Karya Seni Tertua Di Dunia Ditemukan Di Sulawesi Selatan

57

For when you’re a fan of Ross’ stories…

You’re gonna love this one. 
 
Is it about dinosaurs? 
Nope, but it’s about rocks, more like rock arts aka cave arts.
 
Whooaaa tell me!
Ok. Jadi, baru-baru ini ditemukan karya seni/lukisan tertua di dunia yang ternyata berada di…..jeng jeng jeeeeng Sulawesi, Indonesia! Tepatnya di Goa Kapur Leang Tedongnge, Sulawesi Selatan gengs.
WHOAAA seriously? Lukisan apa? 
Lukisan babi. Jadi, penemuan ini merupakan hasil kerja sama antara Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) dengan Universitas Griffith, Australia. Adapun hasil riset terkait penemuannya diterbitkan di jurnal ilmiah Sciences Advance, minggu lalu.

Terus terus…what did they find out?
Well, dari hasil penemuannya ini para arkeolog menyebut bahwa umur lukisan tersebut at least adalah 45,500 tahun! Terus, lukisan ini juga merupakan lukisan binatang tertua yang merupakan lukisan yang figurative aka yang menyerupai sesuatu, kebalikan dari lukisan abstrak.
I want to know more.
Got it. Jadi lukisan ini dibuat menggunakan tanah liat yang berwarna merah dan menggambarkan interaksi sosial antara dua babi. Diyakini, gambar babinya berjenis babi kutil (Sus celebensis) yang merupakan hewan endemik Sulawesi.
 
Cool…
Nah FYI guys, daerah Sulawesi ini juga dikenal sebagai rumah dari limestone caves (gua batu kapur). In fact, di tahun 2019, ditemukan seni gua (cave art) juga di lokasi yang berdekatan, dengan lukisan yang menggambarkan tentang adegan perburuan yang diprediksi umurnya sekitar 43.900 tahun yang lalu.
 
Interesting…
Yea right? Penemuan ini tentunya membuyarkan pandangan selama ini yang beranggapan bahwa lukisan tertua di dunia itu ditemukan di Eropa sekitar 40,000 tahun lalu, dengan bentuk lukisannya berupa simbol-simbol abstrak. Namun ternyata enggak guys, nenek moyang kita yang justru duluan bikin lukisan. Lukisan babi.
Got it…does anyone say anything? 
Menurut Maxime Aubert, arkeolog dan professor di Griffith University di Australia, penemuan ini tentunya bakal menantang kepercayaan masyarakat selama ini yang menyebut bahwa ekspresi seni muncul di Eropa. Dengan ditemukannya seni lukis di Indonesia yang ternyata lebih tua daripada di Eropa, hal ini tentunya membawa perspektif baru tentang early story of humanity.  
 
I see, anything else? 
Selain gambar tadi, ditemukan juga gambar babi kedua di gua lain di wilayah yang sama kayak gambar sebelumnya, tapi yang ini umurnya lebih muda, yaitu 32,000 tahun. Lebih jauh, para peneliti juga bilang bahwa future research di bagian timur Indonesia bakal menghasilkan penemuan-penemuan batu yang lebih tua, setidaknya hingga ke 65,000 tahun yang lalu.