Gubernur DKI Jakarta dan Wakilnya Didiagnosis Positif Covid-19

137

JAKARTA 1 & JAKARTA 2 POSITIF COVID-19.

Yes, in case you didn’t get any news yesterday, here’s the headline: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria didiagnosis positif Covid-19.
Wah serius? 
Yep, they both tested positive. Jadi dalam keterangan di Instagram pribadinya kemarin, Pak Anies menyampaikan bahwa beliau positif kena Covid-19. Hal ini diketahui setelah beliau melakukan tes PCR Hari Senin kemarin, nggak lama setelah mengetahui bahwa wakilnya juga positif.
Oh jadi yang kena duluan wakilnya?
Yep. Adapun Pak Riza Patria baru aja terkonfirmasi positif Covid-19 pada Hari Minggu lalu. Pak Riza disebut tertular dari staf pribadinya yang juga tertular dari kluster keluarga.
 
Terus gimana?
Yha sekarang, keduanya tengah menjalani isolasi mandiri. Pak Anies bilang dia bakal menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya sendirian, sedangkan keluarga bakal tinggal di rumah pribadi. Begitu juga dengan Pak Riza Patria yang juga lagi isolasi mendiri dan kondisinya sekarang berada dalam keadaan baik dan terkendali.
Terus, yang bakal mimpin Jakarta siapa dong? 
Still them. Jadi dalam aturannya, kalau kepala daerah nggak bisa memimpin daerahnya, maka Kemendagri bakal menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur untuk menjalankan roda pemerintahan. Namun Kemendagri udah bilang bahwa mereka nggak akan menunjuk PLT, karena Pak Anies sendiri masih bisa bertugas secara efektif.
 
Hah kata siapa?
Yha kata Pak Anies sendiri di IG-nya. Jadi sambil ngumumin positif itu, Pak Anies juga bilang bahwa beliau akan tetap bekerja mimpin rapat, dll secara virtual dari rumah. Pak Anies juga memastikan bahwa hal tersebut nggak akan mengganggu proses pengambilan keputusan dan pemerintahan di DKI Jakarta.
 
Any comments from anyone?
Yep, menurut Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Pak Moeldoko, Pak Anies masih bisa mimpin lewat akses komunikasi virtual, secara kan zaman sekarang, memimpin bisa dari mana aja. Beliau juga menyebut bahwa Pemerintah pusat bakal terus mengevaluasi perkembangan pemerintahan Pemprov DKI.
 
I see. Anything else?
Terkait kondisinya ini, Pak Anies juga didoain supaya cepet sembuh gengs, sama temen-temen sesama kepala daerahnya yaitu Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar Pranowo. Mereka menyampaikan supaya Pak Anies cepat pulih dan bisa memimpin lagi secara maksimal. Apresiasi juga datang dari anggota DPR Fraksi PAN, Bang Saleh Daulay yang, in his words “Kita apresiasi Anies, karena ada orang yang tidak mau menunjukkan. Ini contoh yang baik, tidak ada yang harus ditutupi, itu bukan aib, bisa diantisipasi untuk penanganan yang lebih baik.”
 
Spill bang, spiiiiiiiill