Indonesia Tutup Pintu Untuk Kedatangan WNA Awal Januari Mendatang

38

Who’s putting up the “closed” sign?

Indonesia.
 
To whom?
To WNA aka Warga Negara Asing. Yep, jadi guys, mulai tanggal 1 sampe 14 Januari 2021 mendatang, Indonesia nggak akan menerima kedatangan WNA di tanah air.
Hah kenapa?
Because of the obvious aka Covid-19. Nah kayak yang kamu tahu, baru-baru ini ditemukan varian baru virus corona yang lebih menular di Inggris dan udah menyebar ke berbagai negara. Karenanya, banyak negara yang kemudian menutup perbatasannya demi membendung penyebaran virus ini. Catch up on the new corona virus here.
 
Whoaaa tell me more!
Well, jadi kemarin, Menteri Luar Negeri RI Bu Retno Marsudi menyatakan bahwa pemerintah udah menggelar rapat terbatas soal varian baru vaksin ini, dan hasilnya, seluruh pintu kedatangan warga asing bakal ditutup selama dua mingguan tadi.
 
Terus terus…
Nah, jadi emang awalnya, Indonesia hanya melarang WNA dari Inggris, namun secara virusnya mudah menyebar dan udah mulai ditemukan di berbagai negara lain, jadinya yha aturan ini diberlakukan pada semua WNA.
Terus kalo yang udah nyampe Indonesia gimana?
Yha harus menuruti beberapa aturan yang berlaku. Pertama, WNA ini harus menunjukkan hasil PCR yang negatif yang berlaku 2×24 jam sebelum berangkat. Kedua, ketika sampai di Indonesia, mereka harus tes PCR lagi, sambil melakukan karantina lima hari di tempat yang udah disiapin Pemerintah RI. Terakhir, setelah karantina, WNA harus dites PCR lagi, dan kalo negatif, baru deh mereka diperbolehkan melanjutkan perjalanannya di Indonesia.
I see…
Yep, lebih jauh Bu Menlu bilang bahwa aturannya ini sesuai sama peraturan yang ada di dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol kesehatan selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021. Oh iya, nggak cuma buat WNA, namun aturan ini juga berlaku buat WNI yang balik ke Indonesia dari luar negeri.
Got it. Anything else I should know? 
Peraturan ini nggak berlaku bagi WNA yang merupakan pejabat ya gengs, yaitu levelnya Menteri ke atas. Jadi, pintu Indonesia masih terbuka untuk para pejabat-pejabat yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia, namun tetep aja, mereka harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat juga.  Last but not least, in case you’re wondering, sejauh ini Indonesia belum mendeteksi varian baru virus corona tadi.
 
Iiiiiii jangan sampe de….