Negara Uni Eropa Menyetujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer

73

Who’s just saying yes to the new vaccine?

European Union.
Karena Hari Senin lalu, EU baru aja ngasih izin penggunaan vaksin covid-19-nya Pfizer-BioNtech di 27 negara-negara anggotanya, yang juga meliputi 448 juta penduduk.
Whoaaaa huge move.
Yep, seiring dengan approval ini, proses vaksinasi bisa dimulai per hari Minggu di Uni Eropa. FYI guys, sejauh ini EU udah pesan 300 juta dosis vaksin yang bakal digunakan pada 150 juta orang. Meski begitu, vaksinnya baru bakal dateng secara dicicil, nggak langsung dateng semuanya.
Oh gitu…lama nggak mesan vaksinnya? 
Nggak ugha. Karena ternyata, pabrik-pabrik Pfizer itu ada di Puurs, Belgia, dan di Mainz, Jerman. Jadi, vaksin-vaksinnya bakal dikirim langsung dari pablik ke ibu kota Negara-negara anggota EU per Kamis (25/12) nanti.  Targetnya, orang-orang di Uni Eropa bakal disuntik pertama kali per tanggal 27, 28, dan 29 December 2020.
Gercep ugha yaa…
Yoyoy, wajib. Karena selain punya banyak kasus Covid-19 di seluruh negara anggotanya, Uni Eropa juga baru aja dikejutkan dengan munculnya varian virus corona baru di Inggris yang lebih mudah menular. Hal ini kemudian menyebabkan munculnya travel ban dari dan ke Inggris hingga menyebabkan kacaunya lalu lintas transportasi. So the governments was like “duuuh buru-buru deh…”
 
I see…
Yep, jadi balik lagi ke vaksin guys, Jerman bakal mulai nyuntikin vaksin ke orang-orang di atas 80 tahun per tanggal 27 Desember dengan 400,000 dosis. Prancis juga bakal mulai proses vaksinasi per akhir bulan ini, begitu juga Italia dan Spanyol, dua negara yang terdampak paling parah sama Covid-19, rencananya bakal mulai nyuntik the most vulnerables di akhir bulan, dan sebagian besar lainnya dilakukan pada Januari.
 
Good. Any challenges then?
Yep there is. Everyone, please meet: The antivac. Atau orang-orang yang nggak percaya kalau vaksin yang beredar ini ampuh. In fact, berdasarkan survei terbaru yang dilakukan di Prancis, diketahui bahwa hanya 41 persen orang yang berencana untuk divaksin.
 
I see, anything else? 
So far, belum ada satupun negara Uni Eropa yang berencana untuk mewajibkan vaksin ini, jadi yhaa idealnya sih kampanye supaya mau divaksin dimulai pada awal tahun ini, lalu prosedurnya dilakukan sepanjang tahun dan harapannya, di akhir tahun 2021, Uni Eropa udah mencapai jumlah vaksinasi yang cukup untuk membentuk herd immunity.