleh, hingga menyebabken permukaan laut jadi naik, dan menyebabkan terjadinya badai.  Menurut ilmuwan NOAA Jim Kossin, global warming nggak bakal meningkatkan jumlah badai/angin topan, tetapi bakal bisa membuat badai/angin topan itu lebih ekstrim.
Terus gimana? 
Well, rencananya sih para pemimpin negara-negara anggota PBB bakal meeting di Skotlandia tahun ini untuk membahas implementasi dari the Paris agreement yang targetnya adalah mengurangi penambahan suhu bumi jadi 1,5 – 2 derajat Celsius aja. Namun sayangnya, menurut Sekjen PBB Antonio Gueterres, yang terjadi saat ini adalah kenaikan suhu bumi lagi menuju ke 3 – 5 persen di abad ini. HIKS.