Pilkada Serentak 2020 Digelar Bersamaan 270 Daerah

24
For when Pilkada Serentak is tomorrow and you’ve been told to vote… 

Yea I will. Wazap?
Big day tomorrow. Kalo daerahmu bakal menggelar pilkada, just a gentle reminder to use your rights. Also on that, rencananya Personel Mabes Polri aka polisi juga bakal turun ke lapangan untuk ‘membujuk’ masyarakat supaya ikutan milih di Pilkada 2020.
 
Interesting, why?
Well, menurut Asisten Operasi Kapolri Irjen Imam Sugianto, personel polisi bakal mengajak warga untuk ke tempat pemungutan suara (TPS) demi meningkatkan partisipasi masyarakat. Alasannya, polisi mau mendukung KPU dalam upayanya mencapai target partisipasi pemilih sebanyak 77,5 persen.
I see…
Nah selain untuk ‘membujuk’ warga untuk nyoblos, personel satuan Brimob dan Samapta Nusantara juga bakal bertugas untuk pengamanan, khususnya di daerah rawan pilkada. Totalnya, bakal ada 3.400 personel yang akan bertugas selama Pilkada berlangsung.
 
Tell me again about this Pilkada Serentak 2020.
OK. Pilkada 2020 ini bakal digelar barengan di 270 daerah. Adapun pemilih yang udah terdaftar ada seratus jutaan orang, dan sebenernya karena lagi pandemi, banyak dari masyarakat yang meminta supaya Pilkada ini ditunda. Tapi pemerintah memutuskan untuk lanjut terus and well, here we are. 
Terus gimana?
Just…. be very careful. Pas kamu ke TPS besok, jangan lupa untuk selalu mempraktekkan prokes dan jangan ngumpul-ngumpul. FYI guys menurut Badan Pengawas Pemilu aka Bawaslu, hingga kemarin masih ada 1.420 TPS yang nggak memenuhi standar protokol kesehatan. Adapun TPS yang nggak memenuhi standar kesehatan ini adalah yang lokasinya sempit, di dalam ruangan, dll. Jadi hati-hati banget ya guys, abis nyoblos langsung pulang aja.
 
I see, anything else I should know?
Well, are you tired of hearing “kepala daerah terjerat korupsi?” Yep, from time to time, kita sering banget kan denger ada bupati, wali kota atau gubernur yang dijerat KPK karena nerima suap lah, motong dana daerah lah, dll. Nah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa pilihanmu besok nggak salah adalah dengan…get to know them. Learn about jejak kasus korupsi di daerahmu, hingga daftar kekayaan para pejabat di sana. You can got all the information here.