Petugas Kesehatan Singapura Menerima Vaksin Covid-19 Mulai 30 Desember

138
For when you’ve been looking forward to get your vaccine shot…Well, kayaknya Singapura duluan nih yang divaksin.

HAH emang mereka bakal mulai divaksin kapan?
30 Desember aka besok banget guys. Jadi menurut keterangan dari Kementerian Kesehatan (MoH)-nya Singapura, disampaikan bahwa program vaksinasi terhadap warga di negeri Singa tersebut bakal dimulai per tanggal 30 Desember. Adapun warga yang bakal divaksinasi pertama adalah petugas kesehatan di National Centre for Infectious Diseases.
Whoaaaa gercep ye…
Yep. Nah abis para petugas kesehatan, proses vaksinasi bakal dilanjutkan sama para lansia yang berumur 70 tahun ke atas per Februari 2021. Once they’re done, baru deh dilanjut sama warga Singapura yang lain, termasuk long-term residents (aka WNA yang tinggal di Singapura).
I see…
Lebih jauh, jadi emang aturan soal vaksin ini diambil berdasarkan rekomendasi dari 14 anggota Komite Ahli Vaksinasi Covid-19 yang disampaikan minggu lalu. Adapun beberapa rekomendasinya adalah supaya prioritas diberikan kepada orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19, kayak petugas kesehatan, dan mereka yang paling rentan terhadap penyakit parah dan komplikasi jika mereka tertular penyakit, kayak orang tua.
 
Sounds so prepared.
Rite. Lebih jauh menurut Ketua komite ini, namanya Profesor Benjamin Ong, meskipun transmisi corona di tingkat lokal jumlahnya sedikit, namun Singapura masih rentan terhadap terjadinya penularan. Karena itulah, vaksinasi ini penting banget untuk tetap dilakukan terhadap sebanyak mungkin populasi.
Emang mereka pakenya vaksin apa? 
Pfizer-BioNTech, yang dipake juga sama Amerika Serikat dan Uni Eropa. Jadi emang minggu lalu, vaksin ini udah lulus untuk penggunaan darurat oleh the Health Sciences Authority.  Bersamaan dengan approval ini, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga udah bilang bahwa negaranya nganggarin lebih dari 1 miliar dollar Singapura untuk pengadaan vaksin Covid-19, dan pemberian vaksinnya bakalan gratis gengs.