Menko Polhukam Prof Mahfud MD Ungkap Nama 5 Jendral Calon Kapolri Ke Pak Jokowi, Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Penelitian Pasien Covid-19 Di China Masih Alami Gejala Setelah Dinyatakan Negatif, Kontroversi Cover Majalah Vogue Kamala Harris.

146

Hi there,

It’s a new day, and we will be getting into the new phase that will surely get into the history book because the national vaccination program starts today. From now on, we hope things will only get better, and soon we can hug, kiss, and hold hands again, like the good ‘ol times. Come on, we got this.

For when it’s the pandemic but you’re still gonna get a new job…

Para calon Kapolri baru can relate.

EH?
Yep guys, jadi kamu pasti tahu bahwa bentar lagi, Kepolisian Indonesia aka Polri bakal punya pimpinan baru. Hal ini karena Kapolri yang sekarang, yaitu Jendral Idham Azis akan pensiun pada 1 Februari mendatang. Jadi sebelum itu, pemerintah dan DPR harus udah punya nama baru yang bakal jadi orang nomor satu di kepolisian.
 
Whoaaa sounds huge…
It does. Jadi prosesnya itu guys, awalnya presiden yang bakal mengajukan nama calon Kapolri ke DPR. Terus, DPR bakal melakukan fit and proper test, aka kayak wawancara kerjaan gitu. Si calon kapolri ini biasanya bakal ditanya visi misinya apa, siap apa enggak jadi Kapolri, track record-nya gimana, sampe dikunjungi rumahnya sama para anggota DPR tadi. Untuk proses yang terakhir ini, untuk calon Kapolri sekarang ada kemungkinan nggak dilaksanakan karena ada si Rona.
I know.
YEP, nah dalam sejarahnya, DPR itu selalu menyetujui calon yang diajukan presiden. Abis DPR setuju, DPR bakal ngirim surat ke presiden and they’ll be like, “Cui gw OK nih. Lanjut yha…” and the president be like, “OK bro thx ya gue lantik nih.” Terus sang Kapolri dilantik deh di Istana. Jadi deh Kapolri baru.
Paham. Terus kita udah punya calonnya?
Jujur guys dengan jumlah personel yang BANYAK banget di seluruh Indonesia, rumor soal siapa aja calon Kapolri ini banyak yang muncul. Namun kemudian minggu lalu, Menko Polhukam Prof Mahfud MD menyatakan bahwa sejauh ini, udah ada lima calon Kapolri yang udah diusulin sama Kompolnas ke Jokowi.
Whoaaa siapa aja tuuuu…
FYI, semua calonnya berpangkat Komisaris Jenderalthey are: 
  • Gatot Eddy Pramono: Pak Gatot adalah Wakil Kapolri saat ini, dan sebelumnya pernah menjadi Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya. Pas jadi Kapolda di ibu kota, beliau mengamankan sejumlah insiden besar di Indonesia, salah satunya terkait dengan aksi unjuk rasa penolakan hasil Pemilu di depan Gedung Bawaslu pada bulan Mei 2019 lalu.
  • Boy Rafli Amar: Pak Boy adalah Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), beliau sempat ikutan investigasi terorisme Densus 88 di Filipina, terus juga pernah jadi Kapolda di Banten dan Papua. Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya.
  • Listyo Sigit Prabowo:  Saat ini tengah menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, dan merupakan sosok di balik penangkapan buronan Djoko Tjandra. Sebelumnya, Pak Sigit pernah jadi Kapolres Solo dan ajudannya Pak Jokowi pada tahun 2014 lalu.
  • Agus Andrianto: Pak Agus adalah Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri sejak Desember 2019. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri tahun 2016, dan salah satu kasus yang ia tangani adalah kasusnya Ahok.
  • Arief Sulisyanto: Beliau adalah Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri sejak 2019 ‘til now.  Sebelumnya Pak Sulis pernah menjabat sebagai Kabareskrim Polri.  FYI, nama beliau sempat lumayan dikenal di Indonesia ketika beliau menangani kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib, dan kasus pembobolan Citibank yang melibatkan Melinda Dee.
Jadi kira-kira siapa yang dipilih? 
Jujur guys gatau karena semuanya terserah Pak Jokowi. Bahkan kata Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Pak Sufmi Dasco Ahmad, sampe sekarang Pak Jokowi belum mengirimkan surat terkait siapa nama kandidat yang diajukannyanya ke DPR, jadi DPR juga ga mau berandai-andai, karena hanya Pak Jokowi yang tau.
 
Mungkin kurirnya nyasar sis.
HEHEHEH ya Allah garing banget tapi OK. Intinya kata DPR kemarin, ada kemungkinan suratnya dikirim hari ini ke DPR sama Pak Jokowi, karena beliau suka Hari Rabu. Jadi tunggu aja yha.
 
OK good to know. 
Yep, nah FYI guys, karakteristik yang dibutuhkan untuk jadi Kapolri ini, menurut politisi PDIP Trimedya Pandjaitan adalah yang penting dapat dipercaya, loyal dan taat kepada presiden. Meanwhile menurut Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), yang penting adalah mereka harus punya rekam jejak, punya kapasitas, dan bisa mengurangi budaya korupsi, termasuk pungli.
 
Agree. Now, anything else I should know?
Well, jadi setelah menerima surat pencalonan dari presiden, DPR punya waktu maksimal 20 hari untuk memberikan keputusan terkait usulan presiden, mau diterima apa enggak. Kalau DPR diem aja dan nggak kasih komentar apa-apa, berarti calon Kapolri yang diajukan presiden dianggap disetujui DPR.

New update from the SJ 182 crash: The black box is recovered

Tell me.

Sure. Jadi kemarin Black Box aka Kotak hitam pesawat Sriwijaya SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) akhirnya ditemukan.
Oh ya? 
Iya, namun yang ditemukan baru Flight Data Recorder (FDR) aka rekaman data penerbangannya.  Meanwhile, Cockpit Voice Recorder (CVR) masih harus dicari. Dalam keterangannya kemarin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bilang bahwa “black box”-nya bakal diserahin ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diselidiki lebih lanjut.
I see, bedanya apa ya? FDR dan CVR? 
Kalau FDR itu merekam data penerbangan pesawatnya kayak kecepatan, arah, sampai ketinggian pesawat tersebut. Nah, kalau CVR itu merekam suara komunikasi antara pilot dengan petugas ATC (air traffic center), co-pilot, kabin kru, dan suara di dalam kokpit.  Data-data dari black box nya ini bakal dianalisis untuk diketahui penyebab terjadinya kecelakaan pesawat tersebut.
 
Got it.
Nah terkait penemuan ini, Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono bilang kalau mereka perlu waktu sekitar dua sampai lima hari untuk mengunduh data dan memeriksa black box-nya. Menurutnya, kalau udah diunduh, tim investigasi KNKT baru bisa mulai menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan penerbangan pesawat rute Jakarta-Pontianak itu.
Anything else? 
FYI, meskipun namanya ‘black box’, sebenarnya kotak tersebut berwarna oranye atau yang cerah supaya gampang ditemukan ketika sedang dicari. Terus, ‘black box’ juga dilengkapi dengan Underwater Locator Beacon (ULB) yang merupakan perangkat yang membantu kita menemukan lokasi si ‘black box’. Jadi ketika ‘black box’ nyentuh air, ULB bakal ngirim sinyal dari kedalaman 14.000 kaki.

For when there are new findings on Covid-19…

Something new again? I hope it’s not another new variant…

Nggak kok gengs. Tapi penemuan baru. Jadi berdasarkan studi yang dilakukan di Wuhan, China baru-baru ini, ditemukan bahwa mereka yang pernah menderita Covid-19 masih merasakan gejala-gejala penyakitnya, walaupun mereka udah negatif aka sembuh. Lebih jauh, gejala itu masih bisa dirasakan sampai enam bulan setelah infeksi.

HAH yang bener???
Ciyus. Jadi studi ini melibatkan lebih dari 1700 pasien yang dirawat di Wuhan, dan hasilnya, ditemukan bahwa 76% dari pasien tersebut masih mengalami setidaknya satu gejala setelah beberapa bulan keluar dari RS. FYI, studi ini merupakan studi terbesar yang pernah dilakukan terkait topik tadi, dan baru aja dipublikasi pada Jumat minggu lalu di jurnal medis called The Lancet.  
 
Go on… 
Nah, dari hasil penelitiannya, diketahui bahwa gejala yang paling banyak masih dirasakan post-covid adalah kecapean dan susah tidur. Tercatat bahwa 63% pasien mengalami kecapean, dan 26% mengalami susah tidur. Selain itu, virus ini juga menyebabkan komplikasi psikis kayak anxiety (kecemasan) atau depresi yang dialami oleh 23% pasien.
Terus terus…
Sedangkan untuk pasien yang kondisinya parah, ditemukan bahwa mereka mengalami kerusakan paru-paru setelah di-X-ray. Menurut Dr. Bin Cao dari China-Japan Friendship Hospital and Capital Medical University, studi ini menunjukkan bahwa emang masih banyak banget yang perlu diketahui soal Covid-19, dan diperlukan semacam post-discharge care atau perawatan setelah keluar RS bagi pasien-pasien yang punya gejala berat.
I see, anything else? 
Saat ini, para peneliti di berbagai negara emang lagi pada melakukan studi mengenai kondisi pasien pasca sembuh dari Covid-19, atau biasa disebut “long covid” symptoms. Menurut catatan CDC, gejalanya ini berupa kecapean, sesak nafas, batuk, nyeri otot dan nyeri dada. Selain itu, kalau secara psikis para pasien juga banyak yang mengalami kesulitan berpikir dan konsentrasi aka ‘brain fog’. Another study yang dipublikasi di the British Medical Journal pada Agustus lalu juga menemukan bahwa 10% dari pasien yang kena covid-19 lebih dari 12 minggu mengalami penyakit yang berkepanjangan.

For when you’re feeling unhappy about your KTP photo….

Kamala Harris can relate.

Tapi bukan soal foto KTP-nya guys, tapi soal foto di cover majalah Vogue yang lagi viral baru-baru ini. Jadi awalnya, untuk edisi bulan Februarinya, majalah fashion Vogue menjadikan cawapres AS terpilih Kamala Harris sebagai model cover. Nah udah kan tuh, keduanya kemudian melakukan photoshoot dengan outfit dan set yang udah disepakati. Ga lama kemudian, cover majalah Vogue dengan Kamala Harris beredar secara online, namun covernya kemudian menuai protes. Hah kenapa??? Karena fotonya dinilai netizen ngasal, terlalu santai, dan disrespectful, khususnya buat seseorang yang akan menjabat sebagai wakil presiden AS. Yep, fotonya yang di sebelah kiri guys. Seiring dengan makin panasnya kontroversi soal cover pertama, majalah Vogue kemudian merilis lagi cover majalahnya Kamala Harris, kali ini dengan lebih “rapi”, lengkap dengan pake pin bendera Amerika Serikat.
Dalam keterangannya, pihak Vogue menjelaskan bahwa mereka memilih foto kiri karena fotonya lebih informal dan bikin Harris terlihat lebih otentik, ramah, dan natural, which is merupakan karakteristik dari pemerintahan Biden-Harris. Well, regardless the cover, the internet has spoken. Jadi, kamu #teamkanan atau #teamkiri guys???

“Donald J. Trump’s term ended on 2021-01-11 19:49:00.” 

Gitu isi keterangan di biografi Donald Trump yang ditulis di website resmi Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat kemarin. Hal ini tentu aja bikin netijen heboh, secara kan Trump masih bakal menjabat sampe 20 Januari mendatang. Kabarnya, keterangan ini ditulis sama karyawan di Kemenlu sana yang kzl sama Trump dan sekarang sih, tulisan itu udah di-takedown. Furthermore, Menlu AS Mike Pompeo juga udah meminta jajarannya untuk melakukan investigasi terkait aksi ini.
 
For when you can’t stand your boss anymore…

Catch Me Up! Recommendations

With all of us sheltered @home for the WFH, it is important to keep your spaces cozier. Here’s how. 

A thank you note…

Terima kasih buat Wisnu (wsnpambudi), Satiawan, Devilia, dan Syifa yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Hello guys, gue pejuang PTN 2021. Belum lama ini gue kenal komunitas ambisverse di Twitter. Buat kalian yang bagiin materi belajar, tips belajar, and anything about university terima kasih. Berkat kalian aku jadi lebih semangat belajar dan ngerasa punya tanggung jawab untuk belajar. Fighting! semoga untuk pejuang PTN’21 bisa diterima di jurusan dan universitas impian, aamiin💖
-Pejuang FK-UI’21-
2. THANK YOU CMU TEAM!! Akhir – akhir ini lagi banyak kerjaan dan belum sempet baca-baca tentang privacy policy barunya WhatsApp. Cuman baca sekilas doang di medsos tapi jadi makin tercerahkan karena baca CMU hari ini~~ Makasih banget dan semoga makin jaya di darat, laut dan udara ya CMU.
-Ima-
3. Sore-sore ke Vet karena mau cek mata kucingku. Di ruang tunggu ada dua ibu-ibu lagi ngobrol soal kucing peliharaan mereka. Ternyata hampir semua kucing yang mereka urus adalah kucing-kucing hasil rescue atau yang memang sengaja dikasih ke mereka untuk diurus. Ada yang ngambil di jalanan karena kitten-nya tampak ketakutan, ada yang rescue dari selokan, ada juga yang emang tiba-tiba dateng. Terharu sekaligus seneng banget liatnya. Ternyata masih banyaaak banget orang-orang baik di dunia ini yang mau urus hewan terlantar bahkan sampe dibawa ke Vet kalo kucingnya kenapa-napa. Terima kasih ya orang baik!
-Anindya-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!