Corona Updates 11 Januari 2021

164

To begin with…let’s start with your Covid-19 briefing…

The cases are adding up quickly, but we’re also seeing hopeful progress from the vaccine. More of it on today’s update. And as always, we start…
 

Nationally… 

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 828.026 kasus, 24.129 meninggal (2,9% dari Terkonfirmasi), dan 681.024 (82,2% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (203.411 kasus), Jawa Barat (96.102 kasus), Jawa Timur (91.609 kasus), Jawa Tengah (90.670 kasus), dan Sulawesi Selatan (35.928 kasus).
  • Sabtu kemarin, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya menetapkan bahwa vaksin virus corona buatan perusahaan asal China, Sinovac halal untuk digunakan. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang pleno yang digelar MUI pada Jumat sehari sebelumnya.
  • Kepo ga guys, kenapa kita beli vaksin Sinovac sebelum ada approval dari BPOM? Nih, nih, Menteri Kesehatan Pak Budi Gunadi Sadikin baru aja ngasih tau alasannya weekend kemarin. Kata Pak Budi, keputusan ini diambil karena emang kondisi global saat ini yang tidak ideal di mana setiap negara berupaya membeli vaksin untuk memvaksinasi at least 70% warganya. Dengan begini, negara-negara kaya udah duluan bayar vaksin sebelum diproduksi dan sampe November 2020 aja, mereka udah ngamanin duluan 4,7 miliar dosis vaksin. Pak Budi bilang, jadi kebayang aja kalo negara berkembang kayak Pakistan atau Bangladesh yang penduduknya ratusan juta dan baru sadar bahwa ada vaksin di bulan Desember, maka mereka bisa jadi harus nunggu 2 tahunan lagi baru dapet vaksin.
  • Mulai hari ini, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat di DKI Jakarta akan diberlakukan. PSBB ini bakal berlaku sejak 11 Januari hingga 25 Januari 2021 and if you want to know more of the details, check it out here.
  • Seiring dengan bertambahnya angka kematian akibat Covid-19, diketahui bahwa sisa petak kuburan di pemakaman umum Tegar Alur, Jakarta Barat, hanya tersisa 400 liang lahad aja. Disampaikan Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati, sisa 400 petak itu diperuntukkan bagi jenazah korban Covid-19 dengan rincian 200 petak untuk jenazah muslim dan 200 petak untuk nonmuslim.
  • Minggu lalu, diketahui bahwa ada 14 tahanan KPK yang terinfeksi Covid-19. Kini, seluruh tahanan tadi tengah menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.
  • Buat kamu yang orang Bogor, kamu perlu tahu juga bahwa kondisi keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Bogor udah terisi penuh 100 persen sejak Rabu minggu lalu. Sementara itu, kapasitas tempat tidur di ruang isolasi rawat inap untuk pasien Covid-19 juga udah terisi 88,8 persen alias terisi 993 orang dari total 1.119 tempat tidur.

 Meanwhile, internationally… 

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 89.711.341 kasus dan 1.928.023 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (22.138.418 kasus), India (10.450.284 kasus), Brazil (8.075.998 kasus), Russia (3.366.715 kasus), dan Inggris (3.026.348 kasus).
  • Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip termasuk kepada jajaran pemimpin dunia yang baru aja mendapatkan suntikan vaksin corona pada Sabtu kemarin di Kastil Windsor. Fyi, guys, keduanya merupakan dua dari 1,5 juta orang di Inggris yang sejauh ini udah divaksin di sana.
  • Meanwhile, Paus Fransiskus II rencananya bakal divaksin minggu depan. Tadi malam juga baru aja beredar berita bahwa dokter pribadinya Paus Fransiskus II meninggal karena komplikasi Covid-19.
  • Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport McMoran Jim Bob Moffett atau James Robert Moffett meninggal dunia karena covid-19. Moffet meninggal di rumahnya, Austin, Texas, pada Jumat kemarin, di usia 82 tahun.
  • Amerika Serikat kembali mencatat rekor untuk penambahan kasus harian virus corona pada Jumat lalu. Berdasarkan perhitungan Universitas Johns Hopkins, AS mencatat hampir 290 ribu kasus baru dalam rentang 24 jam.
  • Pemerintah China memutuskan pemberlakukan lockdown di dua kota di selatan Beijing yaitu Shijiazhuang dan Xingtai di Provinsi Hebei. Lockdown diberlakukan setelah muncul laporan lonjakan penularan virus corona di kedua kota tersebut.
  • Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengumumkan keadaan darurat corona selama sebulan mulai Jumat kemarin hingga 7 Februari di Tokyo dan tiga prefektur lain. Pemberlakuan status darurat ini dikeluarkan setelah kasus virus corona mencapai rekor baru di ibu kota Tokyo mencapai 2.400 kasus baru.
  • Hasil penelitian tahap akhir di Brasil menemukan bahwa vaksin Sinovac memiliki 78% keefektifan dalam mencegah penyebaran virus corona. Meski angka ini jauh di bawah Pfizer maupun Moderna yang efektivitasnya mencapai 95%, namun angka ini masih di atas standar global yang menetapkan bahwa batas terendah efektivitas vaksin covid-19 adalah 50% hingga 60%.