India Blokir Tik Tok Secara Permanen, Listyo Sigit Prabowo Resmi Dilantik Sebagai Kapolri, Gunung Merapi Erupsi Keluarkan Awan Panas 22 Kali, Beberapa Anjing Dapat Memahami Kata Baru Setelah Diulang Empat Kali

68

Hi there,

Happy Thursday! One more day left to our favorite days aka the weekend. If you miss spending the weekend by having happy hours with your friends while dancing to The Weeknd music, well, hang in there. It’s gonna be a little while until we can have that again. In the meantime, internet is your best friend. See you tomorrow!

Who just said “you’re blocked!” but not your ex?

India. To Tiktok.
 
Hah Tiktok diblokir di India?
Yep. Sebenernya kalo diblokirnya sih udah dari Juni tahun lalu gengs, cuma baru di minggu ini, media di India melaporkan bahwa pemerintahnya udah memutuskan bahwa pemblokiran akan berlangsung secara permanen.
 
Whaaaat?
Yep, jadi kemungkinannya emang TikTok ga akan balik lagi ke India. FYI, kebijakan untuk memblokir ini nggak cuma kena ke TikTok, tapi juga 59 app lain asal China kayak Baidu, WeChat, Alibaba’s UC Browser, Mi Video Call (Xiaomi), hingga BIGO Live.
 
Alasan pemblokirannya apa sih?
Yang jelas sih karena emang sejak tahun lalu, hubungan China dan India tegang guys. Awalnya, terjadi konflik antara tentara India dan China di perbatasan kedua negara yang terletak di wilayah pegunungan Himalaya, hingga menyebabkan 20 orang tentara India meninggal. Abis itu, India langsung ngeblok berbagai App asal China tadi. Selain itu, India juga dilaporkan menolak partisipasi Huawei dalam pengadaan jaringan 5G di negaranya.
 
Panas, panas, panaaaas….
Yep, balik lagi ke TikTok. Jadi, kata pemerintahnya sih, pemblokiran ini dilakukan berdasarkan UU ITE di India yang menyebut bahwa servis yang dibawa oleh app-app asal China tadi mengancam keamanan, kedaulatan, dan pertahanan India. Yhaaa dugaannya ga jauh-jauh dari pengumpulan data pengguna untuk profiling, hingga hal ini bahaya banget untuk keamanan nasionalnya.
Go on…
Nah namun akhirnya pemerintah India memutuskan untuk bikin pemblokiran ini permanen karena disebutkan bahwa pihak India nggak puas dengan cara perusahaan-perusahaan dari China tadi menanggapi concern-nya, khususnya terkait pengumpulan dana dan keamanan.
 
I see…
Meanwhile, pihak TikTok bilang bahwa mereka udah berusaha menuruti aturan dan hukum lokal, serta udah berupaya juga meng-address concern dari pemerintah India. Karenanya, mereka kecewa banget karena udah tujuh bulan diblokir, namun masih belum jelas juga ini nasib app-nya gimana.
Yah terus gimana?
Seiring dengan kebijakan ini, akhirnya Rabu kemarin, TikTok memutuskan untuk mengurangi jumlah pegawainya di India. Menurut keterangan dari pihak perusahaan, ada sekitar 2000+ karyawan yang harus di-PHK karena ketidakjelasan status ini. TikTok juga bilang bahwa mereka cuma akan menyisakan sedikit aja perwakilan di India untuk posisi-posisi yang penting.
 
Well, does China have a say on this?
Yep, menurut Ji Rong selaku jubir Kedubes China di India, sejak tahun lalu, India emang udah berkali-kali pake alasan keamanan nasional untuk memblokir app-app dari China. Menurutnya, hal ini melanggar aturan perdagangan  WTO yang bersifat non-diskriminasi.
Ok. Anything else I should know?
Well, tentunya pemblokiran ini akan merugikan banget buat TikTok, karena mereka punya sekitar 120 juta pengguna di India. FYI guys, angka ini merupakan jumlah terbesar yang dimiliki TikTok di luar dari China.

Who’s just officially got a new job?

Pak Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
 
Who?
Kapolri baru gengs, yang kemarin baru aja resmi dilantik sama Pak Joko Widodo di Istana Negara. FYI, jadi Jenderal Sigit ini merupakan Kapolri ke-25 yang menjabat sebagai pucuk pimpinan di Korps Bhayangkara tersebut. Beliau menggantikan Kapolri sebelumnya, Jenderal Idham Azis yang udah pensiun.
 
Go on…
Nah dalam pelantikannya kemarin, Jenderal Sigit bersumpah bahwa dirinya bakal melaksanakan tugas dengan baik serta setia pada NKRI. Dalam prosesi tersebut, beliau juga pake masker terus guys, jadi buka masker cuma pas bacain sumpah ajha.
 
HAHAHA that’s important to know.
Sure. Nah abis dilantik, Jenderal Sigit langsung menyampaikan pidato pertamanya sebagai Kapolri. Beliau bilang bahwa fokusnya nanti adalah terkait tugas kepolisian dalam upaya penanggulangan Covid-19. Beliau juga bilang bahwa Polri akan berusaha untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Beliau menegaskan bahwa keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi.
 
Itu aja?
Enggak, dalam kesempatan yang sama, Jenderal Sigit juga membahas terkait efek ekonomi dari pandemi. Beliau bilang bahwa Polri akan membantu mengawal upaya pemulihan ekonomi nasional akar kita semua bisa terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali tumbuh. Menurutnya, ini semua bisa terlaksana kalo stabilitas Kamtibmas berjalan dengan aman lancar dan baik.
 
Terus terus…
Well, Jenderal Sigit juga akan fokus dalam mewujudkan potret polisi yang sesuai harapan masyarakat, yaitu yang memberikan pelayanan publik yang baik, transparan, dan menegakkan hukum secara adil.
Amen. Anything else I should know?
Well, once jadi Kapolri, udah banyak PR yang menunggu Jenderal Sigit nih guys. Menurut Indonesia Police Watch (IPW), at least ada dua PR yang harus buru-buru diberesin sama Kapolri baru, yakni terkait kasus terorisme yang menyebabkan satu keluarga meninggal di Sigi, Sulawesi Tengah yang diduga dilakukan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Kedua, terkait kasus tewasnya enam anggota Front Pembela Islam (FPI) dalam insiden bentrok dengan kepolisian di Tol Cikampek beberapa waktu lalu.

For when things are worrying in Central Java…

What happened? 
Gunung Merapi erupsi guys. Jadi kemarin, Gunung Merapi baru aja ngeluarin awan panas sebanyak 22 kali dalam kurun waktu enam jam.
Oh no….
Yep, menurut pantauan Balai Penyelidikan dan Pengembanangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panasnya itu menyebabkan hujan abu di  Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, dan Boyolali Kota. Selain itu, awan panas juga terlihat dari Kaliurang dan Sleman di Yogyakarta
Terus gimana?
Well, akibat dari kejadian awan panas ini, sejumlah lokasi di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengalami hujan abu dengan intensitas tipis hingga tebal. Selain itu, berdasarkan video dari warga sekitar, jalanan, pohon, sampai atap rumah kena debu. FYI, BPPTKG juga menyampaikan bahwa saat ini status Gunung Merapi masih di level III (level siaga).
 
Go on…
Terkait kejadian ini, petugas pengamat Gunung Merapi BPPTKG, Heru Suparwaka menyampaikan supaya pemerintah di Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten untuk melakukan upaya pencegahan dalam menghadapi bahaya erupsi Merapi. Beliau juga meminta supaya penambangan di alur sungai-sungai yang sumbernya dari Merapi, yang ada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III untuk diberhentiin dulu.  One more thing, pelaku wisata juga nggak boleh bikin kegiatan di daerah potensi bahaya, yaitu sekitar 5 Km dari puncak Gunung Merapi.
I see, masyarakat gimana? 
Menurut Camat Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, bilang kalau masyarakat Dusun Kali Tengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cankringan, sempat ngumpul untuk ngungsi bareng-bareng, tapi nggak jadi dan pulang ke rumah masing-masing.  Menurutnya, awan panas Merapinya ke arah Klaten, Jawa Tengah, jadi daerahnya cukup aman.
Oh gitu, anything else? 
Sebenarnya warga Kali Tengah Lor yang ada di KRB III udah diungsikan hampir sampai satu bulan sejak status Merapi jadi Siaga (level 3).  Nah, Selasa (26/1) kemarin, mereka disuruh pulang ke rumahnya masing-masing aja.  Eh abis itu besoknya Gunung Merapi erupsi lagi.

For when you need more reasons to adopt a dog…

Other than they’re human’s best friend?
Well, turns out that they’re also highly intellegent. Yep guys, mungkin bukan pengetahuan baru buat kamu bahwa anjing itu pinter banget dan mudah dilatih. Tapi ternyata, penelitian baru juga menemukan bahwa ada beberapa anjing yang exceptionally intelligent, di mana mereka bisa memahami kata-kata setelah mendengarkan katanya diulang sebanyak empat kali aja. Everybody, meet: Seekor Border Collie bernama Whisky, dan seekor Yorkshire terrier bernama Vicky Nina.
Nah, dalam penelitian yang dilakukan sama Eötvös Loránd University, Budapest, Hungaria ini, kedua anjing tadi diperkenalkan pada satu nama mainan yang baru ditemui. Setelah itu, anjingnya dikasih beberapa mainan yang biasa mereka mainkan, dan ketika mereka diperdengarkan pada nama mainan yang baru itu, mereka bisa langsung mengenali mainan barunya yang mana. Noh pinter banget kan. Menurut Adam Miklosi dari tim peneliti, kemampuan memahami para anjing ini hampir sama dengan kemampuan manusia yang baru mempelajari kata-kata baru di usia 2-3 tahun.

“He will get injected in the buttocks,”

Gitu kata juru bicara istana Malacanang di Manila, Filipina, Harry Roque ketika menjelaskan bahwa Presiden Filipina, Rodrigo Duterte nggak akan divaksin di depan publik. Hal ini ternyata karena Duterte memilih untuk disuntik di bum-bum guys, jadi yhaa gabisa disiarkan secara langsung kayak Pak Jokowi githu. FYI, keputusan ini dinilai banyak pihak bakal bikin publik Filipina skeptis dengan program vaksin dari pemerintahnya tapi yha…
Duterte wants, Duterte gets.

Catch Me Up! Recommendations

Check out some of these unhealthy dinner habits that are…not so good for your health. Trust us, you need this. 

A thank you note…

Thanks to Nabila Adelia dan Anon for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Cerita ini sebenarnya sudah agak lama, kejadian pas akhir tahun lalu. Jadi saya dan kakak punya usaha F&B online (kalo doyan kebab bisa cek @meateast.by.killeat ya guys!) yang bergantung pada ojol untuk pengantaran. Suatu hari terjadilah drama, admin kami salah pilih titik antar yang cukup jauh dari lokasi seharusnya. Sementara abang ojol ini masih harus antar paket ke 7 alamat lain dan dia bilang kalo mau tetep antar ke alamat benernya tapi nanti jam 7 malem. Kami gak tega dong, kok repot amat abangnya padahal kami yang salah dan khawatir customer juga kelamaan nunggu. Akhirnya diputuskan makanannya buat abang ojol aja. Terus inget banget abangnya bilang, “Makasih ya Bu, ini makanannya saya bawa pulang dulu buat keluarga di rumah. Semoga lancar rejekinya Bu. ” Huhu. Yang tadinya pusing gara-gara salah alamat, eh didoain baik gitu ya langsung balik happy lagi deh! 🙂
-@meateast.by.killeat-
2. Aku hari ini merasa tertekan banget sih sebenernya. Ada tanggungan Tugas Akhir dan berbagai hal macam organisasi di kampus. Hari ini aku putuskan untuk day off sejenak. Ketika rebahan rileks keinget dulu pernah bantuin nyebrangin nenek-nenek di jalan gede suatu kota yang rame banget. Di situ aku sadar bahwa meskipun kamu tua, meskipun terlihat tidak mampu tapi sekiranya banyak yang menolong kok meskipun terkadang tidak di saat waktu itu juga. Tuhan terkadang menginginkan kita untuk berusaha terlebih dahulu dan sejauh mana kita bisa menggapai. Dan percayalah Tuhan akan membantu untuk menggapai itu jika dirasa kamu sudah mencapai limitnya. Tetap semangat untuk teman teman yang sedang mengerjakan Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan lain sebagainya!!! Love you❤
-ALF-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!