Kembali Lockdown 40 Negara Larang Perjalanan Keluar Masuk Inggris, Jokowi dan Ma’ruf Amin Lakukan Perombakan Kabinet, PGI Himbau Perayaan Natal Dilakukan Secara Virtual, Terinspirasi Dari Rohingya Sesame Workshop Kenalkan Karakter Baru.

163

Good morning and Happy Mother’s Day!

Today, let’s take a moment to thank our moms, future moms, or those motherly figures we have throughout our walks in life who have shaped us until today. As Abraham Lincoln put it, “All that I am, or hope to be, I owe to my angel mother.” Yep, now go make your bed and wash the dishes XD.

For when you thought 2020 can’t get anymore tougher…

The United Kingdom (UK) can relate. 
 
What happened?
Jadi mulai dari Hari Minggu kemarin, Inggris kembali memberlakukan lockdown ketat terhadap sekitar 21 juta warganya yang tinggal di London, dan beberapa bagian di Selatan dan Utara Inggris seiring dengan ditemukannya varian baru dari virus Covid-19.
 
What?
Yep, dalam keterangannya minggu lalu pas ngumumin soal kebijakan lockdown ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjelaskan bahwa  para peneliti baru aja menemukan varian virus baru yang udah bermutasi. Varian baru ini lebih mudah menyebar dan 70% lebih gampang menular dibanding virus sebelumnya. Karenanya, kebijakan lockdown ini bakal berlaku.
BUSET.
Yep, dengan adanya aturan baru ini, maka para warga Inggris di tempat-tempat tadi diminta untuk nggak keluar rumah, kecuali untuk keperluan pokok. Selain itu, kebijakan ini juga menggantikan kebijakan pelonggaran yang sebelumnya berlaku, di mana awalnya, PM Johnson berencana untuk membolehkan maksimal tiga kepala keluarga untuk kumpul-kumpul pas Natal nanti.
Now tell me more about the virus. 
You got it. Jadi virus yang masih diinvestigasi ini kan emang lebih cepat menular dan ditemukan paling banyak di ibu kota London, di mana angka positif di sana naik hingga 60 persen pada minggu lalu. Belum diketahui apakah virus ini lebih mematikan apa enggak, tapi yang pasti, lebih gampang menular aja udah cukup bikin pening, secara udah banyak rumah sakit di Inggris yang overcapacity. 
What else do we know about the virus?
Not much. Diperkirakan juga bahwa virusnya bakal masih ampuh kok dilawan dengan vaksin, karenanya, banyak ilmuwan di Inggris yang meminta pemerintah untuk buru-buru mem-vaksin warganya ASAP. Meanwhile, Europe is tightening up its restrictions related to this…
 
By thightening you mean….
Yha udah mulai membatasi lalu lintas transportasi sama Inggris. Per kemarin, at least udah 40 negara yang melarang perjalanan dari dan ke Inggris, hingga menyebabkan kekacauan di berbagai bandara dan stasiun di Eropa. Selain itu, mutasi virus ini juga udah ditemukan di negara lain kayak Belanda, Italia, Denmark, dan Australia.
 
Terus terus…
Terkait ditemukannya varian baru ini, Uni Eropa juga rencananya hari ini bakal menggelar meeting mendadak untuk membahas lebih lanjut kebijakan apa yang akan diambil, khususnya terkait travel restrictions. 
 
So, anything else I have to know?
Well, nggak cuma negara-negara Eropa, tapi Arab Saudi juga kembali menutup perbatasannya dari kedatangan luar negeri dari darat, laut dan udara sebagai respons atas munculnya virus ini. Hal ini kemudian berbuntut pada dibatalkannya penerbangan para jemaah umroh yang udah pada mau berangkat.

Who’s gonna say “you’re fired!” anytime soon?

Pak Jokowi and Ma’ruf Amin.
Reshuffle…reshuffle…as if we didn’t get enough surprises this year, kali ini, isunya pemerintahan Pak Jokowi dan wakilnya Kiai Ma’ruf mau melakukan reshuffle aka perombakan kabinet dalam waktu dekat.
 
Whaaaaat?
Yep, begitulah guys. Menjelang akhir tahun ini, emang isu reshuffle ini makin santer terdengar, khususnya setelah dua menterinya Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf (U know who…) baru aja ditangkep KPK. Nah pas isu ini makin rame, kemarin, Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin juga baru aja meeting beduaan doang.
HAH bahas soal reshuffle nih?
Moooost likely. Menurut jubirnya Kiai Ma’ruf, Masduki Baidlowi, kemarin keduanya emang menggelar rapat internal empat mata untuk membicarakan hal khusus. Apakah soal reshuffle? Yha pokoknya soal “hal khusus” deh.
Ok I need some background.
Got it. Jadi emang cuma dalam selang waktu sembilan hari, dua menterinya Pak Jokowi diringkus KPK. Hal ini kemudian memunculkan seruan supaya Pak Pres mengevaluasi jajaran para menterinya, dan memunculkan juga nih guys, isu-isu reshuffle, plus nama-nama yang katanya sih berpeluang menggantikan Pak Edhy Prabowo dan Pak Juliari Batubara…
 
Whaaa siapa ajaaaa?
Well, first of all, banyak yang memprediksi bahwa posisi menteri ini bakal tetap dipegang sama partai sebelumnya. Kayak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dijabat sama Pak Edhy Prabowo dari Partai Gerindra, yha kemungkinan bakal teteup dipegang Gerindra. Adapun nama yang muncul untuk menggantikan Pak Edhy adalah…jeng jengg… Pak Sandiaga Uno dan Bang Fadli Zon. Terkait hal ini, Gerindra bilang bahwa soal menteri adalah hak prerogatif presiden, dan mereka nggak mao ikut campur.
 
Terus kalo Mensos?
Yha PDIP lagi, secara Pak Juliari kan kader PDIP. Adapun bursa nama yang mulai muncul untuk menggantikan Pak Juliari sebagai Mensos di antaranya adalah Wali Kota Surabaya Bu Tri Rismaharini, dan beberapa kader PDIP lainnya kayak Djarot Syaiful Hidayat, Eriko Satorduga, hingga Sukur Nababan. Soal ini, PDIP juga udah menegaskan bahwa yhaa semuanya tergantung Pak Jokowi dan Bu Mega.
So, it’s reallllly happening? 
Looks like it. Kemarin, Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Pak Jokowi dikabarkan bakal memanggil beberapa calon menteri ke Istana. Selain itu, beliau juga bakal memperkenalkan kepada publik, tapi yha waktunya menyesuaikan sama Pak Jokowi aja, bisa pagi apa siang.

For when you already have a Christmas plan…

Wait, you might wanna hear it from PGI and Keuskupan Agung Jakarta first…
 
What is it?
Well, jadi kemarin, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Keuskupan Agung Jakarta baru aja menggelar dialog terkait Ibadah Natal di masa pandemi. Dalam dialog itu, kedua perwakilan dari lembaga tadi menyampaikan imbauannya nih, terkait perayaan Natal tahun ini yang…just like anything else this year, will be much different.
 
OK tell me.
Well, let’s start from PGI. Jadi dalam keterangannya kemarin itu, Sekretaris Umum PGI, Jacklevyn Frits Manuputty mengimbau supaya tahun ini, gereja-gereja merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2021 secara virtual.
U mean no church?
Yep. Beliau juga menjelaskan bahwa selama ini, gereja-gereja udah rutin menggelar ibadah secara virtual, dan beliau nggak mau kebiasaan yang baik itu nggak dilanjutkan dalam perayaan Natal tahun ini. Beliau juga menyampaikan bahwa pihaknya udah mengirimkan surat edaran agar gereja-gereja merayakan Natal secara online.
But but...aku maunya ke gereja.
Kalo mau melakukan ibadah secara fisik, kata Pak Frits, ya boleh aja, asalkan jemaatnya yang hadir dibatasi, dan menjalankan protokol kesehatan. Beliau juga meminta agar tetap ada koordinasi dengan Satgas Covid-19 di wilayah tempat tinggal masing-masing.
I see…
Yep, now let’s hear it from Keuskupan Agung Jakarta. Menurut sekjennya Romo Vincentius Adi Prasojo, pihaknya bakal tetap menggelar ibadah Natal secara tatap muka. Beliau menjelaskan bahwa Katedral boleh melaksanakan ibadah secara virtual atau tatap muka, asalkan jemaat sudah daftar online dan mematuhi protokol kesehatan.
 
So, it’s safe?
Well, menurut beliau sih, para pelayan peribadatan dipastikan bebas covid-19, karena nantinya mereka bakal diperiksa dulu. Selain itu, jemaat yang tatap muka juga bakal ketat banget, yakni dibatasi hingga maksimal 20 persen dari kapasitas katedral. Padahal, di aturan Kemenag maksimal 50 persen masih bole.
I see, anything else? 
Balik lagi PGI, dijelaskan juga bahwa pihaknya udah menyiapkan panduan protokol kesehatan yang disebarin ke gereja-gereja di bawah naungan PGI.  FYI, sebelumnya juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan udah meminta supaya pelaksanaan ibadah Natal di gereja dibatasi demi mencegah penyebaran Covid-19.  Selain itu, dia juga berharap umat Kristiani supaya nggak kumpul-kumpul atau berkerumun dalam perayaan Natal tahun ini.

For when you need some cuteness to start your day…

Meet:  the first ever Rohingya Muppets: Noor and Aziz. 
Yep, cute banget guys, jadi kemarin, lembaga produksi hiburan non-profit, yang menciptakan Sesame Street, yaitu Sesame Workshop, baru aja memperkenalkan dua karakter baru mereka yang terinspirasi dari Rohingya muppets yaitu Noor dan Aziz. Keduanya disebut berumur enam tahun, saudara kembar, dan lahir di kamp pengungsian Rohingya. Keduanya juga bakal mulai muncul di acaranya Sesame Street yang berbahasa Rohingya, barengan dengan karakter Sesame Street lainnya yang udah terkenal kayak Elmo.
Terus, kok bisa muncul karakter ini?
Well, for you who are not familiar with Rohingya refugee crisis, kamu perlu tahu bahwa saat ini, ada lebih dari 800 ribu pengungsi Rohingya yang tinggal di refugee camps di Cox Bazaar, Bangladesh karena mereka terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya di Rakhine State, Myanmar untuk menghindari berbagai aksi kekerasan dan pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok militer Myanmar. Nah, mayoritas dari pengungsi ini adalah anak-anak. Karenanya, karakter Noor dan Aziz ini diciptakan untuk materi edukasi sekaligus bermain buat anak-anak pengungsi Rohingya yang terpengaruh banget sama konflik di negaranya dan Covid-19.
FYI guys, inisiatif ini bukan inisiatif pertama yang dilakukan Sesame Workshop, sebelumnya udah ada inisiatif serupa, kayak menciptakan tayangan “Sesame Street” dalam bahasa Arab yang diperuntukkan bagi anak-anak pengungsi di Suriah.
 
Want to meet Noor and Aziz? Here.

#tangkapanakpaklurah
 
Adalah hashtag di sosmed yang rame banget kemarin, terkait dengan munculnya isu keterlibatan anaknya Pak Jokowi yang juga Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming dalam kasus dana bansos yang juga menyeret Mensos Juliari Batubara. Jadi isu ini muncul berdasarkan dari laporan Majalah Tempo, yang menyebut bahwa Gibran diduga memberikan rekomendasi kepada PT. Sri Rejeki Isman atau Sritex untuk mendapatkan tender produksi tas paket bansos. Terkait hal ini, Mas Gibran bilang bahwa yha silakan dicek aja kalo emang ada buktinya…
 
Quite a surprising hashtag in a surprising year…

Catch Me Up! Recommendations

Relaxxxx, it’s still Tuesday! Seriously, sometimes when things get overwhelming, all you need is to take a break and relax. Don’t know how? Same. Check these tips out.

Angel’s Stories

1. Aku mau ucapin terima kasih untuk temen-temen yang udah berbagi cerita di Angel’s Story setiap hari. Ini adalah salah satu fitur yang paling seneng ku baca di CMU. Terutama sekarang saat aku lagi dirawat, sejak dinyatakan positif covid-19. Kalian semua bener-bener bikin hariku lebih cerah! Selalu jaga jarak dan pakai masker, ya semua! Semoga kita semua selalu sehat 🙂
-Pasien di Wisma Atlet-
2. Jadi hari ini sekitar jam 9 malam gue order frozen dimsum karena emang stock jualan gue udh abs. Nah, gue pesen di toko langganan gue dianter pake Gr*b. Setengah jam gue nunggu tuh abang Gr*b dtg, pas datang, gue kaget katanya dimsumnya jatoh di jalan dan dia gak tau jatoh di mana karena emang dia ngiketnya di belakang motor. Yaudah kan dia katanya mau nyari. Tapi qadarullahnya emang gak ketemu. Nah, abangnya nelpon gue dong katanya mau gantiin dimsumnya, cuman gue bilang langsung aja pak ke penjualnya karena emg gue blm bayar dimsumnya itu. Btw, nominalnya lumayan hampir 300ribu. Eh, pas pagi-pagi abang dimsumnya chat gue kalo tokonya bilang gapapa dibayar cicil aja, terus abangnya juga dikasih oleh-oleh frozen food sama yang punya tokonya. Masha Allah banget toko langgananku ini, semoga toko langgananku ini makin laris jualannya aamiin.
-SH-
 
3Jadi beberapa bulan belakangan kalo ke minimarket gitu, aku selalu beli roti dan mie lebih banyak. Karena beberapa kali biasanya ada bapak/ibu yang ngumpulin sampah-sampah depan minimarket itu. Nah, roti-roti sama mie tadi aku pisahin buat mereka. Aku biasanya ditemani anakku satu-satunya, masih usia TK dia. Singkatnya, aku ulangi hal yang sama beberapa kali. Lalu pas makan siang, anakku makan dengan lahap (padahal biasanya susah habisin makanan). Terus anakku ini bilang kalau dia udah lihat sendiri gimana orang-orang banyak yang kesusahan dan butuh makanan, dan dia mau habisin makanannya dan mau makan apa aja yang disediakan. It means a lot to me as a Mom! *HappyTears*
-Bigmomma-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!