China Tolak Kedatangan Peneliti Covid-19 Dari PBB

30

For when you’re stuck in transit…UN scientists can relate. 

 
What happened?
Jadi baru-baru ini, diketahui bahwa China menolak kedatangan para peneliti dari PBB yang akan meneliti terkait asal mula ditemukannyaa wabah Covid-19. Hal ini disampaikan sama Direktur WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi persnya Selasa lalu.
 
HAH beneran?
Yep, beneran. Kata Mr. Tedros, jadi awalnya tuh ada dua orang peneliti dari PBB yang udah berangkat dari negara asalnya ke Wuhan, China untuk melakukan investigasi. Namun mereka nggak dikasih masuk sama otoritas China, padahal PBB udah kontekan sama pihak China soal kedatangan ini. Terkait insiden ini, Tedros pun bilang bahwa dia kecewa banget….
 
I can imagine the feeling…
Rite. Nah, ditambahkan oleh executive director program health emergencies-nya WHO dr. Michael Ryan, memang ada masalah sama visa dari dua orang scientist jadi. Jadinya, satu peneliti udah langsung balik lagi ke negaranya, sedangkan yang satu lagi masih nunggu sambil transit di negara lain.
Emang penelitiannya harus di China banget?
Iya beb, karena kan virusnya awal mula terdeteksi di sana. Jadi emang WHO udah kontekan dari awal sama pemerintah China untuk ngasih izin ke peneliti-penelitinya supaya bisa berkunjung ke lokasi-lokasi penting di di Wuhan. Penelitian ini dilakukan atas permintaan dari 100 negara yang sepakat untuk mengadakan penyelidikan independen atas China. Terkait insiden ini, Dr. Ryan dan tim peneliti berharap permasalahan visanya cuma masalah birokrasi aja dan pihaknya bakal menunggu sampai masalahnya bisa segera diatasi.
Terus, ada keterangan dari pihak China gak?
Ada. Menurut Jubir Kemlu China Hua Chunying, China justru “selalu terbuka, transparan dan mempunyai sikap yang bertanggungjawab” kok, dalam menyelidiki asal usul virus corona.  Dia juga bilang bahwa selama ini, China udah beberapa kali menyambut ahli-ahli WHO di negaranya dan kedua pihak juga udah saling interaksi melalui empat rapat online antara Oktober dan Desember 2020.
 
Got it. Anything else I should know?
Well, actually since the pandemic first appeared, China has been in the hot water karena dianggap nggak melaporkan pandemi ini sejak awal ke komunitas internasional sehingga bikin wabahnya keburu menyebar kayak sekarang. Seruan datang paling kenceng dari Amerika Serikat, di mana presiden Trump berkali-kali bilang bahwa “China virus” ini datang dari China dan pemerintah di sana terlalu ngegampangin penyebarannya sampe yha udah telat.