Pemerintah Menjalankan Program PEN “Pemulihan Ekonomi Nasional”, Joe Biden Umumkan Tujuh Orang Perempuan Jadi Tim Komunikasi Di Gedung Putih, Kelompok Teroris Militan ‘MIT’ Menewaskan Satu Keluarga dan Bakar Tujuh Rumah Di Sulawesi, Serial Netflix “The Crown” Mendapatkan Reaksi Dari Menteri Kebudayaan Inggris

56

Good morning!

It’s finally December! Crazy how 2020 has been going, right? It feels like yesterday since you’ve been lounging in your PJs all day because of the pandemic and boom! Suddenly it’s December, and nothing’s changed. So today, let’s hope that we never again experience things like 2020. Rise and shine!

For when you just gajian, but already out of $$$ now… 

Tosss. We agree. Money is….difficult. Apa lagi pas pandemi kayak saat ini, saat di sekeliling kita lagi banyak terjadi budget cuts, pay-cuts, job-cuts and the only thing that is not being cut is…your hair (same again). 
And you’ll tell me about… 
Government assistance. Jadi guys, kamu pasti udah paham bahwa kalo lagi pandemi gini, salah satu aspek yang paling terdampak adalah ekonomi. Karena money is tight, kamu jadi jarang belanja, toko-toko jadi nggak ada yang beli dan akhirnya economy is simply not moving. Nah kalo kayak gini, kata Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani, salah satu yang bisa jadi tumpuan perbaikan ekonomi adalah belanja pemerintah.
Interesting. Go on… 
Nah, kenapa belanja pemerintah? Karena pemerintah emang punya budget duit untuk situasi kayak gini, mulai dari stimulus ekonomi buat UMKM, bansos, hingga bantuan subsidi. Tujuannya ya supaya ekonomi kita bisa kembali pulih dan bangkit lagi kayak sebelum ada pandemi. Adapun untuk pandemi sekarang, nama program stimulusnya PEN. Stands for Pemulihan Ekonomi Nasional.
PEN itu bukannya kalau kita lagi chattingan terus chatnya nggak nyampe ya? 
Itu pending woy. Jauh banget. WKWKWKWK Anywayyyy jadi PEN ini emang program pemerintah buat seluruh warga Indonesia yang ekonominya terdampak banget sama pandemi. PEN sendiri punya banyak program bantuan yang mencakup berbagai kebutuhan dasar dari mulai sembako, moneyyy, kuota data internet, sampe listrik.
Seriously? Never heard of it. 
That’s why we’re here. Now let’s talk about it one by one… 
 
Wait, why should I know this? 
Because who knows if you are eligible for any of it? Now first, please meet: program Bansos Jabodetabek dan Non Jabodetabek. Sesuai namanya, program ini menyalurkan bantuan bahan pokok kayak beras, telur, minyak, dll ke masyarakat yang membutuhkan. Nah, program ini tuh ada yang buat di Jabodetabek dan di luar Jabodetabek guys. Kalo buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, bentuknya berupa paket sembako senilai Rp600.000 per bulan, sedangkan untuk yang di luar Jabodetabek dapatnya uang tunai senilai Rp300.000 per bulan. Kedua bantuan tersebut berlaku sampai akhir tahun.
Ok, terus… 
Well, kalo kamu masih sekolah atau kuliah, kamu juga berhak dapetin bantuan kuota data internet gratis sampai akhir tahun. Jumlah kuotanya beda-beda tergantung jenjang pendidikan, which you can check it more here. FYI ga cuma buat murid/mahasiswa atau guru/dosen aja yang dapet bantuan ini, anak didik yang masih PAUD juga dapet loh! Yuhuuuwww.
Bansos udah, kuota udah, kalo uang? 
Ada juga, namanya bantuan subsidi upah. Jadi kalo kamu kerja dan gajimu di bawah Rp5 juta, kamu berhak banget dapet bantuan sebanyak Rp600.000 per bulan dari September hingga Desember 2020. Kata Menteri BUMN Pak Erick Thohir sih, bantuan ini bakal difokusin buat pekerja non-PNS dan non-BUMN dan dananya bakal langsung ditransfer langsung ke rekening kamu. Nah untuk dapet bantuan ini, pastiin kamu udah terdaftar aktif di BPJS Ketenagakerjaan ya!
My parents juuuuust started a business and suddenly Covid-19 hit. 
Understood. Shoutout to aaaaaaalll businessmen and women out there because there’s probably never been a worse time to do business than now, during the pandemic! Tapi tenang aja karena pemerintah juga udah nyiapin BLT aka Bantuan Langsung Tunai buat pengusaha kecil dan menengah aka UMKM yang terdampak. Tell your parents or your friends that owns SME businesses because they’re eligible for government assistance for as much as Rp2,4 juta! Cara ngurusnya juga nggak ribet kok, cek di sini ya!
Apa lagi apa lageeee…. 
Listrik. Bantuan listrik juga ada guys, buat pelanggan yang penggunaan daya listriknya sebesar 450 VA itu biaya listriknya gratis tiss tisssss. Selain itu, ada juga diskon listrik sebesar 50% untuk masyarakat yang dayanya 900 VA.
Got it. Anything else I should know? 
Jadi, PEN ini emang bantuan dari pemerintah untuk seluruh masyarakat Indonesia yang terdampak sama Covid-19. Literally “seluruh” guys, jadi kalau ada tetangga, teman, atau kerabat kamu yang kamu tahu bakal eligible untuk menerima bantuan ini, jangan lupa kamu kabarin ya supaya mereka bisa pulih dan bangkit dari dampak pandemi ini! Pake hashtag #SebarkanKeNegeri biar makin mantoel wkwkwk. Finally, you can also learn more about these programs and what government is doing, here.

Who’s just announced its all-female team?

Who?

Capres dan cawapres Amerika Serikat terpilih, Joe Biden and Kamala Harris.

Whoaaaa what team?
Tim komunikasi senior di gedung putih yang semua personilnya adalah perempuan. Jadi Hari Minggu kemarin, Biden baru aja ngumumin soal tim barunya ini. Biden bilang bahwa cewek-cewek yang ada di tim komunikasinya adalah mereka yang memiliki kualifikasi, berpengalaman, dan bisa membawa perspektif baru dalam pekerjaannya. Biden juga menyebut bahwa cewek-cewek ini punya komitmen untuk membawa negaranya menjadi lebih baik.
Cool. Tell me more about the team.
Well, jadi tim ini terdiri dari tujuh orang perempuan yang emang punya track record panjang di dunia komunikasi. Adapun yang bakal jadi pemimpin dari tim komunikasi White House adalah Kate Bedingfield, yang sebelumnya merupakan direktur komunikasi di tim kampanye Biden-Harris. Selanjutnya bakal ada juga posisi jubir buat wapres dan ibu negara.
Nice…
Yep, terkait penunjukkan ini, wapres terpilih Kamala Harris juga menyebut bahwa ketujuh perempuan ini berpengalaman, berbakat, dan bisa menghadapi tantangan. Harris juga menyebut bahwa kalau mau meng-handle tantangan-tantangan yang sedang dihadapi oleh negaranya, maka pemerintahan AS butuh tim komunikasi yang jelas dan transparan.
 
I see, anything else?
Well, a little update (again!) on the elections, walaupun Trump belum secara resmi menerima kekalahan, capres terpilih Joe Biden udah melakukan beberapa transisi pemerintahan. Minggu lalu, Biden juga udah mengumumkan sebagian dari anggota kabinetnya, dan kemarin, Biden baru aja menerima briefing super rahasia soal kegiatan intelijen negara. Welp, it’s really happening guys…

For when you’re wondering what happened in Sigi.

(CAUTION! This news contains violence and gruesome actions. If you are reading this in the morning and don’t want to start your day with that kind of story, scroll down. Take care of yourself first). 
 
Olrite I am ready. 
Ready? OK. Jadi Sigi adalah nama suatu kabupaten di Sulawesi Tengah yang pada Jumat lalu baru aja dikejutkan oleh kejadian teror yang menewaskan satu keluarga. Adapun pelaku teror ini adalah kelompok teroris militan bernama MIT, stands for Mujahidin Indonesia Timur.
 
What?
Yep, selain menewaskan satu keluarga yang berjumlah empat orang tadi, kelompok MIT ini juga membakar tujuh rumah dan menyebabkan 150 orang kepala keluarga mengungsi.
Give me some background.
OK. Jadi awalnya, Hari Jumat itu, satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak perempuan, dan menantunya lagi siap-siap untuk berkebun. Pada saat inilah ada delapan orang pelaku yang masuk rumah dan melancarkan aksi sadisnya. Sebelum melakukan aksinya itu, para pelaku juga sempat mencuri beras sebanyak 40 kg. Menurut keterangan polisi, pelaku penyerangan adalah kelompok MIT.
MIT ni siapa sih?
Jadi MIT ini merupakan kelompok teroris militan yang aktif di Indonesia sejak tahun 2012. MIT aktif beroperasi di wilayah Sulawesi Tengah dan dalam aksinya kerap melakukan berbagai aksi kekerasan dan pembunuhan. Selain itu, MIT ini juga udah berjanji untuk setia pada ISIS yang merupakan kelompok teroris internasional.
 
Go on…
Untuk membasmi MIT, pada tahun 2016 lalu, pemerintah kemudian meluncurkan Operasi Tinombala yang merupakan operasi gabungan dari TNI dan Polri dengan tujuan menumpas MIT. Kapolri waktu itu, Jenderal (Pol) Badrodin Haiti menyebut bahwa Operasi Tinombala ini bakal digelar hingga kelompok MIT dinyatakan habis atau nggak punya jaringan lagi.
 
Terus…
Nah dalam Operasi Tinombala tersebut, pimpinan MIT waktu itu yang namanya Santoso berhasil ditembak mati dalam baku tembak yang terjadi selama beberapa jam di area pegunungan di Poso. Setelah Santoso mati, MIT kemudian dipimpin oleh Ahmad aka Ali Kalora, yang juga diduga ikut dalam kejadian teror kemarin di Sigi itu.
 
Tujuannya apa sih teror gini?
Yha untuk menyebar teror. Namanya juga teroris. Jadi menurut Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Didik Suparnoto, kelompok ini memang melancarkan aksinya secara acak untuk menakut-nakuti masyarakat. Selain itu, biasanya aksi teror juga dilakukan beramai-ramai. Polisi juga udah mengkonfirmasi bahwa dari keterangan saksi, Ali Kalora dikenali sebagai salah satu orang yang turut melakukan aksi teror tersebut.
 
Got it.
Terkait kejadian ini, tadi malam Presiden Joko Widodo udah menyampaikan kecamannya terhadap kelompok MIT dan menyebut tragedi di Sigi sebagai tragedi kemanusiaan. Jokowi juga menegaskan bahwa tidak ada tempat untuk terorisme di tanah air, dan beliau juga udah memerintahkan TNI-Polri untuk mengusut tuntas jaringan pelaku dan membungkam jaringan tersebut sampai ke akarnya.

Got it. Anything else? 
So far, Satgas Tinombala masih lanjut mencari MIT, di mana wilayah pencariannya udah diperluas hingga ke tiga wilayah yakni Sigi, Parigi, dan Poso. Selain itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menyebut bahwa pihaknya bakal ngirim pasukan khusus TNI untuk bantu Polri mengejar dan menangkap pelaku teror.

For when you’ve been binging “The Crown” on Netflix…

Do you think it’s a fact or a fiction?
Yep, hal inilah yang pengen diperjelas sama Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden terkait serial Netflix The Crown yang menceritakan tentang drama-drama kehidupan para anggota kerajaan Inggris. Jadi dalam keterangannya kemarin, Dowden menyebut bahwa yhaaa The Crown nih cerita fiktif yang bagus banget sih, kayak cerita-cerita fiktif lainnya di TV, dan Netflix harus clear dari awal soal itu. Dowden juga menyebut bahwa kalo Netflix nggak mengklarifikasi bahwa The Crown adalah serial fiktif, maka dia khawatir generasi anak muda sekarang bakal menganggap hal-hal terkait sejarah kerajaan Inggris yang sebenernya fiktif sebagai fakta.
FYI guys, jadi emang baru-baru ini, serial The Crown yang udah memasuki season empat tersebut menuai banyak pro dan kontra, khususnya dari Masyarakat Inggris. Mantan Jubir Kerajaan Inggris Dickie Arbiter menyebut bahwa series ini merupakan “kerjaan yang menyerang karakter” Pangeran Charles, secara kisah cinta dia sama Puteri Diana menjadi fokus cerita utama dalam series ini. Selain itu, kritikan juga muncul terkait konflik antara Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri cewek Inggris pertama, Margaret Thatcher yang dinilai berlebihan. Terkait kritikan ini, pembuat serial The Crown Peter Morgan menyebut bahwa kerjaannya udah bener-bener diteliti dengan menyeluruh.

“Butuh tenaga baru yang fresh,”
Gitu kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga anggota DPR RI Saleh Daulay saat ngomentarin terkait melonjaknya kasus Covid-19 di tanah air. Menurut Bang Saleh, hal ini merupakan tanggung jawab pemerintah, dan kalo penanggulangannya belum berhasil secara maksimal, berarti ada yang perlu diperbaiki. Lebih jauh beliau menyebut bahwa zuzur kayaknya Pak Presiden emang butuh tenaga baru yang lebih fresh sih, untuk menangani Covid-19 ini. Yep, he’s hinting on the hot issue aka reshuffle.
 
When you “ngajuin cuti” for the fifth time during this year…

Catch Me Up! Recommendations

We’re finally here, in the colder months. Means, a longer time to snuggle in bed, light sweaters, mie rebus pake telor, and…warm teas. Here’s some recipes to make your tea less sad.

Angel’s Stories

1. Akhir-akhir ini kan lagi sering hujan ya, dan tiba-tiba aja, temenku di kantor lama ngechat, “Kamu suka minuman jahe nggak?” aku jawab suka. Terus nggak lama kemudian dia ngirimin aku minuman ekstrak jahe. Katanya bagus buat imun tubuh pas lagi musim hujan gini. Ya ampun terharu banget padahal aku udah pindah dari kantor lamaku itu hampir dua tahunan. Makasih ya N!
-Ria, somewhere-
2. Aku punya bekas jerawat di wajah yg lumayan banyak. Terus kemaren iseng ngajakin temen beli skincare yang agak pricey karena kita mau share in jar. Besoknya aku ngajak main temen beda lagi, eh dikasih skincare yang aku pengen itu secara cuma-cuma. Dia bilang, “Daripada ga dipake nih buat km aja.” Kaget banget hah kok kebetulan gini sih. Yah atau mungkin kemaren waktu bilang pengen skincare yang mahal itu, malaikat langsung mengamini haha.
-Idas-
3. Aku adalah seorang cat lover yang punya beberapa ekor kucing. Nah, karena kapasitas rumahku yang terbatas plus aku masih tinggal sama orang tua, kedua orang tuaku udah mewanti-wanti supaya aku nggak nambah kucing lagi. Eh emang aku teledor, aku lupa bahwa ada satu kucingku yang lupa aku steril dan ga lama dia hamil! Aku langsung panik karena kedua orang tuaku nggak mau nambah kucing lagi, artinya kalau aku nggak menemukan adopter, maka mungkin banget anak-anak kucingku dibuang! Aku panik banget dong. Setelah anak-anaknya lahir aku langsung ngumumin di socmed bahwa aku open adopt kucing, dan untungnya selama proses nyari adopter ini, mama papaku sabar dan nggak nyuruh aku buru-buru buang kucingnya. Kata mama sih, mama lihat usaha aku yang keras dalam menemukan rumah baru untuk kucingnya, jadi dia nggak tega ngeburu-buru :’) Setelah sekitar empat bulanan nyari dan anak-anak kucingku juga udah cukup gede buat dipisahin dari orang tuanya, aku seneng banget karena akhirnya aku udah nemu adopter! Adopternya ini temenku sendiri dan rumahnya deket, jadi aku bisa nengokin anak-anak kucingku kalo kangen. Terima kasih ya buat ortu dan adopter baru kucingku ini, kalian adalah angels buat kucing-kucingku!
-Cat lover, Bogor-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!