Diduga Melakukan Penyerangan Polisi Tembak Enam Simpatisan Habib Rizieq, Pilkada Serentak 2020 Digelar Bersamaan 270 Daerah, Negara Yang Berhasil Menekan Jumlah Penularan Covid-19, Mariah Carey Tampilkan Lagu Spesial Natal.

145

Good morning,

Happy Tuesday! Just a little reminder that tomorrow is national holiday due to Pilkada Serentak 2020, so we won’t be sending emails. If you are planning to cast your ballot tomorrow, don’t forget to always practice the health protocols. See you on Thursday!

What made headlines yesterday?

The death of six Habib Rizieq followers…
 
Hah?? What happened? 
Well, there are two sides of the story. Let’s start from the police side.
 
OK. 
Jadi Senin (7/12) dini hari kemaren, terjadi dugaan penyerangan terhadap polisi di Tol Jakarta-Cikampek. Menurut keterangan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, serangan ini sehubungan dengan pemanggilan pemeriksaan atas Habib Rizieq oleh polisi yang tadinya bakal dilaksanakan Senin pagi-nya.
 
Terus…
Terus menjelang pemeriksaan ini, beredar kabar bahwa akan ada pengerahan massa pada saat Habib Rizieq diperiksa, makanya polisi mau menyelidiki kebenaran dari kabar tersebut. Polisi kemudian ngikutin mobil yang diduga berisi simpatisan Habib Rizieq dan ketika itulah, kendaraan polisi kemudian dipepet dan diserang dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam.
 
I see…
Karenanya, kata Pak Fadil, polisi yang terancam keselamatan jiwanya itu kemudian melakukan tindakan tegas terukur terhadap kelompok tersebut hingga menyebabkan enam orang meninggal dunia dan empat lainnya kabur.
Emang Habib Rizieq dipanggil polisi kenapa? 
Well, HRS kan dipanggil polisi untuk diperiksa terkait kasus kerumunan massa di acara nikahan anaknya waktu itu. Nah, panggilan pertamanya itu sebenarnya Selasa (1/12) minggu lalu, tapi HRS nggak dateng dengan alasan kesehatan. Terus, HRS dapat panggilan kedua dari Polisi untuk diperiksa pada Senin (7/12).  Nah, berdasarkan informasi yang berkembang, simpatisan HRS berencana untuk mengerahkan massa lagi untuk mengawal HRS diperiksa kemaren.  Karena itulah polisi ngikutin mereka.
 
Terus terus…
Yha dari kejadian kemarin itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa dua pucuk pistol revolver, beberapa butir peluru, celurit, tongkat, dan samurai yang ada tulisan kanjinya–or ehm.. pedang katana sih sebenernya–dan pedang panjang.
 
Now versi FPI.
Got it. Kalo dari FPI, seperti dijelaskan sama Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis, kronologisnya beda banget gengs. Jadi emang terjadi bentrokan antara pendukung Rizieq Shihab dengan aparat kepolisian di Tol Cikampek, tepatnya dekat Pintu Tol Karawang Timur. Awalnya, Senin itu Habib Rizieq sama keluarganya lagi mau mengikuti acara pengajian subuh yang digelar khusus keluarga inti di wilayah yang nggak disebutkan namanya. Terus tiba-tiba, rombongan Habib Rizieq itu dihadang sama orang yang nggak dikenal yang diduga merupakan bagian dari operasi penguntitan Rizieq. Menurut Shabri, kelompok itu kemudian mengeluarkan tembakan kepada laskar pengawal keluarga.
 
OMG….
Yep, Shabri juga bilang bahwa orang-orang yang menghadang rombongan FPI tersebut melakukan penembakan dan penculikan terhadap satu mobil yang berisi enam orang laskar. Sampai saat ini, nggak diketahui di mana orang-orang yang diduga diculik itu. FPI juga membantah bahwa terkait dugaan kepemilikan senjata api. Menurut sekretaris FPI Munarman, laskar FPI nggak pernah punya senjata api.
So what now? 
So far, jenazah simpatisan FPI masih ada di Kamar Mayat RS Polri Kramat Jati untuk diselidiki dulu.  Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono bilang kalau jenazah belum bisa dikembalikan ke keluarga karena polisi masih menyelidiki kejadian tersebut.
 
Terus Habib Rizieqnya gimana kondisi sekarang?
Ga disebutin sih gengs, gimana kondisi Habib Rizieq seusai insiden tersebut. Yang pasti kata Pak Shabri, pihaknya nggak akan membeberkan di mana lokasi Rizieq dan keluarganya saat ini. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan keluarga Rizieq karena jelas-jelas kemarin itu ada upaya penembakan terhadap rombongan beliau dan sampai saat ini masih enam orang laskar yang hilang diculik.

Got it. Anything else I should know?
Well, menurut Direktur Amnesty International Indonesia Usman Hamid, kalau dilihat dari Peraturan Kapolri tentang Penerapan Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Pelaksanaan Tugas Kepolisian RI No. 8 Tahun 2009, harusnya polisi nggak boleh langsung tembak seenaknya aja. Penggunaan senjata api adalah opsi paling akhir dan cuma dibolehin kalau ada nyawa manusia yang harus diselamatkan. In fact, Usman menilai kalau kasus bentrok ini berpotensi menjadi ‘unlawful killing’ aka pembunuhan yang terjadi di luar hukum.  MeanwhileKomnas HAM bilang kalau mereka udah buat tim khusus untuk mendalami informasi yang beredar dan menyelidiki kasusnya.

For when Pilkada Serentak is tomorrow and you’ve been told to vote… 

Yea I will. Wazap?
Big day tomorrow. Kalo daerahmu bakal menggelar pilkada, just a gentle reminder to use your rights. Also on that, rencananya Personel Mabes Polri aka polisi juga bakal turun ke lapangan untuk ‘membujuk’ masyarakat supaya ikutan milih di Pilkada 2020.
 
Interesting, why?
Well, menurut Asisten Operasi Kapolri Irjen Imam Sugianto, personel polisi bakal mengajak warga untuk ke tempat pemungutan suara (TPS) demi meningkatkan partisipasi masyarakat. Alasannya, polisi mau mendukung KPU dalam upayanya mencapai target partisipasi pemilih sebanyak 77,5 persen.
I see…
Nah selain untuk ‘membujuk’ warga untuk nyoblos, personel satuan Brimob dan Samapta Nusantara juga bakal bertugas untuk pengamanan, khususnya di daerah rawan pilkada. Totalnya, bakal ada 3.400 personel yang akan bertugas selama Pilkada berlangsung.
 
Tell me again about this Pilkada Serentak 2020.
OK. Pilkada 2020 ini bakal digelar barengan di 270 daerah. Adapun pemilih yang udah terdaftar ada seratus jutaan orang, dan sebenernya karena lagi pandemi, banyak dari masyarakat yang meminta supaya Pilkada ini ditunda. Tapi pemerintah memutuskan untuk lanjut terus and well, here we are. 
Terus gimana?
Just…. be very careful. Pas kamu ke TPS besok, jangan lupa untuk selalu mempraktekkan prokes dan jangan ngumpul-ngumpul. FYI guys menurut Badan Pengawas Pemilu aka Bawaslu, hingga kemarin masih ada 1.420 TPS yang nggak memenuhi standar protokol kesehatan. Adapun TPS yang nggak memenuhi standar kesehatan ini adalah yang lokasinya sempit, di dalam ruangan, dll. Jadi hati-hati banget ya guys, abis nyoblos langsung pulang aja.
 
I see, anything else I should know?
Well, are you tired of hearing “kepala daerah terjerat korupsi?” Yep, from time to time, kita sering banget kan denger ada bupati, wali kota atau gubernur yang dijerat KPK karena nerima suap lah, motong dana daerah lah, dll. Nah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa pilihanmu besok nggak salah adalah dengan…get to know them. Learn about jejak kasus korupsi di daerahmu, hingga daftar kekayaan para pejabat di sana. You can got all the information here.

For when you’re wondering which countries are safe from covid-19…

Here is the list. 

 
Are we on the list, too? 
Not yet. Well, as you know, jumlah kasus covid-19 saat ini di banyak negara masih naik terus, bahkan total kasusnya secara global udah mencapai 67.390.471 di 218 negara. Nah ternyata, nggak semua negara jumlah kasusnya meningkat. Ada juga loh negara-negara yang angka penularan Covid-19 nya malah turun.
Welp di mana aja
Ada 6 negara yang berhasil menekan laju penularan pandemi di negaranya, bahkan hingga mencapai nihil kasus Covid-19. Ini dia daftarnya!

  • New Zealand: 
    • Perdana Menteri NZ Jacinda Ardern telah menerapkan kebijakan lockdown yang ketat dan cepat (nggak nunggu kasusnya tinggi dulu baru di-lockdown) pas kasus Covid-19 pertama kali ditemukan di sana. Negara ini juga sering melakukan tes massal untuk menekan penularan Covid-19.
    • Per 8 Juni 2020, NZ mengumumkan bahwa pasien covid-19nya yang terakhir udah sembuh.  Unfortunately, baru-baru ini, ada kasus lagi, sekitar 56 kasus corona.
    • Total kasus: 2.079 kasus positif covid-19 dan 25 kematian.
  • Singapore:
    • Negara tetangga kita ini pernah jadi negara dengan kasus covid-19 terbanyak di Asia Tenggara, namun sekarang angkanya udah jauh  berkurang. Beberapa kebijakan yang diterapkan pemerintah setempat adalah protokol kesehatan, pemeriksaan, pelacakan kontak, dan semua ini berhasil menurunkan jumlah kasus di Singapura. Saat ini, Singapur udah nggak punya kasus covid-19 yang terjadi via penularan lokal lagi, dan kebanyakan kasusnya adalah impor.
    • Total Kasus: 58.260 kasus, 29 kematian.
  • Brunei Darussalam:
    • Saat ini, hanya ada satu kasus covid-19 yang aktif di Brunei guys. Jadi Brunei termasuk ke dalam salah satu negara pertama yang melarang perjalanan ke China, terutama Provinsi Hubei. Larangan tersebut diberlakukan sejak Januari, setelah kasus pertama dideteksi di Wuhan, Hubei.
    • Total Kasus: 151 kasus, 3 kematian.
  • Vietnam:
    • Vietnam juga sukses menangani covid-19, di mana kebijakan pelacakan kontak dan pemeriksaan yang dilakukan pemerintah daerah dinilai berhasil mengendalikan penularan virus di sana. Vietnam juga dengan sigap memperketat peraturan soal masuknya warga negara asing dan menerapkan karantina yang ketat.
    • Total Kasus: 1.366 kasus, 35 kematian.
  • China:
    • China dinilai berhasil juga dalam menangani covid-19 meskipun merupakan Negara asal mula virusnya. China menerapkan kebijakan lockdown yang ketat banget dan melakukan pemeriksaan massal. Meskipun masih ada kasus aktif, rata-rata kasusnya berasal dari luar negeri.
    • Total Kasus:  86.634 kasus, 281 kasus masih aktif.
  • Thailand 
    • Pada September kemarin, Thailand berhasil mendapat rekor 100 hari tanpa kasus baru corona sejak 26 Mei. Thailand menerapkan kebijakan imigrasi yang ketat walaupun sektor wisatanya turun drastis.
    • Total Kasus: 4.107 kasus, dan 60 kematian. Sementara 179 kasus masih aktif.

For when you could use a liiiittle festive right now…

Watch this video.
Yep, cukup sudah dengan segala drama-drama di tahun 2020, and we totally understand if you really need a breaker (though it’s still Tuesday! no judging really!). Nah, satu hal yang bisa kamu lakukan to get into the holiday spirit adalah dengan menikmati ini nih, tayangan “Mariah Carey’s Magical Christmas Special” di Apple TV. Jadi dalam acara yang diluncurkan Apple TV pada 4 Desember lalu ini, Carey menampilkan berbagai lagu Natal yang nggak cuma asik banget to sing along, tapi juga dengan setting-an yang super festive dan mevvah. Jadi di settingan lokasinya itu ada pohon natal yang tinggi banget, berbagai macam ornamen, glitter, hingga mobil convertible dan arena ski. Nah nggak cuma settingnya yang rame, namun dalam acara ini, Mariah Carey juga duet bareng penyanyi lain kayak Ariana Grande, Jennifer Hudson, Tiffany Haddish, Billy Eichner, Snoop Dogg, Jermaine Dupri, Misty Copeland and Mykal-Michelle Harris.
 
So, ready to get into your holiday spirit? Let’s go here!

“This is the engine that will take the first woman to the surface of the Moon,”
 
Gitu isi caption Instagramnya bos Amazon, Jeff Bezos pas ngeposting soal uji coba atas BE-7, yang merupakan roket yang dibuat oleh perusahaan roketnya, Blue Origin. Jadi rencananya, NASA mau mengirimkan perempuan untuk pertama kalinya ke bulan di tahun 2024 nanti, dan salah satu perusahaan yang dipilih oleh NASA untuk membuat roketnya adalah Blue Origin ini. Adapun uji coba ini dilakukan di Huntsville, Alabama over the weekend kemarin.
 
BRB, we’re applying for a job in NASA.

Catch Me Up! Recommendations

Break up is hard, but break up during pandemic? Here, you might need these tips.

Angel’s Stories

1. Aku belajar jualan via dropship di e-commerce. Udah lama banget gaada pembeli. Terus beberapa hari yg lalu, tiba-tiba ada notif dapat pembeli. Aku coba proses (dengan segala keruwetan update stok dan resi, smpt ada salah2 jg). Tapi syukurlah pembelinya pengertian. Di akhir transaksi, aku bilang, “Makasih kak, s’moga hidupmu diliputi kebahagiaan”… Dia blg, “Sukses ya buka olshopnya.” Thanks buyer, you really made my da❤
-N, lucky person-
2. Jadi karena pandemi ini aku harus balik ke kota halaman, Solo, setelah merantau lebih dari 10 tahun. Ini stay aku paling lama di Solo sejak 2009! Sebelumnya stay paling lama cuma sebulan, dan itu jarang banget, terakhir 2015-an gitu. Tahun ini stay di Solo uda sejak Juli. Aneh sih rasanya, karena banyak temen yang uda berkeluarga, dan temen kampus juga uda di mana-mana, jadi kadang ngerasa sepi dan bosen. Trus aku memutuskan untuk join yoga di Solo. Ternyata guru yoga di sini tuh seru seru banget! Mereka welcome kalo kita ajak ngobrol dan nyoba pose baru. Aku mulai kenal banyak temen – temen yoga baru. Kebanyakan mamah mamah muda sih. Cuma aku ngerasa ini komunitas yoga paling open yang pernah aku tau, ga yang eksklusif gitu lho. Happy banget rasanya kayak dapet keluarga baru! Apalagi kalo diajakin photo session ya, pasti pada semangat semua. Thank you, komunitas baru aku~~ Pasti sedih deh kalo nanti harus balik lagi ke rantau~
-Introverted extrovert-
3. Aku baru tahun ini pakai dan ngurus motor sendiri buat ke kantor. Setiap isi angin ban di bengkel, aku selalu sudah ngeluarin uang buat bayar, tapi sama abangnya selalu dikasih gratis. Walaupun cuma angin ban tapi kan ada effort juga yang mereka kasih. Semoga usahanya lancar-lancar ya, bang.
-D, Natuna-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!