Friday Pause: You’re my honey bunch ūüźĚūüĆł

234

Hi, we’re back!

Now with our Friday Pause again, after we paused, literally, for two consecutive weeks. Now, as always, Friday is supposed to be fun and light, so no news today. We want you to take a breather and enjoy the last working day of the week with fun memes, recs and tips to live your best quarantine life. Here we go…

For the love of Meme: When it’s the first week of January 2021…


For when you want to start a business, but have no money…

Can relate, can relate.

Emang di era sekarang ini, di mana semuanya udah serba online, ditambah pandemi yang bikin orang-orang makin glued to their screen, kamu juga pasti menyadari bahwa makin banyak orang yang berbisnis secara online.
Yep, let’s talk about it.
Bisnis online, bisnis online. Sesuatu yang keliatannya gampang, asal kamu bisa rajin¬†update story,¬†bikin foto produk yang¬†aesthetic¬†di Instagram, minta di-endorse¬†selebgram…¬†and then you suddenly realized¬†ternyata nggak semudah itu Fergusso. Masalahnya kamu emang nggak punya uang untuk modal. Terus kalo kayak gini gimana?

Yha jangan putus asa dulu guys, karena ternyata, ada kok bisnis online yang kamu bisa mulai tanpa modal. Atau kalo pun pake modal ya kecil banget aja. Yuk liat apa aja  bisnis online yang bisa kamu jadikan pilihan!
  • Dropshipping:¬†Have you ever heard of it?¬†Jadi¬†dropshipping¬†ini adalah tipe bisnis di mana kamu jadi ‚Äėperantara‚Äô antara¬†supplier¬†(toko yang jualan) dan pelanggannya. Jadi, tugas utama si¬†dropshipper¬†(or¬†kamu) adalah mempromosikan usaha si¬†supplier¬†tadi secara online. ¬†Misalnya kamu pilih produk baju dari perusahaan A, terus kamu promoin tuh bajunya. ¬†Terus, kalau ada yang pesan, kamu tinggal terusin pesanannya ke si¬†supplier,¬†lalu¬†supplier-nya lah yang bakal langsung ngirim barang pesanannya tadi di bawah nama kamu.¬†That why you technically¬†nggak perlu modal untuk bisnis ini karena kamu jadi nggak perlu ‚Äėnyetok‚Äô barang. Nah, kamu dapet duitnya dari margin harga sekitar 10%-20%. Kalo kamu rajin nih jadi¬†dropshipper,¬†maka mungkin banget kamu mendapat omzet sampe Rp. 30 Juta/ bulan. WOW.
  • Affiliate Marketing:¬† Sebenarnya ini hampir sama kayak¬†dropshipping, bedanya kamu nggak perlu berhubungan sama¬†customer-nya langsung. Jadi, biasanya, kamu yang promoin produk dari partner¬†affiliate marketing¬†yang kamu pilih, terus taro¬†link¬†produknya di website/blog kamu.¬†Once¬†ada customer yang¬†click linknya, mereka langsung terhubung sama¬†supplier-nya dan bakal ketahuan itu terhubung dari kamu karena tiap pesanan ada¬†unique link-nya. Nah kalo penjualannya berhasil, kamu bakal dapet komisi dari hasil penjualannya tersebut.
  • Blogging:¬†¬†Kalo kamu punya¬†passion¬†atau ketertarikan pada suatu isu, kamu bisa mulai bikin blog. Banyak situs-situs untuk bikin blog secara gratis, tapi kalau kamu serius banget dan ada modal, gpp sih bikin website sendiri yang harganya nggak terlalu mahal. Hal ini karena banyak blog-blog gratis yang membatasi beberapa hal kayak nggak bisa masukin iklan, di mana artinya, kamu nggak bisa¬†making money¬†dari situ. Nah, setelah ada blog, langkah selanjutnya adalah isi blogmu dengan tulisan, foto, video, atau me-repost¬†artikel yang menurut kamu menarik dan sesuai sama target audiens kamu. Kunci yang harus banget kamu perhatikan di sini adalah konten kamu harus¬†engaging, karena ini yang bakal menentukan apakah blog-mu bakal sering muncul di¬†search engine¬†atau enggak. Tips dari mimin kalo mau bikin blog kayak gini adalah, bikin artikel tulisan kayak¬†“how-to…”, “top 10 list”, dan¬†tips and tricks.¬†Kalo blog kamu makin sering muncul di¬†search engine, maka¬†most likely engagement¬†kamu juga makin tinggi,¬†meaning more people see your ads aaaaand more money for you.

  • Online video¬†aka¬†nge-YouTube:¬† Pasti kamu udah tahu sih gimana caranya jadi Youtuber. ¬†Basically,¬†kamu bikin konten berupa video dan upload secara regular dan sesuai sama¬†niche market-mu (bisa ganti-ganti¬†niche¬†juga sih). ¬†Kamu bisa dapat uangnya dari¬†ad revenue¬†(iklan) atau AdSense ads. Selain itu kamu juga bisa dapat uang dari¬†paid-sponsorships,¬†dan kalau¬†subscribers-mu udah makin banyak, bakal banyak perusahaan yang mau promosi di channel kamu. Cuma ya gitu, banyak saingan dan harus keluar “modal” awal untuk produksi video.
  • Information Products:¬† Bikin bisnis online nggak harus jual produk secara fisik, tapi bisa juga produk kamu dalam bentuk informasi digital. Yhaa contohnya kayak rekaman audio dari hasil konferensi, wawancara, kuliah, seminar dll. Nah terus materi-materi ini bisa kamu jual di website-mu di mana setelah pembeli melakukan pembayaran, maka mereka bisa langsung¬†download¬†aja materinya.¬†All you have to do is just to check regularly,¬†siapa tau ada yang abis payment HEHEHE. Voila! kamu jadi punya¬†passive income¬†deh…

Finally, apapun pilihan bisnis modelmu, kunci dari berbisnis online adalah kreativitas dan promosi yang tepat sasaran. Selain itu, bisnis online juga memudahkan kamu untuk bisa kerja di mana aja dengan jam yang fleksibel. Most importantly, you don’t need a lot of money to start, jadi, why wait?



Here here, your weekly quarantips!

PSBB will soon be back to Java and Bali, so for some of us, life will be back like the meme above: mostly in bed, doing calls, with your cat. Now, we won’t let you have a boring quarantine life, so here, we have all you need. Scroll down.


But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video youtube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Bikin¬†discord server¬†buat ngobrol bareng temen-temen, walaupun ga jauh beda dengan telponan biasa, di Discord kita bisa setel lagu di¬†voice channel,¬†kalau ga mau ngobrol tinggal mute, jadi bener bener konsepnya kaya nongkrong bareng temen, bisa juga pakai bot buat mainan receh receh di chatnya, cocok banget buat yg kangen hangout bareng temen.¬†(twitter @dark_yogo)
  • Watch¬†Queen Gambit¬†is a must.¬†(Anonymous)

  • Belajar meditasi dan ilmu serta¬†wisdom¬†terkait melalui aplikasi¬†Waking Up¬†dari Sam Harris. Aku sangat merekomendasikannya karena kontennya yang sangat berharga. Dan kalau kalian gak bisa bayar, beneran bisa dapat gratis lho! -Syifa Aulia¬†(IG: aulias1996)

  • Kalau aku sih lagi suka ngulik tentang¬†skincare, kalau ada yang lagi tertarik juga soal¬†skincare¬†khususnya buat menghempas jerawat, bisa cek YouTube nya¬†Danang Wisnu Wardhana,¬†Puspita Mayangsari, dan¬†Female Daily¬†juga.¬†(Anonymous)
  • Hello! My name is Luin..Okey I want to tell you about my favorite book. Yeah, pada tau kan? Buku¬†booming¬†dari luar negeri? Yaps! Harry Potter, but…..Indonesia juga ada lhoo Apaan tuh? Serial Bumi dari Tere Liye. Asli sih gilak! Seru bangettttt Aku membaca serial¬†Bumi¬†satu bukunya rata-rata ada 300an halaman bahkan ada yang sampai 700an, tapi akhirnya bisa aku selesaikan hanya dalam 3 hari 1 buku. Dan ada yang terbaru nih¬†Lumpu¬†judulnya. 600an halaman aja bisa kuselesaikan 1 hari. Pokoknya gilaaaaak seruuūüė≠. Kalian ngga bakal kerasa mbacanya karena seolah kalian ikut terbawa suasana di dalamnya.¬†Come on!¬†Segera baca ya! Hehe¬†ūüėĀ
  • Untamed¬†by Glennon Doyle. Empowering women. (@elvikm)
  • Aku merekomendasikan¬†reality show Kpop¬†nih,¬†Going Seventeen¬†2020 judulnya. Bisa dicari di YouTube. Isinya kehidupan mereka sewaktu lagi liburan bareng, main¬†games¬†unik,¬†behind the scene photoshoots/concert/event,¬†dll.¬†Enjoy your weekend guys!¬†¬†(@khvrimag)¬†

  • Drama korea¬†Mr.Queen¬†recommended¬†bangetttt.¬†(Anonymous)
  • Aku mau rekomendasiin buku karangan Tere liye yg judulnya¬†pulang-pergi, bagi pecinta novel¬†action¬†buku ini layak dibaca, tapi jangan lupa baca buku sebelumnya dulu ya.¬†(Twitter @96yoko)

Quote of the day:
And in the end, it is not the years in your life that count, it is the life in your years.
 
-Abraham Lincoln-

Thank you note

Terima kasih buat Owlie dan Nanda yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Akhir-akhir ini aku galau banget karena pernikahan yang aku impikan bakal dilangsungkan pada akhir Desember lalu nggak terlaksana. Corona melanda, aku di-cut dari kerjaanku hingga bikin aku harus pulang ke rumah orang tua di kampung halaman, dan puncaknya, tunanganku membatalkan rencana pernikahan kita. Alasannya karena feeling-nya udah berubah. Aku sedih banget guys, apa lagi karena aku udah berharap banget bisa end up sama dia. Aku nangis berhari-hari dan semuanya terasa makin susah karena aku nggak punya teman di kampung halaman. Aku sering banget mengurung diri di kamar sambil menyesali kenapa sih nasib aku gini banget? Terus suatu hari, aku memutuskan untuk cerita sama teman dekatku lewat telepon. Waktu itu rasanya legaaaa banget. Abis kejadian itu, temenku ini sering banget ngontak aku untuk sekedar menanyakan kabar dan memastikan aku baik-baik aja. Berkat dia, aku jadi beneran baik-baik aja!
-Dewi, SBY-


2. Suatu hari, aku lagi jalan dari kantor menuju stasiun MRT, terus di jalan aku liat ada mbak-mbak pake sepatu tinggi yang terjatuh, mungkin faktor sepatunya tingginya itu. Si mbaknya sih nggak kenapa-napa, cuma aku yakin banget dia malu, soalnya kejadian itu sempat jadi tontonan di mana orang-orang pada nengok untuk liatin dia. Ga lama ada seorang ibu-ibu yang nyamperin mbaknya dan membantu mbaknya berdiri sambil bersihin bajunya yang kotor kena tanah. Liat scene itu, aku cuma bisa tersenyum. Ternyata angels di bumi ini masih banyak guys!
-TM, Jaksel-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it¬†here.¬†Come, share us your versions of angels!)