Janet Yellen: Menteri Keuangan Wanita Pertama Amerika Serikat

415

Who’s just broken the glass ceiling?

Janet Yallen. 
Menteri Keuangan perempuan pertama di Amerika Serikat.
 
Wah AS punya Menkeu cewek? duluan kita ya…
Hahaha ‘tru dat. Jadi guys, Yallen ini baru aja di-acc untuk jadi menteri keuangan oleh kongres dalam voting kemarin, setelah dirinya dicalonkan oleh Presiden Joe Biden. Dengan penunjukan ini, maka Yellen bakal jadi perempuan pertama di posisi Menkeu sejak kementerian tersebut berdiri 232 tahun yang lalu.
 
Whoaaa tell me more about her CV!
Got it. Jadi emang CV-nya Yellen ini cemerlang banget sih. Beliau emang ahli ekonomi yang meraih gelar PhD-nya dari Yale University (WOW). Abis itu, beliau jadi asisten professor di Harvard University selama lima tahun, sebelum kemudian direkrut untuk jadi economist di Bank Indonesia-nya AS, aka The Fed. Nah beliau kemudian terus berkarier di The Fed dan pernah juga ngajar di London School of Economics (LSE) dan UC Berkeley.
Dude, those are my dream schools.
Same. Nah di tahun 90-an, Yellen kemudian ditunjuk sama Presiden Bill Clinton untuk masuk ke anggota jajaran gubernur BI, eh, The Fed. Beliau kemudian berkarier terus di The Fed, dan di eranya Obama, Yellen terpilih jadi pemimpin, aka Chairwoman. Terus di eranya Trump, beliau nggak diajukan lagi dan sempet tuh, beliau menjabat sebagai distinguished fellow 
Advertisement
di lembaga thinktank ternama, Brooking Institution.
 
Got it. Terus sekarang udah jadi Menkeu, tugasnya apa?
Tugasnya bakal penting banget guys, yaitu ngatur budgeting negara, ngurusin pajak, ngurusin keuangan, pokoknya sama-sama lah, ama Bu Sri Mulyani di sini.
 
Cool…
Nah, adapun  beberapa tugas spesifik yang udah menunggu Yellen sebagai Menkeu di antaranya adalah membangkitkan kembali ekonomi AS yang jatuh banget karena Covid-19. Selain itu, seiring dengan kebijakan Biden yang mendukung clean energy, Yellen juga bakal ngurusin terkait insentif keuangan buat industri atau masyarakat yang menggunakan clean energy, dan finally, ngurusin pajaknya orang-orang tajir, among other things.
 
OK. Anything else I should know?
Terkait penunjukannya Janet Yellen ini, tentu Ibu Sri Mulyani ngucapin selamat dong. Dalam postingan Instagramnya kemarin, Bu Ani ngepost fotonya bersama Yellen dengan caption “Welcome to the club!”
 
Yuhuuu who run The Fed? Girl!
Advertisement