Friday Pause: Are we an item?

88

Hi there, Friday.

It’s our favorite day of the week again, and as always, no news today. Because Fridays are supposed to be fun and light and full of laughters, so instead, today we’ll see memes, recs, tips, and fun things for you to do over the weekend. We hope you love our Friday Pause as much as we do.

For the love of Meme: Last Trump meme we promise…


Today, let’s talk about: Health anxiety.

Yep.
Pernah nggak sih, kamu batuk dikit, bersin dikit, pusing dikit, langsung mikir, “Apakah aku kena corona?” terus kamu jadi nggak tenang. Or, mungkin pernah juga kamu merasakan nyeri dada, dan langsung mikir bahwa kamu punya penyakit jantung. Terus somehow, kamu mungkin udah khawatir banget sama kondisimu dan kamu jadi nge-google gejala yang kamu rasakan tapi yhaa namanya nanya ke Mbah Google, hasilnya nggak bener-bener menjawab pertanyaan kamu. Masih penasaran, terus kamu ke dokter, dan setelah periksa sana-sini, kata dokter…kamu nggak kenapa-napa kok. Everything is just in your head.
Wondering why we articulate this situation so accurately? Karena TBH mimin is also suffering from thatIt is called: Health anxiety. Alias kecemasan berlebihan atas kondisi kesehatan. Raise your hand if you’ve also experienced the same situation. Now hands down, and let’s talk about it. 
Jadi health anxiety ini adalah kondisi di mana kamu terus-terusan merasa cemas karena ngerasa ada yang salah sama tubuhmu. Somehow kamu yakin banget kalo kamu mengidap satu penyakit, even setelah kamu ke dokter dan kata dokter kamu beneran gpp. Menurut studi dari Harvard, diketahui bahwa health anxiety ini adalah kondisi yang banyak ditemukan, dan mempengaruhi sekitar 5% dari populasi. Namun, kalo diitung sama kasus yang nggak dilaporkan, maka diprediksi angkanya mencapai 12%. Nah, di zaman pandemi gini, mungkin kamu juga jadi lebih sering khawatir sama kondisi kesehatan kamu. Namun, gimana cara bedain apakah kamu sakit beneran atau cuma parno aja?  Berikut tanda-tanda kamu kemungkinannya mengalami health anxiety:
  • Kamu nggak punya gejala apa-apa, tapi tetap takut dan khawatir dan somehow yakin bahwa kamu mengidap penyakit.
  • Ketika dokter memastikan kamu nggak punya penyakit, atau hasil lab menunjukkan kalau kamu nggak kenapa-kenapa, tapi kamu tetap cemas.
  • Kamu sering nge-google informasi-informasi terkait kesehatan secara online.
  • Kalau kamu lagi baca berita tentang suatu penyakit, tiba-tiba kamu cemas kalau kamu punya penyakitnya juga.
  • Kecemasanmu terhadap kesehatanmu mengganggu kehidupan, keluarga, kerja, dan hobi-hobi kamu sendiri. Kamu jadi parno mau ngapa-ngapain dan dikit-dikit ngerasa sakit.

Well, kalau kamu say yes ke satu dari hal-hal di atas, maka mungkin aja, kamu emang mengidap health anxiety. And here are some ways to help you cope with it: 

  • Stop googling. Seriously guys, karena kalo kamu punya health anxiety, maka chances are, kamu juga bakal obsessed sama penyakit apapun yang kamu yakin kamu derita. Terus kamu bakal nge-google terus dan terus soal penyakitnya. Dan, karena kamu merasa yakin kamu punya penyakit itu, kamu bakal endless searching. Jadinya malah obsessed. So seriously, stop googling your symptoms.
  • Avoid sensationalized news. Yep, ga bisa dipungkiri, baca berita sehari-hari tentunya bikin anxiety kamu meningkat, apalagi kalo yang kamu baca berita Covid-19 terus. Jadi biar nggak terus-terusan khawatir, coba deh gausah baca berita dulu. Tapi juga jangan ke luar rumah (kalo bisa). Instead, stay at home and try to distract your mind dengan menyibukkan diri kayak beres-beres rumah, nyoba resep baru, baca buku, dll. Beritanya cukup baca dari email kita aja. HEHEHE.
  • Own your feeling. Kalo kamu emang tahu bahwa kamu punya health anxiety, ya gpp. Own it. Jangan justru malah dilawan perasaannya, apa lagi pas kondisi pandemi gini, di mana ketakutanmu itu valid banget. Cuma yha jangan berlarut-larut aja. Kamu bisa coba mengalihkan kecemasanmu dengan membantu sesama, khususnya orang-orang yang kesehatannya lebih vulnerable. Misalnya, kirimin makanan buat anggota keluargamu yang kamu tahu punya penyakit bawaan yang lebih beresiko, kayak diabetes atau asma. Pasti mereka happy deh, dan tentunya, kamu juga.
  • Trust your doctor. Buat kamu yang punya health anxiety, pasti biasa banget deh, dikit-dikit ke dokter buat gejala ringan yang sebenernya kamu nggak perlu terlalu khawatirkan. Kalo kayak gini, pastikan kamu mendengarkan doktermu ya, kalo kata dokter kamu baik-baik aja. Trust them. Jangan nge-google gejalamu lagi. Hard, we know. But trust them. 

  • Finally, don’t jump into conclusion. Yep, we all knowww bahwa penyakit-penyakit yang ada, baik Covid ataupun bukan itu selalu punya worst case scenario. Tapi kalo kamu emang ternyata sakit, jangan langsung menyimpulkan bahwa kamu bakal mengalami kondisi terburuknya. See your doctor, take your meds, exercise, and stay positive. Kalo kamu lagi sakit dan malah terus-terusan khawatir bahwa kamu bakal gimana-gimana, justru itu yang bakal menurunkan imun kamu. Jadi lama deh sembuhnya.

  • If it’s already affected your life too much, seek for help. Iya guysto some extent, health anxiety bisa mempengaruhi hidup kamu karena kamu jadi parnoan banget. Apa-apa takut, khawatir, dan tentunya hal ini bisa mengganggu kehidupan kamu sehari-hari. Kalo kamu merasa begitu, coba konsultasi ke psikolog/psikiater ya. It helps. TRUST US.


Finally…your weekly quarantips…

Yep, your weekly quarantine is here. Now let’s talk about all the nice things to help you through the quarantine weekend. From books, TV show, podcast, to….anything.

But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video youtube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Bagi kalian yang lagi merasa impulsif beli banyak barang terus berujung menyesal, here I recommend you a Netflix documentary film, “The Minimalist: Less is Now”. Cukup inspiring buat kita-kita yang suka belanja barang banyak yang padahal ga butuh-butuh amat. 😉(@nabillaafazahra)

  • Bagi yang belum nonton, must watch this Korean drama Mr. Sunshine. Drama yang rilis tahun 2018 yg berkisah tentang awal penjajahan Jepang di Korea ini bener bener bagus bangeett. Sumpah ini another level drama, highly recommended deh pokoknya. Alur cerita, tokohnya, sinematografinya epic. Apalagi kisah cintanya yang bikin emosi campur aduk. Nonton drama berasa kayak nonton film. Caution: Siap-siap tisu, this drama could break your heart beautifully. (Kasu)
  • Gue merekomendasikan buat nonton Good Place. Series tentang alam baka yang absurd abis. Kebetulan season 4 a.k.a season terakhir baru rilis di Netflix minggu lalu. Cheers! (T: @Lofielopret)

  • Makna Talks Podcast with candid conversation that would bring us to the interviewees with their great experiences and point of views. I have learnt so much from them. (Tahitya)

  • Buat temen-temen yang into detective-kinda-thing, cobain deh Unsolved Mysteries. Dijamin seru dan nagih! Oiya, ini bukan tipe series yang totally you gotta stay focused on kok. Bisa jadi solusi buat yang lagi bm tontonan yang mikir, tapi yg ga terlalu.*Cheers(by surgaduniaseeker)
  • Kalau kalian lagi pengen nonton romance yang santai tapi gemesin pls nonton Run On! Kalian bisa nonton di Netflix. Drama korea ini masih on going sih. pokoknya ini drama recommended banget! Banyak pesan-pesannya juga loh. (Anonymous).

  • Buku-buku karyanya Elif Shafak itu the best banget. Tapi yang paling favorite “The Forty Rules of Love“. Cocok banget bagi pengagum sejarah abad pertengahan. Tentang holy war, sufi Rumi, Assasin, dan pencarian tujuan hidup sekalipun kamu udah 40 tahun. Selain itu ada juga The Bastard of Istanbul yang juga super keren. PS: Rata-rata female sentris novelnya. Cocok buat encourage para wanita buat open minded tapi yang pake adab. (Anonymous).

  • Cerita malam. Sebuah podcast sensual dengan bumbu-bumbu percintaan yang ada di dalam setiap episodenya. Ini adalah podcast khusus +18. (Anonymous)

  • Buat pecinta K-pop, aku mau rekomen Treasure Map yaitu konten variety show di YouTube dari rookie boygroup besutan YG Entertainment yang lagi naik daun, Treasure. Dijamin ga bosen dan akan selalu ngakak kalo nonton Treasure Map karena kelakuan ke-12 members Treasure yang lucu dan absurd. Jumat, 22 Januari 2021 ini akan dirilis episode pertama season 2 dan episode baru akan rilis setiap Jumat di official YouTube channel Treasure (https://www.youtube.com/OfficialTreasure). Wajib binge-watching dari season 1 untuk penggemar K-variety show dan K-pop. ^^
  • Kamu anak muda yang menghadapi sakit kronis? Cek IG @haya.idn yuk buat belajar dan saling support sesama pasien, penyintas, dan pendamping! (@haya.idn)

Quote of the day:
 
“There is never, never, never a cultural justification for dehumanizing another human being.”
 
-Joe Biden-

Thank you note

Terima kasih buat HAYA Indonesia dan Lintung yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Jadi beberapa hari kemarin gak sengaja lihat e-flyer donasi dan volunteer untuk banjir Kalsel, tapi bukan untuk manusia melainkan untuk stray cats and dogs yang mungkin kita gak sadar juga ikut terdampak bencana itu. Langsung gercep buka akun IG yang tertera di e-flyer dan nontonin story-nya satu per satu tanpa ada yg terlewat. Iya, isinya adalah kegiatan kakak-kakak di sana bantuin kucing-anjing liar yang gak bisa nyari makan karena banjir. Meski banjir masih selutut atau sebetis, meski akses susah ke daerah yang banjirnya masih tinggi, mereka tetap usaha biar bisa menjangkau seluruh kucing-anjing sekalipun harus naik ke atap rumah. Walau keadaan sedang sempit karena bencana pun mereka masih sempat berbagi. Seeing her IG stories these days really warm my heart. Rasanya sangat sangat sangat ingin terbang ke Kalimantan dari Sumatera saat ini juga biar bisa ikut mereka keliling.

-Amek-


2. Hai! Ini pertama kalinya aku nulis di section Angel’s Stories! Well, tanggal 20-1-2021, kakak gue baru aja melahirkan malaikat kecilnya. She’s sooo adorable and cute. Tapi sayang, karena pandemi ini jadi nggak bisa nengok langsung di RS. Jujur gue seneng banget tapi juga sedih. She’s become a mother, time flies so fast banget. Kayaknya baru kemarin gue sama kakak doing things like “sister’s talk”But, this is the circle of life. Hargai waktu kalian, manfaatkan dengan baik with people around you. It really matters. and precious.
-Her little sis-
3. Selalu berbuat baik walau enggak semua orang baik. Tweet yang aku baca dan menjadi peganganku. Kita bener-bener enggak tau ya kapan kebaikan kita akan balik ke kita. Di dunia kah, di akhirat kah. Dalam waktu yang cepat atau lama. Di kondisi pandemi gini dan juga banyak bencana di Indonesia, semoga kita selalu menjadi orang baik yang terus berbagi. Sehat-sehat untuk kita semua.
-Anonymous-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)