India Blokir Tik Tok Secara Permanen

88

Who just said “you’re blocked!” but not your ex?

India. To Tiktok.
 
Hah Tiktok diblokir di India?
Yep. Sebenernya kalo diblokirnya sih udah dari Juni tahun lalu gengs, cuma baru di minggu ini, media di India melaporkan bahwa pemerintahnya udah memutuskan bahwa pemblokiran akan berlangsung secara permanen.
 
Whaaaat?
Yep, jadi kemungkinannya emang TikTok ga akan balik lagi ke India. FYI, kebijakan untuk memblokir ini nggak cuma kena ke TikTok, tapi juga 59 app lain asal China kayak Baidu, WeChat, Alibaba’s UC Browser, Mi Video Call (Xiaomi), hingga BIGO Live.
 
Alasan pemblokirannya apa sih?
Yang jelas sih karena emang sejak tahun lalu, hubungan China dan India tegang guys. Awalnya, terjadi konflik antara tentara India dan China di perbatasan kedua negara yang terletak di wilayah pegunungan Himalaya, hingga menyebabkan 20 orang tentara India meninggal. Abis itu, India langsung ngeblok berbagai App asal China tadi. Selain itu, India juga dilaporkan menolak partisipasi Huawei dalam pengadaan jaringan 5G di negaranya.
 
Panas, panas, panaaaas….
Yep, balik lagi ke TikTok. Jadi, kata pemerintahnya sih, pemblokiran ini dilakukan berdasarkan UU ITE di India yang menyebut bahwa servis yang dibawa oleh app-app asal China tadi mengancam keamanan, kedaulatan, dan pertahanan India. Yhaaa dugaannya ga jauh-jauh dari pengumpulan data pengguna untuk profiling, hingga hal ini bahaya banget untuk keamanan nasionalnya.
Go on…
Nah namun akhirnya pemerintah India memutuskan untuk bikin pemblokiran ini permanen karena disebutkan bahwa pihak India nggak puas dengan cara perusahaan-perusahaan dari China tadi menanggapi concern-nya, khususnya terkait pengumpulan dana dan keamanan.
 
I see…
Meanwhile, pihak TikTok bilang bahwa mereka udah berusaha menuruti aturan dan hukum lokal, serta udah berupaya juga meng-address concern dari pemerintah India. Karenanya, mereka kecewa banget karena udah tujuh bulan diblokir, namun masih belum jelas juga ini nasib app-nya gimana.
Yah terus gimana?
Seiring dengan kebijakan ini, akhirnya Rabu kemarin, TikTok memutuskan untuk mengurangi jumlah pegawainya di India. Menurut keterangan dari pihak perusahaan, ada sekitar 2000+ karyawan yang harus di-PHK karena ketidakjelasan status ini. TikTok juga bilang bahwa mereka cuma akan menyisakan sedikit aja perwakilan di India untuk posisi-posisi yang penting.
 
Well, does China have a say on this?
Yep, menurut Ji Rong selaku jubir Kedubes China di India, sejak tahun lalu, India emang udah berkali-kali pake alasan keamanan nasional untuk memblokir app-app dari China. Menurutnya, hal ini melanggar aturan perdagangan  WTO yang bersifat non-diskriminasi.
Ok. Anything else I should know?
Well, tentunya pemblokiran ini akan merugikan banget buat TikTok, karena mereka punya sekitar 120 juta pengguna di India. FYI guys, angka ini merupakan jumlah terbesar yang dimiliki TikTok di luar dari China.