Friday Pause: I wanna be a billionaire 💸💸

556

Good morning,

Welcome back to Friday, and nope, we’re not gonna talk about news right now. So grab your coffee, get a comfortable seat, and let’s start your morning with memes, tips, and recs. Have a bright Friday!

For the love of Meme: When you’ve been watching Netflix all weekend…


For when online shopping is your best friend…

Aren’t we all?

Yep, siapa yang nggak suka online shopping? When all you have to do is just opening an app, terus pilih-pilih-pilih, buy, pay! Sounds familiar? Well, we can relate. Ditambah lagi di musim pandemi begini, di mana menurut data dari Kemenkominfo, angka aktivitas belanja online meningkat sampai 400 persen selama pandemi Covid-19.
Penasaran gak, kenapa orang-orang jadi lebih banyak melakukan online shopping belakangan ini? Well, menurut ahli pelatihan keuangan Cathrine Morgan, hal tersebut bisa terjadi karena emang saat ini, kita lagi berada di saat-saat yang stressful banget. Stuck di rumah, mau ke luar rumah takut kena virus, bosen dengan aktivitas yang itu-itu aja, hingga somehow, belanja online bisa jadi “pelarian” yang menyenangkan buatmu. Nah, fenomena kayak gini biasa disebut juga sebagai ‘stress-shopping’, dan kalo kamu kebanyakan stress shopping, it will eventually lead you to overspend aka buang-buang duit kebanyakan
 
Sekali dua kali, mungkin gpp kamu overspending, tapi gimana kalo ini udah jadi kebiasaan yang susah banget diubah? Well, we’re here to tell you that we got some tips to stop you from overspending. Let’s check them out!
  • Write down your spending. We know, we know, kamu pasti udah denger tips ini sebelumnya, tapi beneran deh guys, menulis atau mencatat pengeluaranmu itu bikin kamu bisa lebih terkontrol ketika membelanjakan uang. Contohnya aja, kalo kamu beli jeans lucu banget seharga 300 ribu, yha “bahaya”-nya belum keliatan. Tapi ketika minggu depannya kamu beli dress, tiga hari kemudian beli top, lima hari kemudian beli blazer, terus kamu catet semuanya, keliatan deh bahwa ternyata kamu udah overspend dalam belanja baju. So, write it down!
  • Delaying: Ini juga bisa dicoba nih, walaupun prosesnya menyakitkan *speaking from my own experience* Jadi pas kamu punya barang-barang yang udah kamu taro di shopping chart, coba deh jangan langsung di-checkout. Instead, biarin aja produk-produk yang udah kamu pilih itu menunggu selama at least 48 jam. Kalo abis periode itu kamu masih pengen beli, ya chances are, kamu udah berpikir matang dan nggak terburu-buru untuk memutuskan bahwa kamu masih butuh barang tersebut. Tapi kalo kamu jadi mikir lagi, berarti emang ga butuh-butuh amat. Atau nggak pengen-pengen banget.
  • Cari cara baru: Coba deh, cari hal-hal lain yang bisa bikin kamu merasa ‘satisfied’ kayak kalau abis shopping. Bisa jadi dengan melakukan berbagai kegiatan self-care kayak menghirup lilin aromatherapy, baca buku, teleponan sama temen, atau makan makanan kesukaan dengan budget yang udah kamu tentukan sebelumnya. Pokoknya, alihkan pikiranmu dari shopping cart, deh!

  • Give yourself some freedomYhaa walau bagaimana pun, tetep aja kamu pasti pengen self-treat dengan belanja, dan of course you can still do that. Cuma pastikan aja bahwa kamu hanya akan menggunakan budget yang emang udah ada untuk belanja, dan kamu nggak akan ngambil uang dari pos lain. Intinya, set a budget for your self-treats, supaya kamu nggak nyesel setiap belanja.
  • Set the time: Kamu juga bisa mencoba mengatur diri dengan cuma belanja pas weekend. Jadi, buka app-nya pas weekend aja, di mana kamu mungkin berada dalam kondisi yang lebih rileks. Dengan begitu, kamu juga bakal lebih mindful ketika memutuskan untuk membeli barang, dan bukan karena terdorong faktor lain kayak emosi atau stres.


As always, here comes your weekly quarantips.

Yep, your weekly quarantine is here. Now let’s talk about all the nice things to help you through the quarantine weekend. From books, TV show, podcast, to….anything.

But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video youtube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Kalau lagi pengen nonton yang light dan bikin ketawa wajib banget nonton 2 days 1 night season 4 ! Yap reality show Korea yang dibawakan oleh 6 orang ini (Jung hoon, Se yoon, Dindin, Jongmin, Ravi, Seon ho) selalu sukses bikin aku terhibur dengan tingkah konyol mereka. Banyak challenge² seru juga yang bisa buat inspirasi main game bareng temen atau keluarga! (@aninnashi)
  • Merasa diri tidak berguna? Merasa kenapa zaman sekarang terlalu sibuk sama kepalanya sendiri? Omongan ‘prophet‘ ini harus lo denger. (@uzlihafiz)

  • Kita semua tau bahwa dunia sedang mau ada apa-apa mengingat banyaknya bencana alam akhir akhir ini. Ada baiknya hindari bepergian dan berada dekat dengan keluarga. Mungkin banyak dari kalian semenjak dirumah jadi flashback pencapaian dan masalah hidup yamg selama ini berhasil kalian lewati. Eits tenang kamu ngga sendirian kok..ada rekomendasi buku dari Riliv yang bekerja sama dengan PT.Elex Media dengan judul buku “Phase of Heart” yang bisa jadi teman kamu selama pandemi. Bukunya berisi berbagai cerita bangkit dari keterpurukan. Setelah aku baca buku ini aku jadi ngga ngerasa sendirian banget. Bahwa di luar sana banyak orang yang struggle sama masalahnya masing masing. Bukunya bisa kamu dapatkan di gramedia, atau marketplace, lho! (Anonymous)

  • Hay semua, buat yang mungkin lagi ngerasa quarter life crisis di umur 25-an bisa banget deh dengerin podcast YOLOthey give us tips how to handle, mostly life problems. Mulai dari masalah percintaan, pertemanan sama keuangan. Yang bawain Dave Hendrik, Novita Angie dan Iwet Ramadhan. Mungkin bakalan relate banget kalau kamu anak 90-an 😂 dan satu lagi, jokes2 merrka semuanya bikin terhibur 🤍 (ig/ @nisameutiaristhy)

  • Kalau lagi bosen nonton drama korea yang serius, nonton aja variety show berjudul New Journey to The West. Season awal banyakan sambil traveling ria ke berbagai negara selain Korsel (mengobati rasa kangen berpergian), suguhan makanan yang enaakk banget, dan dijamin lucu abis! Para member NJTTW ini bisa akrab banget dan natural pokoknya, jadi kocaknya gak dibuat buat. Tonton aja deh, mulai dari season 3 dulu aja. (Anonymous)
  • Film Netflix dari India “TRIBHANGA“, tentang hubungan orang tua, anak, dan cucu ( yang semuanya perempuan), bercerita bagaimana memaafkan dan meminta dimaafkan kesalahan di masa lalu. (@BeingVianney)

  • I would recommend Never too small YouTube channel for you guys who are into minimalist house design/architecture. (-parselene woman-)

  • You must check 80000hours.org if giving more effective impact to the world is one of your primary career orientations. (@aulias1996)

  • Gue rekomendasiin banget buat cek channel YouTube-nya Kurzgesagt. Banyak banget video menarik soal science, tech, and the future terus setiap videonya dia jelasin dengan bahasa yang mudah dipahami dan animasinya bagus banget … cocok buat jadi tontonan selama pandemic. Abis nonton bakalan jadi auto pintar deh! (@geraldytony)

Quote of the day:
 
“Reading is the key that opens doors to many good things in life. Reading shaped my dreams, and more reading helped me make my dreams come true.”
 
-Ruth Bader Ginzburg-

Thank you note

Terima kasih buat Seseorang dan Seseorang yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Jadi tadi sorean, aku ngeliat ada kakek-kakek dah sepuh naik sepeda onthel tua di lampu merah. Nah, kebetulan di situ juga banyak anak-anak pengamen jalanan. Si kakek nyempetin turun dari sepeda dong, dan ngasih uang ke salah satu anak itu. Terus lampu berubah ijo, si kakek langsung naik dan ngayuh sepeda tuanya. Terharu banget, even ketika beliau keliatan kurang, tetep bisa nyisain uangnya buat orang lain. Alhamdulillah masih banyak orang baik di zaman akhir ini 🙂

-Pengagum Cryptography-


2. Waktu itu pulang kerja, papasan sama mas-mas boncengan berdua. Dari penampilan kek preman dan rada nyeremin. Tapi ternyata mereka hatinya kek Hello Kitty dong. Aku sempet dengar, mereka berdua ngasih tau ke mbak-mbak yang naik motor sendirian buat naruh tasnya di depan aja, jangan di belakang, takutnya dicopet orang. Wuahh, perasaanku langsung adem ngeliatnya. Alhamdulillah masih ada orang baik, dan aku rada merasa bersalah atas prejudice-ku yg ga banget itu.
-Pengagum Saturnus, Kota Udang-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)
Advertisement