Corona Updates 4 Januari 2021, Resmi Dibubarkan: Polri Himbau Warga Tidak Sebar Luaskan Konten FPI, Inggris Memasuki ‘Babak Baru’ Di Luar Uni Eropa Karena Masa Transisi Brexit Berakhir, Tidak Ada Penerbangan Pramugari Japan Airlanes Kerja Sebagai Penjaga Kuil.

135

Welcome to 2021.

Hi there, rise and shine! It’s been three days to the 2021 but so far, everything has been a liiiiiittle way too similar to last year. We spent the New Year’s weekend mostly on the couch, binging Netflix, and were too scared to go out. But we believe that better days are coming. It’s coming sooner or later, so hang in there, hustlers. This year is about patience.

And let’s start the week with…Covid-19 updates.

Yep, it’s still here. Now as always, we’ll update you from…
 
Home.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 765.350 kasus, 22.734 meninggal (3,0% dari Terkonfirmasi), dan 631.937 (82,6% dari terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (187.585 kasus), Jawa Barat (86.250 kasus), Jawa Timur (85.762 kasus), Jawa Tengah (83.584 kasus), dan Sulawesi Selatan (32.187 kasus).

  • Dalam pesan tahun barunya minggu lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa tahun ini Insya Allah bakal jadi tahun pemulihan dari dampak pandemi Covid-19 yang hampir setahun ini melanda dunia, termasuk Indonesia.

  • Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Pawaransa over the weekend kemarin baru aja mengumumkan bahwa dirinya positif Covid 19. Sebelum dinyatakan positif ini, aktivitas Bu Khofifah emang terbilang padat, di mana beliau banyak melakukan kunjungan ke berbagai rumah sakit di daerahnya.

  • Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi membatalkan rencana pembelajaran tatap muka di sekolah mulai bulan Januari ini. Sebagai gantinya, pemerintah bakal meneruskan PJJ aka Pembelajaran Jarak Jauh pada semester genap 2020/2021. Kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana, kebijakan ini diambil demi keamanan dan kesehatan guru dan siswa-siswi.

  • Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) meminta pemerintah daerah lain untuk mengikuti DKI Jakarta yang tetap melarang sekolah tatap muka pada semester genap Januari-Juli 2021. Menurut mereka, hal ini penting sebagai upaya mencegah penularan virus corona di lingkup pendidikan.
  • Data Tim Mitigasi PB IDI mengungkapkan bahwa sejauh ini, udah ada 504 tenaga medis di Indonesia meninggal dunia akibat terpapar covid-19. Adapun rinciannya adalah 37 dokter, 15 dokter gigi, 171 perawat, 64 bidan, 7 apoteker, dan 10 tenaga lab medik. Selain itu, IDI juga menyebut bahwa Indonesia saat ini menduduki peringkat pertama kematian tenaga medis di Asia, dan masuk ke lima besar kematian terbanyak di seluruh di dunia.

  • Masjid Daarut Tauhid, Kota Bandung ditutup sementara karena pengasuh Ponpes Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym positif terinfeksi Covid-19.

  • Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihak yang memalsukan hasil rapid test antigen terancam hukuman pidana
    selama empat tahun. Pak Wiku menyampaikan hal ini seiring dengan munculnya tindakan oknum yang memalsukan hasil test antigen sebagai syarat bepergian.

  • Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah bakal segera melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 181 juta orang untuk mencapai herd immunity. Dengan memperhitungkan dua dosis vaksin untuk satu orang, serta mengikuti aturan WHO agar disiapkan cadangan sebanyak 15 persen, maka Indonesia membutuhkan sebanyak 426 juta dosis vaksin. Selain itu, Pak Budi juga bilang bahwa distribusi vaksin ke 34 provinsi di Indonesia bakal mulai dilakukan bulan ini.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai
    84.662.676 kasus dan 1.837.397 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat
    (20.430.088 kasus), India (10.323.965 kasus), Brazil 7.716.405 kasus), Rusia (3.203.743 kasus), dan Prancis (2.700.480 kasus).

  • Mulai kemarin, Pemerintah Thailand memutuskan untuk melakukan partial lockdown di Kota Bangkok sebagai akibat dari lonjakan kasus Covid-19. Hal ini seiring dengan makin bertambahnya angka kasus positif di Negeri Gajah Putih tersebut, di mana sampe Sabtu kemarin, angka positif Covid-19 di Thailand udah mencapai lebih dari 7.300 kasus yang menyebar di 53 kota.

  • Pemerintah India secara resmi udah menyetujui vaksin covid-19 yang dikembangkan AstraZaneca dan Universitas Oxford, Inggris, untuk didistribusikan ke masyarakatnya. Selain AZ, approval juga diberikan pada vaksin buatan dalam negeri, Covaxin dari Bharat Biotech.

  • Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan pihaknya udah
    mendeteksi kasus pertama varian baru virus corona pada Sabtu
    kemarin di negaranya. Otoritas setempat bilang bahwa varian baru itu terdeteksi pada seorang wanita berusia 44 tahun yang baru balik dari Inggris.

  • Sebanyak 26 penghuni panti jompo di Belgia meninggal dunia usai
    dikunjungi sukarelawan berkostum Santa Klaus yang positif Covid-19 pas Natal kemarin. Menurut keterangan dari otoritas setempat, disebutkan bahwa selain 26 lansia meninggal, 85 orang lansia lainnya dinyatakan positif, dan sebanyak 40 staf di panti tersebut juga dinyatakan positif Covid-19. Disebutkan juga bahwa relawan itu nggak tau kalo dirinya kena Covid.

  • Dalam pesan tahun barunya, Paus Fransiskus menyatakan bahwa dirinya sedih banget pas tahu berita bahwa banyak orang-orang  yang liburan tahun baruan di beberapa negara. Menurut beliau, orang-orang ini nggak mikirin orang lain yang stay at home, yang kena lockdown, hingga yang terbaring di rumah sakit.

  • Prancis memutuskan untuk memberlakukan jam malam di sejumlah wilayah untuk menekan penyebaran Covid-19. Pengetatan dilakukan di 15 daerah dengan memajukan jam malam dua jam, dari pukul 20.00 jadi 18.00 mulai Sabtu kemarin.

  • Minggu lalu, China baru aja mengkonfirmasi kasus pertama dari varian virus corona di negaranya. Again, varian baru ini ditemukan pada seseorang yang baru aja balik dari Inggris.

What’s something you shouldn’t say in 2021?

Front Pembela Islam aka FPI.

What’s going on? 
Ok.  First, udah tau kan? Kalau FPI resmi dibubarin sama Pemerintah per Desember 30, 2020 kemarin?
Oh yea I heard.
Nah menyusul keputusan ini, Kepolisian RI aka Polri kemudian melarang masyarakat untuk mengakses, mengunggah, dan menyebarluaskan konten terkait Front Pembela Islam (FPI), baik melalui situs maupun media sosial. Larangan ini disampaikan langsung sama Kapolri Idham Azis dalam maklumatnya yang baru aja terbit 1 Januari kemarin.
 
Isi maklumatnya gimana tuh?
Intinya sih meminta masyarakat supaya nggak terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan serta menggunakan simbol dan atribut FPI. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk segera melaporkan kepada aparat yang berwenang kalo menemukan kegiatan, simbol, dan atribut FPI. Dan kepolisian juga akan mengedepankan Satpol PP dengan didukung sepenuhnya oleh TNI-Polri untuk melakukan penertiban di lokasi-lokasi yang terpasang spanduk/banner, atribut, pamflet, dan hal lainnya terkait FPI.
 
I need some background, please…
Well, tentunya kamu udah tahu bahwa minggu lalu, pas kamu lagi siap-siap tahun baruan di rumah, warga +62 dikejutkan sama pengumuman pemerintah yang secara resmi melarang kegiatan FPI di Indonesia. Pengumumannya dilakukan sama Kemenko Polhukam Mahfud MD, dan ditandatangani sama berbagai lembaga terkait.
Go on…
Nah, ada beberapa alasan kenapa pemerintah memutuskan untuk melarang FPI, di antaranya karena FPI dinilai punya anggaran dasar yang nggak sesuai dengan UU Ormas, masa berlaku Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang udah abis, hingga banyaknya kader FPI yang terlibat pidana baik terorisme maupun pidana umum.
 
Hmmm terus FPI bilang apa?
Well, menyusul pembubaran ini, di hari yang sama, beberapa pengurus FPI kemudian langsung membentuk FPI lagi, tapi singkatan dari Front Persatuan Islam. Dalam keterangannya mereka bilang bahwa keputusan pembubaran itu melanggar konstitusi dan bertentangan dengan hukum, dan tim kuasa hukumnya akan menggugat ke pengadilan. Selain itu, FPI juga menyebut bahwa pembubaran ini merupakan pengalihan isu atas kasus penembakan yang terjadi pada enam orang kader FPI.
Anyone has a say on this?
Yep. Ahli hukum, Feri Amsari, bilang kalau pembubaran FPI sih sah-sah aja secara hukum, tapi pemerintah jadi terkesan otoriter.  Mestinya ada ruang supaya sang ormas bisa membela dirinya dulu sebelum dibubarin.  Terus, direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, juga bilang bahwa pelarangan kegiatan FPI ini berpotensi mendiskriminasi dan melanggar hak berserikat dan berekspresi. Menurutnya, seharusnya pemerintah nggak ambil keputusan sepihak, tapi ambil pendekatan hukum.

Who just officially got divorced?

Uh-oh, finally. The divorce between The UK and The EU is finalized.
 
Really?
Yep, akhirnya setelah bertahun-tahun nego-nego back and forth soal pembagian gono-gininya, akhirnya pas malam tahun baru kemarin, Inggris resmi keluar dari Uni Eropa. Hal ini dipastikan setelah nego-negoan yang paling ribet dan panjang, yaitu soal perdagangan, udah disepakati sama kedua pihak.
 
Wait. Tell me more about…Uni Eropa
Well, you know, Uni Eropa merupakan perkumpulan negara-negara yang terletak di Eropa yang mengikatkan diri dalam keanggotaan organisasi multilateral, namanya Uni Eropa. Jadi negara-negara yang tergabung di Uni Eropa ini selain terletak dalam lokasi geografis yang sama, juga punya berbagai kebijakan bersama, kayak sama-sama pake mata uang Euro, sama-sama pake visa Schangen, sama-sama punya aturan yang lebih bebas untuk warganya kerja di negara Uni Eropa lain, punya aturan dagang ya sama, sampe….punya pemerintahan bareng-bareng yang mengatur hubungan antar anggota.
Go on…
Nah sebagai salah satu negara yang terletak di Eropa, Inggris tentunya jadi anggota di Uni Eropa juga dong. Namun tahun 2016 lalu, warga Inggris kemudian melakukan referendum yang hasilnya, warga The Union Jack pengen keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Alasannya? Yhaa macem-macemlah, namun mainly karena munculnya euro-skepticism aka yha spektis aja sama prospek UE ke depan, khususnya dalam hal ekonomi.
 
I see…
Nah setelah referendum ini, Inggris kemudian ngabarin Uni Eropa, they’re like, “Cuy gue keluar dari WhatsApp grup ya. Kan udah gamau jadi anggota lagi…” tapi yha ternyata tidak semudah itu, Fergusso. Karena emang kerja sama Uni Eropa ini erat banget, sampe banyak hal-hal yang harus diurusin teknisnya gimana kalo emang Inggris jadi keluar.
 
Whoa…
Nah salah satu topik yang lumayan lama dibahas antara kedua pihak adalah terkait perdagangan dan perpindahan barang dan jasa. Secara ya, Uni Eropa merupakan mitra perdagangan terbesar bagi Inggris. Terus kan banyak juga orang Inggris yang kerja di Uni Eropa, dan sebaliknya, jadi emang nego-negoannya harus detail banget. Nah namun pada tanggal 31 Desember lalu, kedua pihak udah mencapai kesepakatan dalam hal ini, meaning, significant changes will happen to both parties. Catch up on the long story, short, hereFYI, isu perdagangan inilah yang bikin proses negosiasi Brexit ini jadi lama banget.
Oh gitu, jadinya gimana perdagangannya? 
Jadi, akhirnya Inggris dan Uni Eropa menandatangani Perjanjian Kerja Sama dan Perdagangan pada minggu lalu.  Mereka akhirnya sepakat untuk melanjutkan perdagangan tanpa tarif atau kuota (tanpa pajak gengs), setelah Inggris keluar dari Uni Eropa per 1 Januari 2021.  FYI, dokumen perjanjiannya setebal 1.246 halaman! Isinya tentang kesepakatan secara detail terkait perdagangan, penegakan hukum, dan penyelesaian konflik antara Inggris dan negara-negara Uni Eropa.
Ok, go on…
Terkait progres ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bilang kalau sekarang Inggris punya kebebasan sendiri sebagai negara global, tanpa aturan-aturannya Uni Eropa. Beliau juga bilang kalau Inggris bakal tetap jadi negara yang terbuka, murah hati, berpandangan luas, internasionalis, dan menerapkan prinsip perdagangan bebas.
I see, terus gimana? 
Dampak yang bakal paling berasa itu adalah pada pergerakan 500 juta orang antara Inggris dan 27 negara Uni Eropa. Dulunya mereka bebas bergerak tanpa visa, tapi sekarang, pemegang paspor Inggris harus pake visa dulu kalo mau tinggal di Uni Eropa selama lebih dari 90 hari dalam periode 180 hari. Terus, pemeriksaan bea cukai juga berlaku lagi bagi warga Uni Eropa yang mau ke Inggris dan sebaliknya. One more thing, terkait perdagangan, walaupun udah sepakat, London bakal tetap dapet beberapa aturan tambahan dalam melakukan transaksi bisnis dengan Uni Eropa.
Ok, anything else? 
Well, banyak pemimpin negara-negara Uni Eropa yang happy dengan kesepakatan dagangnya, kayak Jerman, Prancis, dan Presiden Komisi Eropa.  Btw, setelah pengumuman brexit, bokapnya Boris Johnson bilang kalau dia bakal pindah kewarganegaraan jadi warga negara Prancis Lols.

For when your trip to Japan last year was cancelled…

Well, let’s hear this JAL Airlines story instead…

Jadi guys, kamu pasti tahu bahwa seiring dengan munculnya si pandemi U-know-what, salah satu industri yang paling terdampak adalah penerbangan. Banyak negara yang menutup perbatasannya hingga menyebabkan mayoritas penerbangan batal dan ujung-ujungnya, banyak pilot dan pramugari yang juga nggak kerja karena nggak ada penerbangan.
Nah setelah berbulan-bulan out-of duty, pas tahun baru kemarin, Japan Airlines aka JAL Airlines membuka kesempatan buat para pramugarinya untuk bekerja sebagai Miko,- julukan buat penjaga kuil agama Shinto. Jadi emang kondisinya, kuil-kuil di Jepang itu banyak yang kekurangan penjaga, dan pihak maskapai kemudian berinisiatif untuk menawarkan para pramugarinya yang emang udah lama nggak bertugas untuk jadi Miko pas tahun baru, di mana kuil-kuil ini biasanya mendapat kunjungan yang lebih banyak dari biasa.
Para Miko yang berminat kemudian bisa daftar lewat perusahaan dan akan diberi pelatihan singkat terkait etika melayani pengunjung kuil dan memastikan dipatuhinya protokol Covid-19. Rencananya, para Miko ini akan bertugas sampe 11 Januari mendatang.

“Jangan lari dari kenyataan,”
Gitu kata Menteri Sosial yang baru, Bu Tri Rismaharini saat mengadakan pertemuan sama anak-anak jalanan di Mojokerto, Jawa Timur weekend kemarin. Bu Risma bilang, anak-anak ini harus berani menerima kenyataan dan jangan lari, apa lagi lari dari kenyataan dan kaburnya ke narkoba. No no…
 
Kalo lari dari kenangan mantan boleh ga bu….

Catch Me Up! Recommendations

If advancing your career is in your 2021’s resolutions, you really have to read this guideline. 

Angel’s Stories

1. Tahun 2020 lalu semuanya terasa beraaaat banget buat aku. Dimulai dari kena pay cut 50% sampe akhirnya di penghujung tahun aku termasuk karyawan yang di-layoff. Rasanya waktu itu sedih banget dan pengen marah sama Tuhan, karena aku benar-benar tulang punggung keluarga. Pas waktu itu tahu aku di-layoff, aku takut-takut cerita ke ibu aku karena yakin banget beliau bakal kecewa. To my surprise, ibu justru semangatin aku dan bilang bahwa beliau justru bangga sama aku, karena kuat sejauh ini menghidupi ibu dan adik-adik aku. Ibu juga masakin aku makanan kesukaanku dan bener-bener bikin aku feels better. You are my angel, mom!
-TS, Jaktim-
2. Saya mendapat pertanyaan yang cukup merefleksikan saya di tahun 2020 oleh Mas Didiet Maulana di sebuah virtual course, “Apakah yg membuat saya bahagia di tahun 2020? “Jawaban saya kebersyukuran! Saya masih bisa bertahan hingga sekarang. Saya masih bisa berkumpul dengan keluarga yang lengkap di saat jumlah kematian meningkat, saya masih bisa makan di saat banyak saudara-saudara kita di luar sana yang kesulitan ekonomi makan saja susah, dan lain lain. Banyak hal yang saya pelajari dari 2020 terutama dengan mengeksplorasi diri saya lagi lebih dalam lagi. Saya sangat berterima kasih banyak CMU terutama bagian Angel’s Stories. Karena dari sanalah saya banyak belajar untuk bersyukur. Terima kasih banyak CMU buat positive vibes-nya
-IMS-
 
3. Selamat tahun baru, CMU! Aku mau cerita dikit nih soal kejadian di akhir tahunku. Jadi minggu kemarin, aku dinyatakan positif Covid-19 :’). Dengan hasil ini, langsung dong aku ngabarin temen-temen kantorku supaya mereka tes juga karena takut tertular. Nah pas tau aku covid ini, bosku langsung care banget dari mulai nanyain kabar terus-terusan sampe ngirimin aku buah, madu, jahe, dll. Aku jadi bersyukur banget punya ibu bos seperti beliau. Sehat-sehat terus ya bu!
-Someone, Kota Kembang-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!