Corona Updates 11 Januari 2021, Kronologis Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Di Kepulauan Seribu, Pendukung Donald Trump Serang Capitol Hill Rabu Kemarin, Burger King Kenalkan Logo Terbaru.

82

Hi there,

What a weekend, what a weekend. So many things happened in the past days and some made us stunned in disbelief. It reminds us time and again that you can really lose your loved ones in one blink of an eye. Without precautions. Our deepest condolences to all the victims of Sriwijaya Air SJ-182. Rest in peace.

To begin with…let’s start with your Covid-19 briefing…

The cases are adding up quickly, but we’re also seeing hopeful progress from the vaccine. More of it on today’s update. And as always, we start…
 

Nationally… 

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 828.026 kasus, 24.129 meninggal (2,9% dari Terkonfirmasi), dan 681.024 (82,2% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (203.411 kasus), Jawa Barat (96.102 kasus), Jawa Timur (91.609 kasus), Jawa Tengah (90.670 kasus), dan Sulawesi Selatan (35.928 kasus).
  • Sabtu kemarin, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya menetapkan bahwa vaksin virus corona buatan perusahaan asal China, Sinovac halal untuk digunakan. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang pleno yang digelar MUI pada Jumat sehari sebelumnya.
  • Kepo ga guys, kenapa kita beli vaksin Sinovac sebelum ada approval dari BPOM? Nih, nih, Menteri Kesehatan Pak Budi Gunadi Sadikin baru aja ngasih tau alasannya weekend kemarin. Kata Pak Budi, keputusan ini diambil karena emang kondisi global saat ini yang tidak ideal di mana setiap negara berupaya membeli vaksin untuk memvaksinasi at least 70% warganya. Dengan begini, negara-negara kaya udah duluan bayar vaksin sebelum diproduksi dan sampe November 2020 aja, mereka udah ngamanin duluan 4,7 miliar dosis vaksin. Pak Budi bilang, jadi kebayang aja kalo negara berkembang kayak Pakistan atau Bangladesh yang penduduknya ratusan juta dan baru sadar bahwa ada vaksin di bulan Desember, maka mereka bisa jadi harus nunggu 2 tahunan lagi baru dapet vaksin.
  • Mulai hari ini, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat di DKI Jakarta akan diberlakukan. PSBB ini bakal berlaku sejak 11 Januari hingga 25 Januari 2021 and if you want to know more of the details, check it out here.
  • Seiring dengan bertambahnya angka kematian akibat Covid-19, diketahui bahwa sisa petak kuburan di pemakaman umum Tegar Alur, Jakarta Barat, hanya tersisa 400 liang lahad aja. Disampaikan Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati, sisa 400 petak itu diperuntukkan bagi jenazah korban Covid-19 dengan rincian 200 petak untuk jenazah muslim dan 200 petak untuk nonmuslim.
  • Minggu lalu, diketahui bahwa ada 14 tahanan KPK yang terinfeksi Covid-19. Kini, seluruh tahanan tadi tengah menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.
  • Buat kamu yang orang Bogor, kamu perlu tahu juga bahwa kondisi keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Bogor udah terisi penuh 100 persen sejak Rabu minggu lalu. Sementara itu, kapasitas tempat tidur di ruang isolasi rawat inap untuk pasien Covid-19 juga udah terisi 88,8 persen alias terisi 993 orang dari total 1.119 tempat tidur.

 Meanwhile, internationally… 

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 89.711.341 kasus dan 1.928.023 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (22.138.418 kasus), India (10.450.284 kasus), Brazil (8.075.998 kasus), Russia (3.366.715 kasus), dan Inggris (3.026.348 kasus).
  • Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip termasuk kepada jajaran pemimpin dunia yang baru aja mendapatkan suntikan vaksin corona pada Sabtu kemarin di Kastil Windsor. Fyi, guys, keduanya merupakan dua dari 1,5 juta orang di Inggris yang sejauh ini udah divaksin di sana.
  • Meanwhile, Paus Fransiskus II rencananya bakal divaksin minggu depan. Tadi malam juga baru aja beredar berita bahwa dokter pribadinya Paus Fransiskus II meninggal karena komplikasi Covid-19.
  • Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport McMoran Jim Bob Moffett atau James Robert Moffett meninggal dunia karena covid-19. Moffet meninggal di rumahnya, Austin, Texas, pada Jumat kemarin, di usia 82 tahun.
  • Amerika Serikat kembali mencatat rekor untuk penambahan kasus harian virus corona pada Jumat lalu. Berdasarkan perhitungan Universitas Johns Hopkins, AS mencatat hampir 290 ribu kasus baru dalam rentang 24 jam.
  • Pemerintah China memutuskan pemberlakukan lockdown di dua kota di selatan Beijing yaitu Shijiazhuang dan Xingtai di Provinsi Hebei. Lockdown diberlakukan setelah muncul laporan lonjakan penularan virus corona di kedua kota tersebut.
  • Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengumumkan keadaan darurat corona selama sebulan mulai Jumat kemarin hingga 7 Februari di Tokyo dan tiga prefektur lain. Pemberlakuan status darurat ini dikeluarkan setelah kasus virus corona mencapai rekor baru di ibu kota Tokyo mencapai 2.400 kasus baru.
  • Hasil penelitian tahap akhir di Brasil menemukan bahwa vaksin Sinovac memiliki 78% keefektifan dalam mencegah penyebaran virus corona. Meski angka ini jauh di bawah Pfizer maupun Moderna yang efektivitasnya mencapai 95%, namun angka ini masih di atas standar global yang menetapkan bahwa batas terendah efektivitas vaksin covid-19 adalah 50% hingga 60%.

For when you’ve been #PrayingforSriwijayaAir…

We know it’s heart breaking. Here’s what we know so far:

TELL ME.
First, Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak (SJ 182) hilang kontak pada Sabtu (9/1) kemarin jam 14:40 WIB (4 menit setelah take-off).  Pesawat berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Bandara Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat. FYI, jenis pesawatnya adalah pesawat Boeing 737-500, dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu.
Ada berapa orang penumpangnya? 
Totalnya ada 62 orang, which includes: 12 awak kabin, 40 penumpang dewasa, 7 penumpang anak-anak, dan 3 bayi.  Menurut Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Irwin Jauwena, seharusnya pesawat take-off jam 14:30, tapi ada delay 30 menit pas boarding gara-gara hujan deras.
Terus…
Berdasarkan data dari Flightradar24, ga lama setelah terbang, pesawat kemudian berhenti di sekitar 11 mil laut dari Bandara Soekarno-Hatta, sekitar Kepulauan Seribu.  Menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, pesawatnya terakhir kontak sama Jakarta Approach Terminal Control (ATC) Area pada pukul 14:37 WIB saat berada di ketinggian 1.700 kaki.  Pesawatnya diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki tapi pesawatnya nggak ke arah sesuai jalurnya, malah ke arah barat laut.  Terus, pihak Air Traffic Control (ATC) menanyakan pada pilot mengenai arah terbang pesawat, namun dalam hitungan detik, pesawatnya hilang dari radar.
:'( 
Yea.  Dalam keterangan pers pada Sabtu (9/1), Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional (Basarnas) Bambang Suryo Aji bilang kalau mereka telah menemukan beberapa serpihan yang diduga adalah serpihan pesawat SJ 182. Abis itu, TNI AU kemudian segera  menyiapkan helikopter dan pesawat untuk membantu pencarian pesawat SJ 182. Hari itu, KNKT bilang bahwa titik koordinat jatuhnya pesawat udah diketahui.
 
Di mana?
Di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Emang nggak lama setelah pesawat hilang kontak, ada beberapa saksi mata nelayan yang mengaku melihat pesawat jatuh dan mendengar ledakan. Abis itu, tim SAR gabungan kemudian mendatangi lokasi untuk melakukan pencarian.
 
Terus, ada yang ketemu?
Yep, menurut Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito, udah ditemukan beberapa serpihan pesawat dan jasad korban, yang bakal ditindaklanjuti oleh KNKT dan DVI (Disaster Victim Identification).  Terus, Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta udah menerima 7 kantong jenazah dan 21 sampel DNA terkait kecelakaan pesawat tersebut.  Proses identifikasi jenazah bakal dimulai pada Senin (11/1). Selain itu, mereka udah menemukan sinyal black box dari pesawat SJ 182, jadi lagi menyiapkan alat-alat untuk mencari black box tersebut.
I see, keluarga korbannya gimana? 
Menhub meminta Sriwijaya Air dan Jasa Raharja untuk memenuhi hak keluarga korban berupa santunan.  Keluarga korban bakal menerima santuntan based on Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 15/PMK.010/2017 yang menjelaskan bahwa ahli waris dari penumpang yang meninggal akibat kecelakaan udara berhak menerima santunan sebesar Rp50 juta.
Anything else? 
Pihak Boeing (pabrik pesawat yang berasal dari Amerika Serikat) bilang kalau mereka sedang mengumpulkan informasi terkait kecelakaan SJ 182.  Mereka juga sudah menghubungi pihak Sriwijaya Air untuk memberikan dukungan dan bantuan terkait kecelakaannya.

And also, here is your update on the Capitol Hill attack…

We know, we know…
Some of you might be waiting for this. So here is your update on Capitol Hill attack, from A to Z…
 
Yes please….
Ok. Jadi gini guys, minggu lalu itu, di Hari Rabu waktu setempat, Gedung Capitol Hill aka Gedung DPR-nya Amerika Serikat diserang sama pendukung Trump.
Kayak back to Jakarta, 1998 yha…
Rite. Almost pretty much the same scene, but for a totally different reason. Kalo yang dulu itu untuk minta presiden turun, maka yang di Capitol Hill justru untuk mendukung presiden yang….nggak kepilih lagi. AKA Presiden Trump.
 
OK jadi gimana gimana.
Jadi sesuai jadwal, Hari Rabu kemarin itu, kongres mengadakan rapat gabungan (kayak rapat paripurna di DPR kita) untuk meresmikan hasil pilpres AS yang digelar pada November lalu. A little flashback here, jadi, kan udah tuh, suara tiap negara bagian diitung dan diresmikan, terus suaranya dikumpulin ke para electors untuk diresmikan secara nasional pada Desember lalu, nah itu udah juga. Selanjutnya, hasil peresmian tadi diserahkan ke kongres untuk diresmikan. Abis dilakukan voting dan peresmian hasil oleh kongres, baru deh, Biden-Harris dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Januari besok. Jadi gitu guys proses pemilunya.
 
I see….
Nah yaudah kan, sesuai jadwal, proses selanjutnya adalah para anggota kongres bersidang di Capitol Hill-nya untuk melakukan vote countinghearing, dan peresmian atas hasil pilpres. Yha kalo ada protes-protes dikit sok aja juga, cuma emang udah yakin banget, hari itu Biden-Harris bakal dapet lampu ijo dari kongres. Sidang ini dipimpin sama wakilnya Trump sendiri, Mike Pence. Kenapa Pence jadi pemimpin sidang? Yha karena aturan dari sananya gitu guys. Sidang pilpres dipimpin oleh wapres yang tengah menjabat.
 
Terus…
Yha terus Trump muncul and he’s like…Tak semudah itu, Joe!
Lol bukan Fergusso lagi ya…
Ya bukan, tapi Joe Biden. Jadi awalnya nih, awalnya banget, pada waktu yang bersamaan sama sidangnya kongres, Trump menggelar pawai sekalian kumpul-kumpul sama para pendukungnya di depan White House. Dalam pidatonya yang berlangsung sekitar 70 menit, Trump menyampaikan bahwa dia bete sama Pence dan pengen para pendukungnya untuk berkumpul di National Mall (like depan Semanggi, aka deket banget sama gedung kongres) untuk memprotes hasil pemilu yang disebutnya “stolen”. Trump juga menyerukan, “Kita akan merebut kembali the Capitol dan akan berjuang dan akan mendukung para wakil rakyat yang mendukung kita, dan kita bakal jalan bareng dari Penn Ave aka Semanggi…” tapi “kita” as in para pendukungnya aja. Trump sendiri balik ke White House dan nggak ikut sama para pendukung pawai ke Capitol Hill.
 
-_______-
Nah kira-kira sejam abis seruan Trump tadi, peringatan keamanan dikirimkan ke Capitol Hill dan gedung itu langsung di-lockdown. And then, as you see so much on the media, para pemrotes ini kemudian memaksa masuk ke gedung kongres dengan memecahkan kaca dan mendorong penjaga keamanan. Mereka masuk, foto-foto, nyamperin ke kantor anggota kongres, sampe duduk di kursi pimpinan sidang XD. Rata-rata para pemrotes ini pake topi MAGA aka Make America Great Again, bawa bendera Confederate (it’s another long story guys, let us know if you’d like some US history recap?? pssst just tweet us!)…and a pretty much weird outfit
 
Good lord…how’s the people inside doing?
Well, sidangnya sendiri langsung ditunda dan para anggota kongres langsung dievakuasi sama para petugas keamanan, termasuk wapres  Mike Pence sendiri. Aparat keamanan tambahan kemudian diterjunkan dan mereka akhirnya berhasil mengamankan kompleks Gedung Capitol Hill sekitar jam lima sore waktu setempat. Selain itu, petugas keamanan juga berhasil menangkap 52 orang perusuh. Selanjutnya, sidang kongres tetap dilanjutkan lagi dan berakhir dini hari dengan hasil pilpres yang akhirnya disahkan juga.
 
Any victims?
Oh yea there are. Jadi sejauh ini ada lima orang yang tewas, di mana ada satu petugas keamanan yang meninggal, dan empat sisanya adalah peserta protes. Mereka datang dari berbagai negara bagian AS dan emang aktif menghadiri pawai Pro-Trump.
 
I also heard things about….Twitter.
Yep, jadi as you probably already know, akun Twitternya Trump di-suspend secara permanen karena ada resiko menyerukan kekerasan lagi. Jadi awalnya, pas Hari H rame-rame itu, Trump ngetwit video dirinya yang menyebut bahwa pemilunya curang. Dia juga meminta para pendukungnya untuk pada pulang dan mereka itu spesial. Abis twit itu, akunnya Trump disuspend selama 12 jam. Nah abis suspend-nya berakhir, Trump cuma ngetwit dua kali. Pertama, berisi pujian buat para pendukungnya yang berani, dan kedua, pengumuman bahwa dia nggak akan menghadiri pelantikannya Biden nanti.
 
OMG the drama…
Yep dan nggak cuma di Twitter, namun Facebook dan Instagram juga nge-ban akun Trump sampe batas waktu yang tidak ditentukan. Selain itu, Google juga ikut menarik aplikasi media sosial “Parler” dari Google Playstore gara-gara aplikasi tersebut diduga jadi media komunikasi para pendukung Trump untuk mengancam keamanan.
I seeeeee, and? 
Well, setelah kongres tetap mengesahkan hasil pemilihan Presiden AS, Trump akhirnya bilang kalau dia bakal meninggalkan Gedung Putih dan bakal melakukan transisi yang ‘tertib’. Melalui akun media sosialnya Gedung Putih, Trump akhirnya bilang Even though I totally disagree with the outcome of the election, and the facts bear me out, nevertheless there will be an orderly transition on January 20th.  Setelah itu, Wakil Presidennya, Mike Pence juga mengakui kemenangan Joe Biden.
Now what’s next? 
He can’t getaway that easy, obviously. Gara-gara riot kemarin, anggota kongres dari Partai Demokrat berencana untuk mengajukan usulan pemakzulan (impeachment) terhadap Trump hari ini. As for Biden, beliau menyebut bahwa yha bagus aja kalo Trump nggak dateng ke inagurasinya, karena tu orang udah malu-maluin negara. Nggak cocok jadi presiden. Gitu katanya.

Who’s just got a new identity?

Burger King.
Yep, fast food chain asal Amerika Serikat itu pada minggu lalu baru aja memperkenalkan logo barunya kepada publik. Jadi sebenernya sih nggak banyak yang berubah dari logo baru ini, di mana BK cuma menghilangkan setengah lingkaran warga biru yang merupakan bentuk khas dari logonya. Sekarang, logo BK berwarna oranye-merah dengan font buatan custom bernama “flame”. Jadi font ini emang dibuat sengaja untuk merepresentasikan makanan-makanan di BK yang “bulat, berani dan enak.”
FYI guys, ini adalah penggantian logo yang pertama sejak logo lama digunakan dalam 20 tahun terakhir. Rencananya, logonya akan mulai digunakan juga pada pembungkus makanan, minuman, hingga seragam para karyawannya. Yha tapi most likely sih kamu nggak akan bisa melihat logo ini di Indonesia dalam waktu dekat, karena dengan sekitar 19 ribu restoran di seluruh dunia, implementasi dari logo baru ini bakal berlangsung selama beberapa tahun ke depan.

 
Now who’s thinking of Whopper for breakfast??

“How strange… now back to work.”

Gitu isi twitnya bos Tesla Elon Musk pas ngerespons Twit dari netijen soal keterangan bahwa Elon baru aja dinobatkan sebagai orang paling tajir di dunia versi Bloomberg. Elon naik ke posisi ini setelah ngegeser orang di posisi sebelumnya, Bos Amazon Jeff Bezos.

Belum setajir Elon Musk? Now back to work…

Catch Me Up! Recommendations

Just a bunch of sweet royal photos to get you through Monday. Or anytime of the week. You’re welcome.

A thank you note…

Terima kasih buat si cantik Uhuy, Ronce, Fanni Irsanti & Mas Trias (We owe you big time!!! 😆😆) Andi R, MM, Mew yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Jadi ceritanya kemarin aku ngajarin temenku nyetir. Nah of course dia akan nyetir pelan banget banget kan ya. Udah beberapa kali puteran, dia mulai lancar nih. Terus aku bilang, coba deh lebih kenceng dikit. Pas dia udh berani nge gas. Tiba-tiba ada dua anak kecil usia sekitar 9-10 tahun lagi naik sepeda dan berhenti gitu aja di tengah jalan. Langsung dong temenku ini panik dan ngerem mendadak. Untungnya something bad didn’t happen. Aku udah hampir ngomel dan gajadi begitu ngeliat ternyata dua orang anak ini berhenti di tengah jalan karena lagi nyebrangin kakek-kakek tua yang nyebrang sendirian. Kakek ini jalannya kan memang pelan banget, dan anak-anak ini bantu supaya si kakek bisa nyebrang dengan nyaman dengan berhenti di tengah jalan. Ya ampun those kids are so incredible.
-Sha-Kota yang Bikin Kangen-
2. Tahun baru kemarin aku nganterin barang ke temen aku. Barang ini dibelinya via online udah lama cuma ga dikirim karena ongkos kirim yang mahaaaal banget dari Kota Makassar ke Jakarta. Terus yaudah karena aku lagi di Makassar dan mau ke Jakarta, temen aku nitip sekalian. Aku ke rumahnya kan, nganterin barang daaan ibunya temen aku ngasih aku sepatu lucuuu banget yang baru dibeli (online shopping) tapi sama dia ga muat dan di kaki aku pas banget. Ga cuma itu, aku juga diajakin jalan quality time bareng keluarganya ke Bogor. Niat gue cuma mau temu kangen dan nganterin barang, dibalas sama dia banyaak banget. T.T
-R, UPG-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!