Corona Updates 28 Desember 2020, BKN Sebut Bakal Ada Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2021, Lebih Dari Setengah Jumlah Orang Dewasa Di China Alami Obesitas, Penyanyi Beyonce Donasi 500 Ribu Dollar US Untuk Warga.

139

Good morning,

 
Fiuuuh, finally a much needed long holiday we deserve. Now, as we’re heading to another long weekend, we know at least two things: One, you are not focusing on your work right now, and secondly, you are already thinking so much about your New Year’s plan. Amirite?

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

As always, we start from…
 
Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 713.365 kasus, 21.237 meninggal (3,0% dari Terkonfirmasi), dan 583.676 (81,8% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (161.519 kasus), Jawa Timur (74.550 kasus), Jawa Barat (72.896 kasus), Jawa Tengah (70.653 kasus), dan Sulawesi Selatan (25.274 kasus).
  • Menjelang malam pergantian tahun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk nggak membuat acara yang menimbulkan keramaian pada malam Tahun Baru 2021. Kang Emil mengatakan pihaknya melarang perayaan pergantian tahun yang menghadirkan keramaian untuk mencegah lonjakan kasus positif Covid-19.
  • Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, weekend kemarin baru aja menyampaikan rencananya untuk menutup sementara Jembatan Suramadu pada malam Tahun Baru 2021 untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Pak Whisnu bilang bahwa rencana ini udah dibilangin juga ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, and she said yes.
  • Minggu lalu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito bilang bahwa distribusi vaksin Covid-19 bakal dilakukan secara  bertahap dengan mengutamakan populasi dan wilayah yang berisiko tinggi. Pak Wiku menambahkan bahwa Vaksin Merah Putih yang saat ini lagi dikembangkan sama Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman udah menjadi kandidat vaksin yang akan digunakan mengatasi pandemi di Indonesia. Targetnya, setelah lulus uji klinis dan praklinis, vaksin Merah Putih mendapat izin edar pada 2021.
  • PT Angkasa Pura II (Persero) kemarin baru aja membuka layanan rapid test antigen dan PCR bagi masyarakat umum di Bandara Soekarno Hatta. Menurut keterangan dari pihak AP II, Layanan dibuka dengan tujuan untuk menampung animo masyarakat yang ingin mengetahui kondisi kesehatan mereka terkait covid-19.
  • Ga cuma AP, tapi PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga udah nyiapin tambahan stasiun penyedia layanan rapid test antigen bagi calon penumpang kereta api yang saat ini udah ada total 25 titik. Weekend kemarin, VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebut bahwa harga rapid test antigen di 25 stasiun tadi adalah sebesar Rp105 ribu per orang. Pengen tau stasiunnya di mana aja? Cek daftarnya di sini yuk!
  • Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan siap menjadi orang pertama di wilayahnya yang disuntik vaksin Covid-19. Khofifah mengatakan pemprov Jatim mempunyai jatah vaksin sebanyak 317.000 dan harus menjadi bagian dari komitmen bersama untuk menangani penyebaran Covid-19.
  • Seiring dengan munculnya varian baru virus Covid-19 di Inggris, pemerintah Indonesia pun udah mulai waspada. Menurut Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, pemerintah udah siap mengantisipasi dan memperketat masuknya para pendatang ke tanah air, khususnya dari Eropa dan Australia.

    International.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 80.435.226 kasus dan 1.759.408 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (18.986.062 kasus), India (10.187.850 kasus), Brazil 7.465.806 kasus), Russia (3.019.972 kasus), dan Prancis (2.608.277 kasus).
  • Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan bahwa per kemarin, udah hampir dua juta dosis vaksin corona telah diberikan kepada penduduk Amerika Serikat. Adapun jumlah total vaksin itu termasuk gabungan antara vaksin Pfizer dan Moderna.
  • Pemerintah Kanada pada Sabtu kemarin baru aja melaporkan dua kasus pertama infeksi virus corona varian baru yang sebelumnya mewabah di Inggris. Sebagai respons atas penemuan ini, pemerintah setempat kemudian melakukan lockdown atas Ontario, yang merupakan provinsi terpadat di negara itu sejak tanggal 26 Desember hingga Januari mendatang.
  • Per hari ini, Jepang bakal melarang kedatangan pengunjung dari luar negeri dan aturan ini rencananya akan berlaku hingga akhir Januari 2021. FYI guys, pelarangan itu disebabkan oleh ditemukannya beberapa varian Covid-19 baru dari Inggris yang ditemukan di Jepang.
  • Seiring dengan belum ada satu pun vaksin Covid-19 yang di-approve sama pemerintah Thailand, maka kemarin, otoritas setempat mengeluarkan larangan rumah sakit untuk mempromosikan vaksin Covid-19. Yep, emang sejak beberapa negara nge-approve vaksin, khususnya dari Pfizer dan Moderna, maka beberapa rumah sakit di negeri Gajah Putih itu udah mulai nawarin PO vaksin dengan harga mencapai 10.000 baht (US $330).
  • Per kemarin, mayoritas negara di Uni Eropa udah mulai menyuntikkan vaksin pada warganya sebagai upaya untuk membendung penularan virus Covid-19. Adapun mereka yang dapet suntikan pertama punya latar belakang yang macem-macam, kayak kalo di Spanyol, orang yang mendapat suntikan vaksin pertama adalah seorang nenek umur 96 tahun dari Guadalajara, begitu juga di Swedia, di mana orang pertamanya adalah seorang nenek umur 91 tahun. Meanwhile in Italy, penerima vaksin pertamanya adalah tenaga medis dan di Czech Republic, orangnya adalah sang Perdana Menteri, Andrej Babis.

For when your parents always tell you to apply for CPNS… 

Get ready for it! 
 
Is it open yet? 
Not yet, but soon. Karena kemarin Bidang SDM Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko, bilang kalau bakal ada formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021.
Are you sure? 
Yep.  Menurut Widjinarko, formasi CPNS yang bakal dibutuhkan adalah di bidang kesehatan, pendidikan, juga tenaga teknis yang dibutuhin pemerintah tahun depan, termasuk pemerintah daerah.  For now, setiap instansi daerah maupun pusat, lagi ngumpulin usulan mereka terkait posisi-posisi pegawai baru apa aja yang dibutuhin.
I see, when will it be open? 
Belum ada tanggal yang fixed-nya gengs.  Tapi, katanya sih jadwalnya bakal sesuai sama PP Nomor 11 Tahun 2017.  Peraturan ini harusnya diterapkan tahun ini, but since nggak ada rekruitmen, jadinya diterapin untuk tahun 2021 nanti.  Based on PP ini, deadline usulan posisi dari daerah dan pusat adalah bulan Maret 2021, terus Mei 2021 bakal ditentuin posisi apa aja yang dibuka.
Ok, ada bocoran posisinya nggak? 
Yang udah pasti itu adalah formasi 1 juta guru, dan seleksinya bakal melalui tiga tahapan.  Moreover, tenaga medis juga dibutuhkan banget gengs.  Terus, tenaga ahli/teknis sesuai dengan rencana pembangunan Indonesia di tahun 2021.  Intinya sih yang sesuai dengan rencana pembangunan Indonesia.
Oo ok..go on.. 
Ok.  Katanya, total usulan formasi yang masuk ke pusat itu sekitar 113.172, dan 438.170 ke pemerintahan daerah.  Instansi yang bakal melakukan rekrutmen adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).
I see, anything else? 
Awalnya, Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo bilang kalau usulan rekrutmennya bisa dilakukan bulan April sampai Mei tahun 2021.  Tapi, ternyata bakal ada perpanjangan usulan formasi tahun 2021 sampai akhir Agustus 2021 gengs.

For when we’re still talking about the pandemic, but not Covid-19…

There’s another pandemic, seriously?
Yep. Everybody, meet: Obesity. Yang emang pada tahun 1997 lalu udah dideklarasikan sama WHO sebagai masalah kesehatan publik dan merupakan global pandemic.
 
Obesity maksudnya…kegemukan?
Yep, but today, we’ll specifically talk about China. 
 
What about it?
Jadi dari studi terbaru yang dilakukan oleh National Health Commission-nya China minggu lalu, diketahui bahwa lebih dari setengah populasi orang dewasa di China masuk ke dalam kelompok overweight.
 
Whaaaaaaat?
Yep. Lebih jauh, disebutkan juga bahwa angka obesitas di China naik dalam dua dekade terakhir, dari 7,1% di tahun 2002 jadi 16,4% di tahun ini. Laporannya juga menyebut bahwa 50,7% dari orang dewasa di China mengalami kelebihan berat badan, termasuk yang obesitas. Nah itung-itungannya, dengan total populasi China sekitar 1,4 miliar, berarti sekitar setengah miliar orang di China kelebihan berat badan. That’s more than jumlah penduduk Indonesia guize.
Whoaaaa how did this happen?
Well, disebutkan bahwa tentunya ada beberapa hal yang menyebabkan perubahan dari pola makan ini. Misalnya faktor sejarah, di mana pada tahun 1950-an sampe 60an, China mengalami wabah kelaparan hebat yang menyebabkan sekitar 45 juta orang mati kelaparan. Waktu itu, warga China banyak yang bergantung pada kupon makanan dari pemerintah yang bisa dituker sama beras, daging dan telur. Nah pembagian kupon ini berakhir pada tahun 1993, dan menjadi simbol bahwa pada saat itu, kelangkaan makanan udah berakhir dan warga China udah bebas makan apa aja.
Terus…
Terus yha seiring dengan cepatnya pertumbuhan ekonomi di negeri tirai bambu tersebut, warga juga makin banyak duit dan menyebabkan pola konsumsi warganya bergeser, jadi lebih banyak kalorinya. There’s also some political reason, di mana dengan akses internet, informasi, hingga diskusi politik yang dibatasi banget sama pemerintahnya, maka makan aja yang nggak dibatasi…
Well, is that a problem though?
Yep, karena makanan yang berlebihan ini mendatangkan masalah baru yaitu...food waste. Jadi menurut catatan, di tahun 2015, China “membuang” makanan yang kalo diitung-itung, bakal cukup untuk ngasih makan at least 30 sampe 50 juta orang. Menurut Presiden Xi Jinping, hal ini termasuk “shocking and distressing”, dan karena itulah, per Agustus lalu, China mulai menjalankan kampanye anti-food waste yang meminta warganya untuk nggak buang-buang makanan dan juga memonitor those who do so.
Got it. Anything else I should know? 
Technically, standar ukuran tingkat obesitas dan keberatan badan di China ternyata lebih ketat dibanding standar global, yang ditentukan oleh WHO (World Health Organization). Jadi WHO mengatur bahwa Body Mass Index (BMI) atau rasio berat dan tinggi untuk yang kelebihan berat badan adalah 25 ke atas, dan kalo udah lebih dari 30, berarti obesitas.  Meanwhile in China, BMI lebih dari 24 udah termasuk kelebihan berat badan, dan BMI lebih dari 28 udah dibilang obesitas.

Who’s just decided to be a real life Santa?

Yep, penyanyi yang musiknya selalu sukses bikin kamu merasa empowered (irreplaceable pas abis putus, everyone?) itu, minggu lalu baru aja mengumumkan bahwa dia bakal ngasih bantuan buat orang-orang di Amerika Serikat yang terancam diusir dari kontrakannya karena nggak bisa bayar biaya sewa tempat tinggal. A little background here, jadi kan karena pandemi Covid-19 ini, pemerintah di sana memberlakukan moratorium aka pemberhentian sementara pembayaran sewa rumah untuk para penyewa. Nah moratorium ini berakhir pada 26 Desember lalu, dan konsekuensinya, para penyewa tadi udah harus bisa bayar biaya sewa tempat tinggalnya lagi secara full, plus bayar biaya sewa dari bulan-bulan lalu di mana moratorium masih berlaku.
Kondisi ini kemudian diprediksi bakal bikin jutaan orang terusir dari rumah atau apartemennya, secara dari itung-itungan sensus AS, ada kira-kira 9,2 juta warganya yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19. Akibatnya, orang-orang ini terancam nggak bisa bayar biaya sewa.
Here’s when Beyoncé comes to the rescue, karena lewat program amalnya, namanya BeyGOOD Impact Fund, mantan personel Destiny’s Child ini bakal nyumbangin dana sebesar US$ 500,000 untuk 100 orang warga yang daftar di websitenya. Nanti, orang-orang ini bakal masing-masing dapet duit sebesar US$ 5,000 untuk membayar uang sewa.
 
Who run the worrrrld? Queen B

“Urat pesimis saya udah putus!”
Gitu kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru Pak Sandiaga Uno di acara diskusi virtual bareng para kepala dinas pariwisata kabupaten dan kota seluruh Indonesia minggu lalu. Kata Pak Sandi, dia optimis banget bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia bisa kembali tumbuh, lewat kerja sama semua pihak.
 
Don’t we all want Pak Sandi’s confidence for 2021?

Catch Me Up! Recommendations

If starting a business is in your 2021 resolution list, then you might want to start from these inspirational series first…

Angel’s Stories

1. Hai sobat CMU, jadi kan kemarin saya bareng mama dan kakak ikut acara Natalan di gereja tempat tinggal saya. Nah acara natalan ini diadakan khusus untuk keluarga pelayan gereja, di mana mama saya salah satu pelayan gereja mewakili sektor tempat tinggal kami. And kelar Natalan, ada tuh acara syukuran makan-makan di ruang serba guna (btw acara nya sudah sesuai prokes yaaa 🙂 ). Habis acara makan-makan so pasti bakalan balik ke rumah masing-masing, di mana kondisi udah malem dannn jejeng datang ujan deres. Nahhh pas nunggu di luar, saya dan mama liat bapak pelayan gereja dari sektor lain yang baru saja habis operasi sebanyak 3x dan make pen nungguin jemputannya (biasanya yang jemput betor). Sebelumnya saya tau bapak tersebut terkena musibah tersetrum dan jatuh dari bangunan tinggi yang mengakibatkan patah tulang, dan sempat lumpuh (infonya saya dapat dari kitabisa.com pas saya masih di Bali buat ngelanjutin kuliah sebelum balik ke rumah). Nah pas masih di Bali, yang notabenenya masih mahasiswa dan ngekost kan punya duit pas-pasan, karena tau bapak tersebut merupakan salah satu pelayan gereja di tempat saya, maka saya donasiin sebisanya 🙂 dan berharap suatu saat bisa ngebantu bapaknyaaa. Finally, saya dan mama langsung ngajak bapak tersebut beserta keluarganya buat pulang bareng dan istrinya lagi gendong dede bayi. (coba bayangin udah malem, mau pulang datang ujan deres dan dijemputnya mau pakai motor :(. Dan pas diajak biar pulang bareng, si bapak langsung senyumm :)), habis tu saya payungin bapaknya dan keluarganya juga kakak dan mama saya ke mobil deh. Nah habis tuh langsung ngantar ke rumahnya. Pas udah nyampe rumah bapaknya bilang makasih banyak berkali-kali serta keluarganya yang seketika membuat saya tersenyum dan mengucap syukur dalam hati bisa membantu orang lain. Dan ternyata harapan saya pas di Bali yang pengen banget ngebantu si bapak terwujud :).Pengalaman kemarin mengingatkan saya, ngebantu orang tu ga harus tunggu sukses dan punya materi.Sehat selalu ya pak dan lekas sembuh :))
-BALIGE, 22-12-2020-
2. Beberapa hari terakhir ini aku streess banget tiba-tiba jadwal magangku berubah WFH terus langsung disuruh bikin tugas akhir. Bersyukurnya punya temen yang supportif mau nemenin WFH di cafe dari pagi sampai sore, ngajakin aku ke kosnya, bantuin aku ngerjain tugas akhir, sampai semangatin aku presentasi. Terharu banget semoga temenku selelau diberikan kesehatan.
-Riz-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!