Jack Ma Dikabarkan Menghilang Setelah Kritisi Pemerintah China

365
For when you’ve been MIA for months…Jack Ma can relate.

Hah Jack Ma siapa?
Itu loh, bilioner asal China yang tajir banget, pernah jadi orang paling tajir di China, dan merupakan pendirinya e-commerce raksasa China, Ali Baba.
 
Ada apa sama Jack Ma?
Jadi baru-baru ini, Ma dikabarkan “hilang” guys, setelah beliau udah nggak muncul ke publik selama dua bulanan lebih. Selain itu, beliau juga terakhir ngetwit pada 10 Oktober 2020 lalu, dan beliau juga “menghilang” dari reality show yang di-hostnya “Africa’s Business Heroes”.
 
HAH ADA APA?
Yha gatau. Yang pasti sih sebelum ilang ini, Ma abis mengkritisi pemerintah China atas regulasi keuangannya yang disebutnya jadul. Dalam suatu konferensi di Shanghai beberapa waktu lalu, Ma bilang bahwa regulasi keuangan yang berlaku di China sekarang udah kuno dan udah nggak bisa dipake lagi untuk meregulasi masa depan.
 
Oh no…
Yep. Abis menyampaikan pernyataannya itu, langsung deh hubungan Ma sama otoritas China memanas. Dimulai dengan pemerintah China yang melancarkan investigasi atas dugaan monopoli yang dilakukan oleh Ali Baba terhadap para mitranya. Terus abis itu, regulator keuangan China juga menggelar meeting sama Ant Group, perusahaan afiliasinya Ali Baba dan mendorong perusahan tersebut untuk memperketat aturan keuangannya.
 
I also heard things about IPO…
Right, also the IPO drama. Jadi awalnya, Ant Group itu mau melantai di bursa efek di Shanghai dan Hong Kong pada November lalu. Namun hal ini di-cancel ga lama setelah Ma ketemu sama beberapa perwakilan dari pemerintah China. Padahal guys, IPO-nya Ant Group ini diprediksi bakal jadi yang terbesar dalam sejarah, dengan valuasi perusahaan sebesar US$200 Milyar. WOW.
 
Myyyyy goodness…
Yep. Nah seiring dengan “hilangnya” Jack Ma ini, netijen di China kemudian ngebahas lagi nih, soal video wawancara viral dari pengusaha China bernama Guo Wengui di bulan Agustus 2019 lalu. Jadi Guo ini juga bilioner yang melarikan diri ke Amerika Serikat pada 2014 lalu, dan kini aktif membeberkan dugaan tindakan-tindakan korup pemerintah China. Dalam wawancaranya, Wengui bilang kalau Jack Ma mungkin bakal berakhir di penjara atau meninggal di tahun 2020 karena China mau “mengambil kembali” Ant Group dari tangan Ma.
My my my…
Nah sampai saat ini, belum diketahui di mana gerangan Jack Ma, dan perusahaannya, yaitu Ant Group juga nggak merespons berbagai pertanyaan media terkait keberadaan Ma. Meski begitu, banyak yang menduga kalau nasib Ma sama kayak orang-orang lain yang berani mengkritik pemerintahan Presiden Xi Jinping.