Jokowi dan Ma’ruf Amin Lakukan Perombakan Kabinet

143
Who’s gonna say “you’re fired!” anytime soon?

Pak Jokowi and Ma’ruf Amin.
Reshuffle…reshuffle…as if we didn’t get enough surprises this year, kali ini, isunya pemerintahan Pak Jokowi dan wakilnya Kiai Ma’ruf mau melakukan reshuffle aka perombakan kabinet dalam waktu dekat.
 
Whaaaaat?
Yep, begitulah guys. Menjelang akhir tahun ini, emang isu reshuffle ini makin santer terdengar, khususnya setelah dua menterinya Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf (U know who…) baru aja ditangkep KPK. Nah pas isu ini makin rame, kemarin, Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin juga baru aja meeting beduaan doang.
HAH bahas soal reshuffle nih?
Moooost likely. Menurut jubirnya Kiai Ma’ruf, Masduki Baidlowi, kemarin keduanya emang menggelar rapat internal empat mata untuk membicarakan hal khusus. Apakah soal reshuffle? Yha pokoknya soal “hal khusus” deh.
Ok I need some background.
Got it. Jadi emang cuma dalam selang waktu sembilan hari, dua menterinya Pak Jokowi diringkus KPK. Hal ini kemudian memunculkan seruan supaya Pak Pres mengevaluasi jajaran para menterinya, dan memunculkan juga nih guys, isu-isu reshuffle, plus nama-nama yang katanya sih berpeluang menggantikan Pak Edhy Prabowo dan Pak Juliari Batubara…
 
Whaaa siapa ajaaaa?
Well, first of all, banyak yang memprediksi bahwa posisi menteri ini bakal tetap dipegang sama partai sebelumnya. Kayak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dijabat sama Pak Edhy Prabowo dari Partai Gerindra, yha kemungkinan bakal teteup dipegang Gerindra. Adapun nama yang muncul untuk menggantikan Pak Edhy adalah…jeng jengg… Pak Sandiaga Uno dan Bang Fadli Zon. Terkait hal ini, Gerindra bilang bahwa soal menteri adalah hak prerogatif presiden, dan mereka nggak mao ikut campur.
 
Terus kalo Mensos?
Yha PDIP lagi, secara Pak Juliari kan kader PDIP. Adapun bursa nama yang mulai muncul untuk menggantikan Pak Juliari sebagai Mensos di antaranya adalah Wali Kota Surabaya Bu Tri Rismaharini, dan beberapa kader PDIP lainnya kayak Djarot Syaiful Hidayat, Eriko Satorduga, hingga Sukur Nababan. Soal ini, PDIP juga udah menegaskan bahwa yhaa semuanya tergantung Pak Jokowi dan Bu Mega.
So, it’s reallllly happening? 
Looks like it. Kemarin, Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Pak Jokowi dikabarkan bakal memanggil beberapa calon menteri ke Istana. Selain itu, beliau juga bakal memperkenalkan kepada publik, tapi yha waktunya menyesuaikan sama Pak Jokowi aja, bisa pagi apa siang.