Terinspirasi Dari Rohingya Sesame Workshop Kenalkan Karakter Baru

135
For when you need some cuteness to start your day…

Meet:  the first ever Rohingya Muppets: Noor and Aziz. 
Yep, cute banget guys, jadi kemarin, lembaga produksi hiburan non-profit, yang menciptakan Sesame Street, yaitu Sesame Workshop, baru aja memperkenalkan dua karakter baru mereka yang terinspirasi dari Rohingya muppets yaitu Noor dan Aziz. Keduanya disebut berumur enam tahun, saudara kembar, dan lahir di kamp pengungsian Rohingya. Keduanya juga bakal mulai muncul di acaranya Sesame Street yang berbahasa Rohingya, barengan dengan karakter Sesame Street lainnya yang udah terkenal kayak Elmo.
Terus, kok bisa muncul karakter ini?
Well, for you who are not familiar with Rohingya refugee crisis, kamu perlu tahu bahwa saat ini, ada lebih dari 800 ribu pengungsi Rohingya yang tinggal di refugee camps di Cox Bazaar, Bangladesh karena mereka terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya di Rakhine State, Myanmar untuk menghindari berbagai aksi kekerasan dan pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok militer Myanmar. Nah, mayoritas dari pengungsi ini adalah anak-anak. Karenanya, karakter Noor dan Aziz ini diciptakan untuk materi edukasi sekaligus bermain buat anak-anak pengungsi Rohingya yang terpengaruh banget sama konflik di negaranya dan Covid-19.
FYI guys, inisiatif ini bukan inisiatif pertama yang dilakukan Sesame Workshop, sebelumnya udah ada inisiatif serupa, kayak menciptakan tayangan “Sesame Street” dalam bahasa Arab yang diperuntukkan bagi anak-anak pengungsi di Suriah.
 
Want to meet Noor and Aziz? Here.