Inggris Berikan Izin Penggunaan Vaksin Covid19 Milik Pfizer, Pemerintah Bubarkan Lembaga Negara Non Struktural, Deforestasi Hutan Amazon Meningkat Ke Level Tertinggi Dibawah Pemerintahan Presiden Bolsonaro, Spotify Wrapped 2020: Temukan Lagu Yang Paling Sering Kamu Dengerin.

161

Good morning, 

Finally a good news from the vaccine department. Let’s get right into it.

For when you’ve been waiting to hear more about the newly approved vaccine…

Say hello to Pfizer and BioNTech Covid-19 vaccine.
Tell. Me. Everything.
Yep, jadi kemarin, otoritas obat-obatan Inggris, namanya MHRAstands for Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (Kayak CDC di US atau BPOM di kita) baru aja said, “Approved!” kepada vaksin Covid-19 yang diformulasikan sama perusahaan farmasi Pfizer- BioNTech. Jadi setelah melalui analisis dan berbagai uji coba, MHRA menyimpulkan bahwa vaksinnya memenuhi standar keselamatan, kualitas, dan efektif juga.
WHOA.
We’re excited too. Just a little reminder here, vaksinnya Pfizer ini adalah yang pada beberapa waktu lalu disebut ampuh sampai hampir mencapai 95% dan nggak ada efek samping yang berbahaya. Vaksin ini dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat dan Jerman, dan merupakan vaksin dengan proses pengembangan tercepat di dunia yaitu selama 10 bulan aja. Padahal, biasanya pengembangan vaksin itu biasanya memakan waktu sampe 10 tahun.  Details here.
This is why science is important.
Amen to that. FYIInggris jadi Negara pertama di dunia yang udah ngasih izin ke vaksin covid-19.  Menurut CEO Pfizer, Albert Bourla, keputusan Inggris adalah momen yang bersejarah dalam upaya pencegahan Covid-19.  Pfizer juga saat ini lagi nunggu “approval” dari BPOM-nya negara-negara lain.
Terus terus…
Rencananya, vaksin ini akan mulai available in the UK mulai minggu depan, dan pemerintah Inggris sendiri udah mesen vaksin sebanyak 40 juta dosis, yang cukup buat digunakan pada 20 juta orang (vaksinnya dua kali dikasih). In case you’re wondering, vaksin ini diproduksi di Belgia.
Ada tantangan ga tapi?
Ada dong. Jadi salah satu yang jadi challenge dari vaksin ini adalah barangnya yang harus disimpan di suhu yang dingin banget, which is -70 sampai -80 derajat Celsius.  Moreover, vaksinnya harus disuntik dua kali secara berkala, jadi supply-nya nggak banyak.
Terus gimana? 
Well, untuk saat ini, Pemerintah Inggris udah nentuin siapa-siapa aja yang bakal divaksin duluan, kayak petugas medis, penghuni panti jompo, dan mereka yang emang beresiko tinggi. Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) Inggris juga udah menetapkan urutan usia yang jadi prioritas untuk dapetin vaksin, di mana yang lebih lanjut usia adalah prioritas utama.
 
Sounds great!
Yep, tapi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson teteup ngingetin warganya untuk jangan dulu hepi-hepi, terlalu optimis dan berpikir bahwa “perjuangannya udah selesai”. Menurut Mister Boris, yha memang perkembangan ilmu pengetahuan telah berhasil menemukan vaksin, tapi masih ada tantangan logistik yang signifikan banget.
Got it. Anything else? 
Not just the UK, ada beberapa negara lain juga yang bakal segera nyusul, kayak Amerika Serikat dan Uni Eropa.  Prancis udah menyatakan bahwa mereka bakal melakukan vaksinasi massal pada April 2021 nanti, meanwhileJepang baru aja membuat Undang-Undang tentang pemberian vaksin covid-19 secara gratis ke seluruh warganya. Furthermore, beberapa waktu lalu juga kita tahu bahwa China dan Russia udah mengizinkan penggunaan vaksin secara terbatas tanpa menunggu tahap percobaan terakhir.

Who’s just put the sign “closed” for good?

10 lembaga negara non-struktural yang baru aja dibubarin sama Pemerintah Indonesia.

 
What?
Yep, it’s official. Jadi pada 26 November lalu, Pak Jokowi baru aja menandatangani perpres yang mengatur soal pembubaran kesepuluh lembaga negara tersebut dan langsung diundangkan sama Kemenkumham. So yea, it’s official now.
 
Kenapa dibubarin sih?
Menurut alasan yang disebutin dalam perpres sih, pembubaran ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo juga menyebut bahwa  lembaga-lembaga ini dibubarin karena kinerjanya nggak sesuai sama harapan, dan malah bikin birokrasi jadi nggak efisien.
Harsh.
Yaa gitu. Jadi dengan adanya pembubaran ini, itung-itungannya, pemerintah bakal menghemat anggaran sebesar Rp227 miliar per tahun.
 
Now tell me what are those.
Here it is…
  1. Badan Koordinasi Nasional Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan
  2. Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia Tahun 2011-2025
  3. Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum
  4. Komite Nasional Persiapan Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN
  5. Dewan Riset Nasional
  6. Dewan Ketahanan Pangan
  7. Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura
  8. Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan
  9. Komisi Pengawas Haji Indonesia
  10. Komite Ekonomi dan Industri Nasional
  11. Badan Pertimbangan Telekomunikasi Indonesia
  12. Komisi Nasional Lanjut Usia
  13. Badan Olahraga Profesional Indonesia
  14. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia
Terus yang kerja di sana nasibnya gimana dong?
Well, Menurut Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB, Rini Widyanti, fungsi dari ke-sepuluh lembaga negara tadi nggak bakal hilang, tapi bakal digabungin sama kementerian yang sudah ada.  Meanwhile, nasib pegawainya yang rata-rata pegawai kontrak bakal diurus sesuai kontrak.
Ouch. Anything else? 
FYI guys, sejauh ini Pak Jokowi udah membubarkan 37 lembaga negara, and he’s not stopping there. Agenda pembubaran lembaga non-struktural ini masih akan berlanjut, dan rencananya akan ada 29 lembaga lagi yang bakal dibubarkan. Adapun berbagai lembaga yang dibubarkan rata-rata adalah karena fungsi lembaganya tumpang tindih.

What’s shrinking fast?

Definitely not my belly size.
Same.
 
So what?
The Amazon forest. Not so good news from Brazil,
di mana hutan tropis terbesar di dunia tersebut ukurannya mengecil secara cepeeeet banget
Secepet apa?
Well, menurut Brazil’s National Institute for Space Research (INPE) dalam keterangannya minggu ini, diketahui bahwa dalam periode sejak Agustus 2019 sampe Juli 2020, totalnya ada 11.088 km persegi hutan Amazon yang hancur. Angka ini naik 9,5% dari tahun-tahun sebelumnya, dan merupakan kejadian deforestasi paling parah sejak tahun 2008.
Kok bisa gitu? 
Yha sejujurnya kejadian deforestasi ini makin parah setelah Presiden Jair Bolsonaro mulai jadi presiden pada bulan Januari 2019. Presiden yang emang kontroversial ini kerap mengeluarkan kebijakan yang membahayakan hutan Amazon kayak menghentikan dana untuk lembaga-lembaga yang bertanggungjawab untuk mencegah terjadinya pembalakan liar, peternakan dan pertambangan di Amazon. Selain itu, Bolsonaro juga kerap menyangkal soal kebakaran hutan ini, sampe dia pernah berantem sama aktor Leonardo diCaprio soal kebakaran hutan yang terjadi di Amazon. Kata dia, justru diCaprio yang bakar hutan.
 
Random woy.
It’s 2020. Get used to randomness. FYI guys, soal rusaknya hutan Amazon ini, sebenernya para environmentalists udah sering mengkritik kebijakan Bolsonaro yang mendukung pembangunan ekonomi di hutan Amazon. Bolsonaro juga disebut sering memberikan lampu hijau buat kegiatan pembakaran hutan yang kemudian digunakan untuk perkebunan warga maupun peternakan.
Kayak sering denger di mana…gitu.
Sama. Nah nggak cuma dari para aktivis, Bolsonaro juga saat ini udah menerima “ancaman” dari 34 investor internasional yang menyebut bahwa kalo dia nggak mengatasi deforestasi hutan Amazon, maka para investor ini bakal mundur dari invest di Brasil. Untuk memenuhi tuntutan ini, pemerintah Brasil udah mulai melakukan berbagai kebijakan kayak melarang pembakaran lahan dan mengutus anggota militer untuk mengontrol kebakaran tersebut.
Ok, anything else? 
Sebagai hutan tropis terbesar di dunia, kebakaran hutan di Amazon yang parah ini juga jadi perhatian banyak negara. Pada debat capres AS di bulan September lalu, presiden AS terpilih Joe Biden bilang bahwa kalo dia jadi presiden, dia bakal memastikan bahwa negara-negara maju bakal patungan sebesar US$ 20 Milyar untuk dikasih ke Brasil dan meminta mereka untuk nggak bakar-bakar hutan lagi. Menanggapi hal ini, Bolsonaro bilang, “Aduh rumit dhe untuk memahami pernyataan yang nggak penting kayak gitu.”

For when you’ve seen a lot of Spotify-related IG stories lately…

Meet:  Spotify Wrapped 2020 
Yes, perasaan baru kemaren kita mulai WFH, eh tiba-tiba udah Desember aja.  Since most of us stay at home, chances are kamu punya lebih banyak waktu untuk dengerin musik di Spotify.  Nah, kalau kamu penasaran tentang lagu apa aja yang kamu sering denger di tahun ini, check out Spotify Wrapped.  Kamu bisa ke sini, log in ke Spotify account-mu, and voila!  Spotify Wrapped-mu bakal muncul. Selain ngasih informasi soal lagu yang paling sering kamu puter, Spotify Wrapped juga bisa bikin 100 playlist dari lagu-lagu yang paling banyak kamu dengerin dalam setahun, sampe channel podcast apa yang paling sering kamu dengerin. Dengan mengakses Spotify Wrapped ini, kamu jadi tahu tuh, seringnya dengerin lagu apa, penyanyi yang mana, to your favorite podcast channel. 
Quite a nice way to wrap your year.

“Pandemic”
 
Adalah kata paling terkenal di tahun 2020 versi kamus Merriam-Webster.
 
Nothing, not a surprise at all.

Editorial Note

Oooops, we made a mistake! Dalam newsletter kemarin, kami bilang:

  •  60 Juta warga meninggal karena Covid-19. Yang bener adalah 60 juta terinfeksi
  • Pilkada Serentak 2020 akan berlangsung di 9 September, yang benar adalah 9 Desember 2020 aka minggu depan.

    Sorry, again!

Catch Me Up! Recommendations

Snacking is good, but it shouldn’t make you feel guilty. Here are some snacks that can make you feel…less guilty. Go go go try!


Angel’s Stories

1. Jadi beberapa waktu terakhir ini aku lagi sering sedih karena ketidakjelasan kelanjutan kontrak aku di kantor yang bakal berakhir tahun ini. Kayaknya sih ga diperpanjang ya, karena emang kondisi lagi Covid-19 begini, dan klien di kantorku banyak banget yang nggak lanjut kerjasama dengan kita. Dalam kondisi kayak gini, aku cuma bisa curhat ke mamaku yang selalu nenangin aku dan nyemangatin aku. Dia selalu membesarkan hatiku dan mendorong aku untuk ngelamar-lamar kerja lagi. Satu quote dia yang aku selalu inget adalah, “Kirim aja terus lamaran kerja kamu, pasti ada satu yang nyangkut kok. Kayak mancing, kalo kamu terus-terusan melempar umpan, pasti ada satu ikan yang dapet.” Thank you mom!
-AL, Tangerang-
2. Punya orang-orang terdekat yang paham kejiwaan kita itu penting banget. Toxic relationship got me here, dengan segala trauma yang ada. Kena trigger dikit aja bisa jadi anxious parah belum ditambah panic attack. Bersyukur banget sekarang dikelilingin sama orang-orang yang sayang sama aku, mau dengerin cerita aku, paham segala trauma aku, dan bahkan mau nemenin aku ngelaluin perjalanan menuju sembuh 🙂 Teruntuk mas U & mba E, terima kasih banyak. Sayang banget sama kalian. Dan teruntuk manusia-manusia yang terjebak di toxic relationship, keluar sekarang, sayang-sayang sama diri sendiri ya..
-aku yang lagi usaha sembuh-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!