Pemerintah Menjalankan Program PEN “Pemulihan Ekonomi Nasional”

148

For when you just gajian, but already out of $$$ now… 

Tosss. We agree. Money is….difficult. Apa lagi pas pandemi kayak saat ini, saat di sekeliling kita lagi banyak terjadi budget cuts, pay-cuts, job-cuts and the only thing that is not being cut is…your hair (same again). 
And you’ll tell me about… 
Government assistance. Jadi guys, kamu pasti udah paham bahwa kalo lagi pandemi gini, salah satu aspek yang paling terdampak adalah ekonomi. Karena money is tight, kamu jadi jarang belanja, toko-toko jadi nggak ada yang beli dan akhirnya economy is simply not moving. Nah kalo kayak gini, kata Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani, salah satu yang bisa jadi tumpuan perbaikan ekonomi adalah belanja pemerintah.
Interesting. Go on… 
Nah, kenapa belanja pemerintah? Karena pemerintah emang punya budget duit untuk situasi kayak gini, mulai dari stimulus ekonomi buat UMKM, bansos, hingga bantuan subsidi. Tujuannya ya supaya ekonomi kita bisa kembali pulih dan bangkit lagi kayak sebelum ada pandemi. Adapun untuk pandemi sekarang, nama program stimulusnya PEN. Stands for Pemulihan Ekonomi Nasional.
PEN itu bukannya kalau kita lagi chattingan terus chatnya nggak nyampe ya? 
Itu pending woy. Jauh banget. WKWKWKWK Anywayyyy jadi PEN ini emang program pemerintah buat seluruh warga Indonesia yang ekonominya terdampak banget sama pandemi. PEN sendiri punya banyak program bantuan yang mencakup berbagai kebutuhan dasar dari mulai sembako, moneyyy, kuota data internet, sampe listrik.
Seriously? Never heard of it. 
That’s why we’re here. Now let’s talk about it one by one… 
 
Wait, why should I know this? 
Because who knows if you are eligible for any of it? Now first, please meet: program Bansos Jabodetabek dan Non Jabodetabek. Sesuai namanya, program ini menyalurkan bantuan bahan pokok kayak beras, telur, minyak, dll ke masyarakat yang membutuhkan. Nah, program ini tuh ada yang buat di Jabodetabek dan di luar Jabodetabek guys. Kalo buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, bentuknya berupa paket sembako senilai Rp600.000 per bulan, sedangkan untuk yang di luar Jabodetabek dapatnya uang tunai senilai Rp300.000 per bulan. Kedua bantuan tersebut berlaku sampai akhir tahun.
Ok, terus… 
Well, kalo kamu masih sekolah atau kuliah, kamu juga berhak dapetin bantuan kuota data internet gratis sampai akhir tahun. Jumlah kuotanya beda-beda tergantung jenjang pendidikan, which you can check it more here. FYI ga cuma buat murid/mahasiswa atau guru/dosen aja yang dapet bantuan ini, anak didik yang masih PAUD juga dapet loh! Yuhuuuwww.
Bansos udah, kuota udah, kalo uang? 
Ada juga, namanya bantuan subsidi upah. Jadi kalo kamu kerja dan gajimu di bawah Rp5 juta, kamu berhak banget dapet bantuan sebanyak Rp600.000 per bulan dari September hingga Desember 2020. Kata Menteri BUMN Pak Erick Thohir sih, bantuan ini bakal difokusin buat pekerja non-PNS dan non-BUMN dan dananya bakal langsung ditransfer langsung ke rekening kamu. Nah untuk dapet bantuan ini, pastiin kamu udah terdaftar aktif di BPJS Ketenagakerjaan ya!
My parents juuuuust started a business and suddenly Covid-19 hit. 
Understood. Shoutout to aaaaaaalll businessmen and women out there because there’s probably never been a worse time to do business than now, during the pandemic! Tapi tenang aja karena pemerintah juga udah nyiapin BLT aka Bantuan Langsung Tunai buat pengusaha kecil dan menengah aka UMKM yang terdampak. Tell your parents or your friends that owns SME businesses because they’re eligible for government assistance for as much as Rp2,4 juta! Cara ngurusnya juga nggak ribet kok, cek di sini ya!
Apa lagi apa lageeee…. 
Listrik. Bantuan listrik juga ada guys, buat pelanggan yang penggunaan daya listriknya sebesar 450 VA itu biaya listriknya gratis tiss tisssss. Selain itu, ada juga diskon listrik sebesar 50% untuk masyarakat yang dayanya 900 VA.
Got it. Anything else I should know? 
Jadi, PEN ini emang bantuan dari pemerintah untuk seluruh masyarakat Indonesia yang terdampak sama Covid-19. Literally “seluruh” guys, jadi kalau ada tetangga, teman, atau kerabat kamu yang kamu tahu bakal eligible untuk menerima bantuan ini, jangan lupa kamu kabarin ya supaya mereka bisa pulih dan bangkit dari dampak pandemi ini! Pake hashtag #SebarkanKeNegeri biar makin mantoel wkwkwk. Finally, you can also learn more about these programs and what government is doing, here.