Corona Updates 4 Januari 2021

134

And let’s start the week with…Covid-19 updates.

Yep, it’s still here. Now as always, we’ll update you from…
 
Home.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 765.350 kasus, 22.734 meninggal (3,0% dari Terkonfirmasi), dan 631.937 (82,6% dari terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (187.585 kasus), Jawa Barat (86.250 kasus), Jawa Timur (85.762 kasus), Jawa Tengah (83.584 kasus), dan Sulawesi Selatan (32.187 kasus).

  • Dalam pesan tahun barunya minggu lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa tahun ini Insya Allah bakal jadi tahun pemulihan dari dampak pandemi Covid-19 yang hampir setahun ini melanda dunia, termasuk Indonesia.

  • Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Pawaransa over the weekend kemarin baru aja mengumumkan bahwa dirinya positif Covid 19. Sebelum dinyatakan positif ini, aktivitas Bu Khofifah emang terbilang padat, di mana beliau banyak melakukan kunjungan ke berbagai rumah sakit di daerahnya.

  • Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi membatalkan rencana pembelajaran tatap muka di sekolah mulai bulan Januari ini. Sebagai gantinya, pemerintah bakal meneruskan PJJ aka Pembelajaran Jarak Jauh pada semester genap 2020/2021. Kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana, kebijakan ini diambil demi keamanan dan kesehatan guru dan siswa-siswi.

  • Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) meminta pemerintah daerah lain untuk mengikuti DKI Jakarta yang tetap melarang sekolah tatap muka pada semester genap Januari-Juli 2021. Menurut mereka, hal ini penting sebagai upaya mencegah penularan virus corona di lingkup pendidikan.
  • Data Tim Mitigasi PB IDI mengungkapkan bahwa sejauh ini, udah ada 504 tenaga medis di Indonesia meninggal dunia akibat terpapar covid-19. Adapun rinciannya adalah 37 dokter, 15 dokter gigi, 171 perawat, 64 bidan, 7 apoteker, dan 10 tenaga lab medik. Selain itu, IDI juga menyebut bahwa Indonesia saat ini menduduki peringkat pertama kematian tenaga medis di Asia, dan masuk ke lima besar kematian terbanyak di seluruh di dunia.

  • Masjid Daarut Tauhid, Kota Bandung ditutup sementara karena pengasuh Ponpes Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym positif terinfeksi Covid-19.

  • Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihak yang memalsukan hasil rapid test antigen terancam hukuman pidana
    selama empat tahun. Pak Wiku menyampaikan hal ini seiring dengan munculnya tindakan oknum yang memalsukan hasil test antigen sebagai syarat bepergian.

  • Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah bakal segera melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 181 juta orang untuk mencapai herd immunity. Dengan memperhitungkan dua dosis vaksin untuk satu orang, serta mengikuti aturan WHO agar disiapkan cadangan sebanyak 15 persen, maka Indonesia membutuhkan sebanyak 426 juta dosis vaksin. Selain itu, Pak Budi juga bilang bahwa distribusi vaksin ke 34 provinsi di Indonesia bakal mulai dilakukan bulan ini.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai
    84.662.676 kasus dan 1.837.397 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat
    (20.430.088 kasus), India (10.323.965 kasus), Brazil 7.716.405 kasus), Rusia (3.203.743 kasus), dan Prancis (2.700.480 kasus).

  • Mulai kemarin, Pemerintah Thailand memutuskan untuk melakukan partial lockdown di Kota Bangkok sebagai akibat dari lonjakan kasus Covid-19. Hal ini seiring dengan makin bertambahnya angka kasus positif di Negeri Gajah Putih tersebut, di mana sampe Sabtu kemarin, angka positif Covid-19 di Thailand udah mencapai lebih dari 7.300 kasus yang menyebar di 53 kota.

  • Pemerintah India secara resmi udah menyetujui vaksin covid-19 yang dikembangkan AstraZaneca dan Universitas Oxford, Inggris, untuk didistribusikan ke masyarakatnya. Selain AZ, approval juga diberikan pada vaksin buatan dalam negeri, Covaxin dari Bharat Biotech.

  • Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan pihaknya udah
    mendeteksi kasus pertama varian baru virus corona pada Sabtu
    kemarin di negaranya. Otoritas setempat bilang bahwa varian baru itu terdeteksi pada seorang wanita berusia 44 tahun yang baru balik dari Inggris.

  • Sebanyak 26 penghuni panti jompo di Belgia meninggal dunia usai
    dikunjungi sukarelawan berkostum Santa Klaus yang positif Covid-19 pas Natal kemarin. Menurut keterangan dari otoritas setempat, disebutkan bahwa selain 26 lansia meninggal, 85 orang lansia lainnya dinyatakan positif, dan sebanyak 40 staf di panti tersebut juga dinyatakan positif Covid-19. Disebutkan juga bahwa relawan itu nggak tau kalo dirinya kena Covid.

  • Dalam pesan tahun barunya, Paus Fransiskus menyatakan bahwa dirinya sedih banget pas tahu berita bahwa banyak orang-orang  yang liburan tahun baruan di beberapa negara. Menurut beliau, orang-orang ini nggak mikirin orang lain yang stay at home, yang kena lockdown, hingga yang terbaring di rumah sakit.

  • Prancis memutuskan untuk memberlakukan jam malam di sejumlah wilayah untuk menekan penyebaran Covid-19. Pengetatan dilakukan di 15 daerah dengan memajukan jam malam dua jam, dari pukul 20.00 jadi 18.00 mulai Sabtu kemarin.

  • Minggu lalu, China baru aja mengkonfirmasi kasus pertama dari varian virus corona di negaranya. Again, varian baru ini ditemukan pada seseorang yang baru aja balik dari Inggris.