Calon Kapolri Listyo Sigit Utarakan Visi dan Misi Bersama Komisi III DPR RI, Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris Digelar Di Capitol Hill, Diduga Hilang Sejak Oktober 2020 Jack Ma Muncul Di Video Stasiun Berita China, Netflix Ungkap Layanannya Tembus Sampai 200 Juta Pelanggan.

116

Good morning!

It’s a new day. For you, for us, and for some people that just…got a new, big, powerful position. As a president, like Biden, or as a police chief, like Komjen Listyo Sigit. We’ll talk more about it today. Now scroll down…

Who’s just thiiiiiis close to get the promotion?

Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Who’s he?
Well, he’s currently Kepala Bareskrim aka Badan Reserse Kriminal Polri. Namun bentar lagi banget ni guys, Komjen Sigit bakal naik jadi Kapolri, setelah pencalonannya disetujui Komisi III DPR RI.
Background please. 
Ok. Jadi kan Kapolri sekarang, yaitu Jendral Idham Azis, udah mau pensiun, jadi harus ada penggantinya. Nah, setelah muncul berbagai nama sejak awal Januari lalu, akhirnya Presiden Jokowi mengajukan usulan calon tunggal Kapolrinya ke DPR, yaitu Komjen Listyo Sigit Prabowo. FYI, beliau ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolda Banten, Kapolres Surakarta, dan di tahun 2014, sebagai ajudannya Pak Jokowi.
Go on…
Nah udah kan, namanya diajukan sama Pak Jokowi ke DPR, terus sama Komisi III DPR RI yang ngurusin soal hukum dan HAM, beliau diproses untuk di-fit and proper test. Nah jadi deh, Fit and proper test-nya kemarin. Dalam kesempatan itu, beliau ngejelasin mau ngapain aja kalo jadi Kapolri, terus rencana-rencananya itu ditanya-jawab sama anggota DPR.
Nice. Terus gimana proses Fit and Proper Testnya?
Well, jadi tesnya itu berlangsung selama empat jam, yang dimulai dengan Komjen Sigit mempresentasikan visi dan misinya sebagai calon Kapolri. Terus, beliau came up dengan konsep “Presisi”, yang merupakan kepanjangan dari Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan. In a nutshell, Komjen Sigit bilang bahwa dia pengen bikin polisi jadi lembaga yang memenuhi harapan rakyat dengan berorientasi pada kepentingan masyarakat, berbasis hukum, menghormati HAM, dan mengawal proses demokrasi.
Dude, anything specific?
Yha banyak. Misalnya dalam presentasinya kemarin, Komjen Sigit bilang bahwa nantinya, salah satu yang bakal jadi fokus beliau sebagai Kapolri adalah moderasi beragama untuk mencegah paham radikalisme. Caranya dengan kerjasama bareng tokoh-tokoh agama, organisasi masyarakat (ormas), tokoh masyarakat (tomas), juga komunitas sipil. Komjen Sigit juga bilang, pihaknya bakal memberi peluang buat lulusan pesantren yang mau jadi polisi. Karena yhaa Polri butuh juga, polisi yang bisa ngaji dengan baik dan hapal Quran.
WOW.
Yep, he also said that nantinya,nggak bakal ada lagi polisi lalu lintas (Polantas) yang menilang di lapangan. Dengan begini, Polantas bisa fokus ke mengatur lalu lintas, bukan menilang kendaraan bermotor. Beliau bilang, langkah ini akan ditempuh demi menghindari potensi penyimpangan personel ketika menjalankan tugas di lapangan. This doesn’t mean that kita nggak bakal kena tilang gengs, karena bakal ada mekanisme tilang elektronik aka Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE).
Terus terus…
Komjen Sigit juga bilang bahwa nantinya, ngurus SIM dan STNK bisa online, jadi kamu nggak perlu ke kantor polisi. Beliau juga punya impian supaya kalo polisi tugas di masyarakat itu udah nggak perlu bawa pistol, di mana hal ini bisa terwujud kalo kepercayaan masyarakat terhadap polisi makin tinggi. Selanjutnya, beliau juga memastikan bahwa Polri bakal menindaklanjuti rekomendasi Komnas HAM soal kasus Km 50 Tol Jakarta-Cikampek yang menewaskan enam anggota laskar FPI and finally…pokoknya polisi ga boleh arogan, ga boleh suka ngambil pungli, gaboleh kasar, galak, tebang pilih kasus, karena hal-hal gini nih, yang bikin polisi dibenci masyarakat…
Good to know. Terus hasilnya gimana?
Yha disetujui dong. Jadi kemarin, seluruh fraksi di DPR menyetujui Komjen Sigit sebagai Kapolri baru. Next step-nya, DPR hari ini bakal menggelar sidang paripurna untuk  menyetujui pemberhentian dengan hormat Pak Idham Azis sebagai Kapolri, dan pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri baru. Abis itu, beliau tinggal dilantik sama Pak Jokowi deh.
Anything else? 
Well, dalam menjalani fit and proper test di gedung DPR ini, Komjen Sigit dianterin sama Kapolri yang saat ini menjabat, Jenderal Idham Azis. Kata Pak Idham, langkahnya ini merupakan tradisi baru yang dilakukan untuk ngasih pelajaran pada generasi Polri bahwa pergantian kepemimpinan itu suatu keniscayaan. Selain itu juga untuk ngasih gambaran bahwa regenerasi Polri berjalan dengan baik dan mulus.

Who’s just moved in to the White House?

Joe Biden and Kamala Harris.
Is it official? 
Yep, karena semalam, aka Rabu waktu setempat, Biden dan Harris baru aja resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat.
Whooaaaaa huge.
Rite. Jadi pelantikannya ini biasa, digelar di Capitol Hill dan dihadiri oleh hadirin hadirot dengan tetap mempraktekkan social distancing. Nampak di antara para tamu ada mantan presiden sebelumnya dari mulai George W. Bush, sampe wakil presiden Mike Pence. Meanwhile, Presiden Donald Trump nggak menghadiri pelantikan dan udah langsung otw dari White House ke resortnya di Mer-a-Lago, Florida.
OK tell me more about the inauguration.
Jadi acara pelantikan ini dibuka sama Senator Amy Klobuchar saying, “This is the day democracy picks itself up.”  Then, Senator lainnya yaitu Roy Blunt juga ngasih kata sambutan dan bilang kalau upacara ini adalah cara menyatukan Amerika Serikat setelah penyerangan terhadap Gedung Capitol minggu lalu. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan Star Spangled Banned yang sama Lady Gaga.
Terus terus? 
Abis itu, Wakil Presiden Kamala Harris ambil sumpah, dan udah resmi nih, beliau jadi cewek pertama, cewek non-white pertama, cewek keturunan Asia Selatan pertama, yang jadi Wakil Presiden AS.  Harris disumpah oleh hakim Mahkamah Agung keturunan Amerika Latin pertama di AS, Sonia Sotomayor. Dalam pengambilan sumpahnya itu, Harris menggunakan dua Alkitab, yang pertama punya teman keluarganya, Regina Shelton yang udah dia anggap sebagai ibunya sendiri, dan Alkitab kedua milik Thurgood Marshall, tokoh  African-American pertama yang menjabat di Mahkamah Agung di AS.
Cool…
Abis itu, acara dilanjutkan dengan aktris Jennifer Lopez yang menyanyikan lagu “America the Beautiful” yang lanjut ke acara utama, yaitu pengambilan sumpahnya Joe Biden. Biden sendiri disumpah oleh Ketua Hakim Mahkamah Agung, John Roberts, dengan menggunakan Alkitab milik keluarganya. FYI, ini adalah Alkitab yang sama ketika dia disumpah sebagai Wakil Presiden AS dulu.
OK…
Nah abis disumpah, Biden kemudian menyampaikan pidatonya, dan beliau bilang bahwa “This is America’s day”. Dalam kesempatan itu, Biden juga bilang bahwa banyak yang harus diperbaiki, banyak yang harus disembuhkan, banyak yang harus dibangun, dan banyak yang bakal didapat. Beliau juga berjanji bakal jadi presiden untuk ‘semua warga Amerika Serikat’, dan saat ini, fokus utamanya banget adalah untuk menyatukan kembali warga AS.
Got it…
Dalam kesempatan pelantikan itu, Biden juga mengheningkan cipta untuk korban Covid-19 di negaranya yang udah mencapai 400 ribu orang. Terkait pandemi ini, Biden juga bilang bahwa coronavirus telah secara diam-diam men-stalk negaranya dan menyebabkan korban yang lebih banyak daripada perang dunia pertama.
Terus…
Terus yhaaa Biden mengunjungi Taman Makam Pahlawan Arlington untuk menyampaikan penghormatan pada para pahlawan yang udah meninggal, dan abis itu acara pelantikan berakhir. Terus Biden juga udah mengirimkan twit pertamanya sebagai presiden. It says, “There is no time to waste when it comes to tackling the crises we face. That’s why today, I am heading to the Oval Office to get right to work delivering bold action and immediate relief for American families.”
So…where are going we from here?
Well, Biden terus otw ke White House untuk mulai…ngantor. Adapun beberapa kebijakan yang katanya sih bakal langsung beliau ttd adalah soal AS yang bakal ikutan lagi Paris Aggreement (YEAY!), pengumuman kabinet, kebijakan terkait Covid-19,  hingga pembatalan executive order soal larangan masuknya warga Muslim dari beberapa negara ke AS.
Udah gapake handover ya beb…

Who’s finally showed up in public?

Finally guys, Jack Ma. Pendiri Ali Baba.
Wah! 
Yep. Jack Ma yang kemarin-kemarin diduga “hilang” sejak Oktober 2020, muncul lagi kemaren banget gengs. Catch Up! more on his disappearance, here
Muncul di mana?
Online. Jadi kemarin itu, doi akhirnya muncul di video yang di-publish stasiun berita China, Tianmu News. In that video, Jack Ma menyampaikan pesan buat guru-guru di daerah pedesaan China, dalam kegiatan filantropinya. FYI, Tianmu News adalah anak perusahaan dari koran pemerintah provinsi Zhejiang, provinsi dimana Alibaba berdiri, di Hangzhou.
So, he’s in Hangzhou? 
Sepertinya begitu.  Menurut keterangan dari the Jack Ma Foundation, Jack Ma abis memberikan penghargaan online buat guru-guru yang tergabung dalam “The Rural Teacher Initiative” yang merupakan inisiasinya. Fyi, sebagai mantan guru Bahasa Inggris, Jack Ma emang menjadikan pendidikan sebagai fokus dari yayasan amalnya.
Terus terus…
Nah dalam video itu, Ma menyampaikan permintaan maafnya karena nggak bisa ngasih penghargaan langsung, due to the pandemic. Ma juga bilang, “We’ll meet again after the epidemic is over”, dan menurut keterangan dari perusahaan, videonya ini diambil di sebuah SD di Hangzhou pada awal bulan ini. FYI, total durasi videonya 50 detik.
Ok anything else? 
Sejak video ini muncul, saham Ali Baba yang listed di Hong Kong langsung naik lebih dari 9 persen pada Rabu (20/1). Kenaikan saham ini adalah kenaikan paling bagus sejak Juli tahun 2019.

Who’s making a lot of $$$ in 2020?

Netflix.
Yep guys, kind of expected, right? Jadi dalam laporan keuangannya yang disampaikan Selasa lalu, Netflix menyampaikan bahwa per tahun 2020, layanannya udah menembus 200 juta pelanggan di seluruh dunia. Netflix juga melaporkan bahwa jumlah tersebut naik sebanyak 31% dibanding tahun sebelumnya, dan dengan angka ini, Netflix juga meraup kenaikan keuntungan hingga 21%.
Seiring dengan perkembangan ini, maka per tahun 2021, Netflix rencananya bakal bisa breakeven guys, alias balik modal. Artinya, Netflix udah nggak perlu lagi mengumpulkan modal dari pihak eksternal (aka investor) buat menjalankan bisnisnya.
Namun, meski untung banyak di tahun lalu, Netflix juga meng-address soal munculnya kompetisi yang ketat dari banyak servis streaming lain yang bermunculan kayak NBCUniversal’s Peacock, Discovery+, HBO Max, sampe Disney+ yang juga baru aja mencapai 80 juta pelanggan. Terkait perkembangan ini, Netflix dalam keterangan resmi perusahaannya menyampaikan bahwa strateginya adalah untuk teteup aja meningkatkan kualitas, hingga bisa jadi pilihan utama para pelanggan. Kata Netflix, strategi ini terbukti dengan pencapaiannya di tahun 2020 kemarin.

“Diharapkan ke depan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Polri semudah memesan pizza,”

Gitu kata calon Kapolri baru, Komjen Listyo Sigit Prabowo saat menjelaskan soal programnya kalo jadi Kapolri nanti, yang bakal mempermudah akses masyarakat untuk mendapat pelayanan dari polisi. Kata Komjen Sigit, beliau mau bikin layanan darurat kepolisian atau hotline dengan pemberlakuan nomor tunggal secara nasional supaya polisi dapat merespons lebih cepat aduan masyarakat.
OK Pak bener yhaaa…

Catch Me Up! Recommendations

Need a $$$ advice to save money better this year? Check this out. 

A thank you note…

Terima kasih buat Rahmia & Ritchie G, yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Lari pagi udah jadi kebiasaan untuk mengawali hari supaya berpikir lebih jernih, dan biasanya aku lari sekitar Senayan-Sudirman-Thamrin. Sambil lari kadang mungkin kalian juga melihat banyak kucing yang sedang duduk diam nungguin alias tidak takut dengan pejalan kaki di trotoar jalan-jalan tersebut. Coba sekali bermain dengan kucing-kucing itu, entah kamu yang juga takut kucing. Mereka nggak galak sama sekali. Justru, mereka nunggu ada yang ngajak main, ngelus, dan ngasih makan HAHA. Biasanya mereka akan expect dikasih makan, tapi kalau diperhatiin makin banyak pecinta kucing pejalan kaki dan kadang pelari yang bawa makanan kucing dan dikasih ke mereka. Jadi, cobalah main-main dengan mereka, elus-elus, atau kasih makan, to bright up your day.
-Si hobi lari di Sudirman-
2. Kalo perasaan hati lagi ga enak, coba deh berbagi…meskipun itu hanya hal kecil karena bakal kerasa banget impact-nya, impact ke ketenangan batin dan tau-tau rejekinya nambah aja gitu.
-Kika-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!