Vaksin Covid-19 Belum Bisa Diberikan Secara Gratis Di Indonesia

120
For when you loveeeee free stuff…Aren’t we all?

Tru. Pokoknya apapun yang gratis-gratis itu menyenangkan, namun ternyata, vaksin Covid-19 ga gratis guys. Fix.
YAH SEDIH.
Tos. Jadi kemarin, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa nantinya nih, kalo vaksinnya udah ada, maka skema pembagian vaksinnya ada dua, yakni yang gratis dan mandiri aka bayar.
 
Kenapa nggak digratisin semua?
Kalo menurut Bu Siti Nadia sih, vaksinnya belum bisa diberikan gratis ke seluruh masyarakat karena masih ada kebutuhan anggaran untuk sektor lain, kayak bansos *uhuk*, pendidikan, hingga pelayanan kesehatan kayak operasi, perawatan penyakit kanker, dll. Bu Siti Nadia juga menyebut bahwa anggaran untuk mengatasi covid-19 udah banyak yang terserap karena pemerintah butuh $$$ untuk berbagai fasilitas dan akses kesehatan covid-19, kayak alat-alat pelindung diri, ventilator, relawan, testing, etc.
🙁
Tenang guys, ada kemungkinan skema vaksinasinya bisa berubah, kok. Hal ini karena pemerintah masih dalam tahap awal dan menunggu keputusan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) tentang izin darurat vaksin dari Sinovac, perusahaan China. FYI, per Minggu (6/12) kemarin,1,2 juta dosis kandidat vaksin Sinovac udah dateng di Indonesia.
 
Oh yeah I heard about that.
Rite. Nah soal vaksin ini, senada dengan Bu Siti, Menteri BUMN Erick Thohir juga bilang bahwa vaksinnya nggak bakal gratis karena mempertimbangkan kondisi keuangan negara.  Menurutnya, sejauh ini APBN yang terserap untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) udah sekitar Rp695,2 triliun, jadi ya nggak cukup untuk vaksin gratis.
Did anyone object? 
Yes, khususnya para ahli kesehatan, salah satunya adalah epidemiolog Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman. Beliau menyebut bahwa kalo emang mau bikin vaksinnya bayar, maka pemerintah harus mencabut dulu status covid-19 sebagai bencana nasional, karena dalam aturan yang ada jelas bahwa kalo lagi kondisi bencana/pandemi, berarti vaksinnya harus ditanggung oleh pemerintah.
I see, anything else? 
Well, terkait vaksin ini, banyak negara yang memutuskan untuk menggratiskan vaksin Covid-19, seperti Australia, Hong Kong, Selandia Baru, Belgia, Jepang, dan India.  Kemarin, Singapura juga baru aja mengumumkan kalau mereka bakal ngasih vaksin gratis untuk seluruh warganya. Pake vaksin apaaa? Kalo Singapur sih baru aja meng-approve penggunaan vaksin dari Pfizer-BionTech.
Bye, we’re moving to Singapore.