Corona Updates 28 Desember 2020

36

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

As always, we start from…
 
Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 713.365 kasus, 21.237 meninggal (3,0% dari Terkonfirmasi), dan 583.676 (81,8% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (161.519 kasus), Jawa Timur (74.550 kasus), Jawa Barat (72.896 kasus), Jawa Tengah (70.653 kasus), dan Sulawesi Selatan (25.274 kasus).
  • Menjelang malam pergantian tahun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk nggak membuat acara yang menimbulkan keramaian pada malam Tahun Baru 2021. Kang Emil mengatakan pihaknya melarang perayaan pergantian tahun yang menghadirkan keramaian untuk mencegah lonjakan kasus positif Covid-19.
  • Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, weekend kemarin baru aja menyampaikan rencananya untuk menutup sementara Jembatan Suramadu pada malam Tahun Baru 2021 untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Pak Whisnu bilang bahwa rencana ini udah dibilangin juga ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, and she said yes.
  • Minggu lalu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito bilang bahwa distribusi vaksin Covid-19 bakal dilakukan secara  bertahap dengan mengutamakan populasi dan wilayah yang berisiko tinggi. Pak Wiku menambahkan bahwa Vaksin Merah Putih yang saat ini lagi dikembangkan sama Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman udah menjadi kandidat vaksin yang akan digunakan mengatasi pandemi di Indonesia. Targetnya, setelah lulus uji klinis dan praklinis, vaksin Merah Putih mendapat izin edar pada 2021.
  • PT Angkasa Pura II (Persero) kemarin baru aja membuka layanan rapid test antigen dan PCR bagi masyarakat umum di Bandara Soekarno Hatta. Menurut keterangan dari pihak AP II, Layanan dibuka dengan tujuan untuk menampung animo masyarakat yang ingin mengetahui kondisi kesehatan mereka terkait covid-19.
  • Ga cuma AP, tapi PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga udah nyiapin tambahan stasiun penyedia layanan rapid test antigen bagi calon penumpang kereta api yang saat ini udah ada total 25 titik. Weekend kemarin, VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebut bahwa harga rapid test antigen di 25 stasiun tadi adalah sebesar Rp105 ribu per orang. Pengen tau stasiunnya di mana aja? Cek daftarnya di sini yuk!
  • Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan siap menjadi orang pertama di wilayahnya yang disuntik vaksin Covid-19. Khofifah mengatakan pemprov Jatim mempunyai jatah vaksin sebanyak 317.000 dan harus menjadi bagian dari komitmen bersama untuk menangani penyebaran Covid-19.
  • Seiring dengan munculnya varian baru virus Covid-19 di Inggris, pemerintah Indonesia pun udah mulai waspada. Menurut Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, pemerintah udah siap mengantisipasi dan memperketat masuknya para pendatang ke tanah air, khususnya dari Eropa dan Australia.

    International.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 80.435.226 kasus dan 1.759.408 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (18.986.062 kasus), India (10.187.850 kasus), Brazil 7.465.806 kasus), Russia (3.019.972 kasus), dan Prancis (2.608.277 kasus).
  • Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan bahwa per kemarin, udah hampir dua juta dosis vaksin corona telah diberikan kepada penduduk Amerika Serikat. Adapun jumlah total vaksin itu termasuk gabungan antara vaksin Pfizer dan Moderna.
  • Pemerintah Kanada pada Sabtu kemarin baru aja melaporkan dua kasus pertama infeksi virus corona varian baru yang sebelumnya mewabah di Inggris. Sebagai respons atas penemuan ini, pemerintah setempat kemudian melakukan lockdown atas Ontario, yang merupakan provinsi terpadat di negara itu sejak tanggal 26 Desember hingga Januari mendatang.
  • Per hari ini, Jepang bakal melarang kedatangan pengunjung dari luar negeri dan aturan ini rencananya akan berlaku hingga akhir Januari 2021. FYI guys, pelarangan itu disebabkan oleh ditemukannya beberapa varian Covid-19 baru dari Inggris yang ditemukan di Jepang.
  • Seiring dengan belum ada satu pun vaksin Covid-19 yang di-approve sama pemerintah Thailand, maka kemarin, otoritas setempat mengeluarkan larangan rumah sakit untuk mempromosikan vaksin Covid-19. Yep, emang sejak beberapa negara nge-approve vaksin, khususnya dari Pfizer dan Moderna, maka beberapa rumah sakit di negeri Gajah Putih itu udah mulai nawarin PO vaksin dengan harga mencapai 10.000 baht (US $330).
  • Per kemarin, mayoritas negara di Uni Eropa udah mulai menyuntikkan vaksin pada warganya sebagai upaya untuk membendung penularan virus Covid-19. Adapun mereka yang dapet suntikan pertama punya latar belakang yang macem-macam, kayak kalo di Spanyol, orang yang mendapat suntikan vaksin pertama adalah seorang nenek umur 96 tahun dari Guadalajara, begitu juga di Swedia, di mana orang pertamanya adalah seorang nenek umur 91 tahun. Meanwhile in Italy, penerima vaksin pertamanya adalah tenaga medis dan di Czech Republic, orangnya adalah sang Perdana Menteri, Andrej Babis.