Corona Updates 21 Desember 2020, Mahkamah Agung Larang Pengunjung Di Persidangan Untuk Ambil Foto dan Video, Temuan Kapal Laut Tak Berpenghuni Berisikan Narkoba.

149

Good morning,

Welcome to your Christmas week, where everywhere you go, *though we hope you won’t*, all you hear is Mariah Carey’s “All I want for Christmas is you” on repeat. Yep, everywhere. This year, let’s change the lyrics a little bit “All I want for Christmas is…Covid-19 to disappear”. You sing you lose.

As always, we start off with… your Covid-19 weekly briefing.

Christmas is almost here, aaaaand so does the vaccine. Today, we’ll talk more about it, and in case you missed last week’s talkshow on our IGTV, you can check it here. You know, when she talked about the experiences of becoming the volunteer for Moderna vaccine candidates and all the effects that she experienced after the shot aaaand… does anyone know what is mRNA? Check it now. Or later. Your choice. Now let’s hear it…
From home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 664.930 kasus, 19.880 meninggal (3,0% dari Terkonfirmasi), dan 541.811 (81,5% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (161.519 kasus), Jawa Timur (74.550 kasus), Jawa Barat (72.896 kasus), Jawa Tengah (70.653 kasus), dan Sulawesi Selatan (25.274 kasus).
  • Kemarin, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu mendatang. Beliau juga menegaskan bahwa vaksinnya bakal gratis dan tersedia buat seluruh masyarakat tanpa terkecuali.
  • Demi mengurangi warga yang bepergian pada libur natal dan tahun baru, beberapa daerah udah mewajibkan penggunaan rapid test antigen untuk syarat bepergian. Adapun provinsi yang udah mewajibkan hal ini adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali. Di tingkat kota, Malang dan Solo juga mewajibkan rapid test antigen sebagai syarat bepergian.
  • Selain itu, seiring dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan swab PCR buat para pengunjung ke Bali, jumlah pengunjung yang mengajukan refund aka pengembalian dana menjadi membludak. Menurut data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ditemukan bahwa jumlah transaksi pengembalian (refund) tiket wisatawan yang hendak berkunjung ke Bali mencapai Rp317 miliar, yang berasal dari 133 ribu tiket pesawat.
  • Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan program vaksinasi Virus Corona (Covid-19) harus dipersiapkan dengan matang. Jika gagal, program vaksin justru bisa menimbulkan endemi. FYI, jadi endemi adalah kondisi penyakit yang menetap di dalam masyarakat pada suatu daerah atau populasi tertentu.
  • Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Zubairi Djoerban mengatakan, pemerintah tidak bisa memaksakan seluruh warga untuk disuntik vaksin Covid-19. Zubairi menyebut, program vaksinasi harus dengan persetujuan warga atau pasien, karena teteup harus ada consent. Oleh sebab itu, IDI meminta pemerintah mencari cara efektif untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya vaksin.
  • Sebanyak 28 orang dari massa Aksi 1812 dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test. Puluhan massa yang reaktif itu dirujuk ke Wisma Atlet untuk menjalani swab test. Hal ini untuk memastikan apakah yang bersangkutan benar positif terpapar virus corona atau tidak.

Meanwhile, globally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 76.347.148 kasus dan 1.686.873 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (17.658.051 kasus), India (10.031.223 kasus), Brazil (7.213.155 kasus), Russia (2.821.125 kasus), dan Prancis (2.516.957 kasus).
  • Sabtu kemarin, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima suntikan vaksin virus corona Covid-19. Netanyahu menjadi orang pertama yang disuntik vaksin corona di Israel, dan beliau memilih untuk divaksin menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech.
  • Di hari Sabtu kemarin juga, Presiden Prancis Emmanuel Macron dinyatakan positif Covid-19. Macron yang kemudian langsung melakukan isolasi mandiri itu menyebut bahwa dirinya mengalami berbagai gejala Covid-19 kayak batuk-batuk, lemes dan sesak napas. Namun demikian, beliau bakal terus bertugas memimpin negara dari ruang isolasi.
  • Selain Macron, Perdana Menteri Slovakia Igor Matovic juga baru aja menyatakan bahwa dirinya positif terinfeksi Covid-19 pada Jumat kemarin. Diagnosa Matovic keluar sepekan setelah dirinya menghadiri pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa di Brussels, Belgia yang juga dihadiri Macron.
  • Baru-baru ini juga, otoritas kesehatan di Inggris menyatakan bahwa pihaknya baru aja menemukan varian mutasi baru virus corona yang menyebar di Inggris dan punya tingkat penularan lebih tinggi. Kepala petugas medis Inggris, Chris Whitty, menyebut hal ini ditemukan berdasarkan data pemodelan awal dan angka kasus yang meningkat pesat di selatan Inggris.
  • Terkait penemuan ini, Belanda langsung melarang semua penerbangan penumpang dari Inggris yang diberlakukan sejak kemarin dan akan berlaku hingga 1 Januari 2021 mendatang. Selain penerbangan, pemerintahan Belanda juga lagi mengeksplor kemungkinan untuk melarang pergerakan orang dari Inggris dengan menggunakan transportasi lain.
  • Swiss baru aja menyetujui penggunaan darurat vaksin corona Pfizer-BioNTech dan rencananya, program vaksinasi bakal dimulai tepat setelah Natal.
  • Wakil presiden Amerika Serikat Mike Pence dan istrinya Karen, pada Hari Jumat lalu baru aja menerima suntikan vaksin Covid19. Prosesi ini ditayangkan langsung di TV dengan tujuan untuk memunculkan kepercayaan warga bahwa vaksinnya aman.
  • More updates from China, dalam pemberitaan yang ditayangkan oleh portal berita non-profit ProPublica minggu lalu, disebutkan bahwa Pemerintah China disebut mengontrol ketat penyebaran berita perkembangan Covid-19 di negaranya supaya nggak keliatan parah. Adapun salah satu isu yang berusaha “Ditutupi” adalah terkait dr. Li Wenliang, seorang dokter di Wuhan yang pada Februari lalu menyerukan di medsosnya bahwa ada virus baru sejenis SARS masih misterius. Terkait hal ini, Li malah ditangkap polisi karena dinilai membocorkan info rahasia meski akhirnya beliau dibebaskan. Ga lama kemudian, Li tertular Covid-19 dan meninggal. Nah, specifically on his case, dijelaskan bahwa “perintah” dari pemerintah China adalah: “Kepada situs berita dan platform media sosial: jangan aktifkan push notification, jangan mengunggah komentar, jangan menghasut spekulasi. Kontrol ketat setiap forum diskusi daring, jangan buat hastag, secara bertahap hapus (nama Li Wenliang) dari trending topics, kontrol ketat informasi berbahaya.”

Who says “no pictures, please….”?

The Kardashian? To paparazzi?
Nope, we’re talking about Mahkamah Agung RI.
What happened?
Jadi minggu lalu, Mahkamah Agung (MA) baru aja ngeluarin peraturan yang melarang pengunjung pada persidangan untuk ambil foto, video dan dokumentasi proses persidangan dalam sidang terbuka untuk umum.
 
Bentar, Mahkamah Agung itu apa?
Lembaga peradilan guys. Jadi, kamu pasti sering kan nonton berita soal sidang-sidang kasus hukum di pengadilan gitu? mulai dari sidang kasus penipuan lah, kriminal lah, korupsi lah, sampe sidang artis-artis, pokoknya masalah hukum apapun itu. Kalau mau diselesaikan yha kamu biasanya akan berperkara aka sidang di pengadilan. Nah biasanya, pengadilan ini dimulai di tingkat negeri, terus kalo kamu nggak puas sama putusannya, kamu banding ke tingkat pengadilan tinggi. Nah, kalo masih nggak puas juga, kamu bisa mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung ini.
 
Whaaa jadi Mahkamah Agung ini lembaga peradilan tertinggi?
Correct. Jadi Mahkamah Agung ini tempat kamu mencari keadilan tahapan yang terakhir banget guys. Karena dari MA ini udah nggak ada pengadilan lagi di atasnya. Nah balik lagi ke aturan baru tadi, yep, jadi MA emang baru aja bikin Peraturan Nomor 5 Tahun 2020 yang isinya tentang Protokol Persidangan dan Keamanan dalam Lingkungan Pengadilan.
Yang isinya…
Well, salah satu isinya adalah pasal 4 ayat 6, yang mengatur bahwa kalau hadirin hadirot sidang mau mengambil foto atau mengambil dokumentasi dari jalannya persidangan, maka mereka harus dapat izin dari ketua majelis hakim dulu. Selain itu, rekaman dokumentasi juga boleh diambil sebelum sidang.
Terus terus…
Sedangkan untuk sidang yang tertutup untuk umum, dokumentasi bener-bener nggak boleh sama sekali.  Terus, pengunjung sidang juga nggak boleh pake HP untuk komunikasi via text atau telpon, dan nggak boleh ada nada deringnya. Pengunjung juga nggak boleh bersuara untuk ngasih dukungan atau keberatan pas ada keterangan dari saksi atau ahli selama persidangan. Last but not least, pengunjung harus pakai sepatu dan berpakaian sopan.
So, this is fine, right?
Uhmmmm not really. Karena sebenernya, salah satu asas peradilan adalah terbuka untuk umum. Selain itu, menurut perwakilan dari Public Interest Lawyer Network (PIL-Net) Erwin Natosmal Oemar, aturan soal nggak boleh melakukan dokumentasi ini bakal mempersempit pengawasan publik terhadap peradilan. Selain itu, aturannya juga bakal bentrok sama aturan lain kayak UU Pers, UU Keterbukaan Informasi Publik, dan UU tentang peradilan.
Ouch…any other comments? 
Yep. Kritikan juga datang dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa yang bilang bahwa Mahkamah Agung ini udah bukan lembaga hukum lagi, tapi udah jadi ‘sarang mafia’. Menurutnya, larangan untuk dokumentasi ini adalah langkah yang nggak transparan, dan bakal merugikan para pencari keadilan. Selain itu, kalo emang aturan ini jadi berlaku, maka menurutnya Indonesia udah bukan negara hukum lagi tapi uda jadi negara kekuasaan.
Well, I believe the Supreme Court has a say… 
Yep.  Menurut juru bicara MA, Agung Andi Samsan Nganro, peraturan ini bukan bermaksud untuk membatasi transparansi, tapi cuma untuk keamanan dan ketertiban saat sidang berlangsung. Menurutnya, hal ini dilakukan supaya aparat peradilan dan pihak-pihak yang berkepentingan kayak para saksi, terdakwa, dan pengunjung merasa aman.  One more thing, katanya aturannya dibuat demi mewujudkan peradilan yang ‘berwibawa’.

For when you think 2020 can’t get anymore random…

Wait  until you hear this ghost ship story.
Iya beneran guys, literally ghost ship. Jadi ceritanya, minggu lalu warga di salah satu pantai yang terletak di Marshall Islands, Samudera Pasifik dikejutkan dengan ditemukannya kapal laut nggak berpenghuni yang terdampar di bibir pantai di pulau tersebut. Kapal sepanjang 5 meter itu ditemukan warga tanpa awak, namun ketika mau didorong ke daratan, kapalnya ternyata berat banget. Warga pun menelepon polisi untuk menyelidiki lebih jauh tentang muatan kapal tersebut dan jeng jeeeng…ternyata di perut kapalnya ditemukan kokain sebanyak 649 kg! Polisi setempat kemudian segera mengamankan obat-obatan terlarang ini untuk kemudian diselidiki lebih lanjut dan dimusnahkan. Totalnya, obat-obatan terlarang itu diprediksi senilai US$80 juta, dan merupakan penemuan kokain terbesar yang pernah ditemukan di Marshall Island.
Meskipun terbesar, namun penemuan ini bukan yang pertama kali guys, karena ternyata, Perairan Pasifik memang merupakan salah satu lalu lintas utama peredaran obat-obatan terlarang via laut. Kapal hantu tadi juga diduga otoritas udah “berlayar” selama dua tahun dan berasal dari salah satu negara di Amerika Latin.

“I’ll be fierce for all of us, our planet, and all of our protected land.”
Gitu isi twitnya Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat yang baru aja diumumkan Biden, Deb Halland. Penunjukkan Deb ini dinilai banyak pihak sebagai keputusan bersejarah karena ini adalah untuk pertama kalinya seorang suku asli Amerika aka Native American ditunjuk sebagai menteri. Selain itu, jabatan baru Halland juga dinilai strategis banget, secara dia bakal ngurusin urusan pertanahan, pencemaran udara, hingga climate change. 
 
Clap, clap, clap…

Catch Me Up! Recommendations

To sum up the almost-ended 2020, here’s the most memorable meme of the year.

Angel’s Stories

1. Beberapa hari yang lalu, aku pesen makan siang dari salah satu jasa delivery makanan. Trus, karena lagi ngejar promo dan pesanan ku belum mencapai minimum, aku pesan untuk bapak drivernya juga hehe. Kalau ada rezeki lebih, aku emang suka pesen lebih utk bapak driver nya karena kadang suka gak tega, ngeliat mereka pesenin, beliin, dan anterin makanan ku, tapi mereka sendiri nya mungkin juga belum makan. Setelah makanan nya datang, dan satu nya aku kasih ke bapak driver nya, bapak driver nya senyum sumringah banget! Dan sambil pergi ngucap ‘Alhamdulillah’ berkali-kali. Beberapa jam kemudian, aku dapet notif dari pekerjaan yang aku lamar. Aku berharap banget dapet pekerjaan ini, karena lokasi nya di kota impian aku dan jobdesc nya juga okay banget. Eh ternyata aku ditolak dan ini penolakanku yang kesekian kali dalam setahun ini. Malemnya, aku down banget, ngerasa not good enough, not qualified dan segala perasaan buruk lainnya. Tiba-tiba, setelah istighfar, aku keinget senyum bapak driver tadi siang, yang berulang kali ngucap syukur, karena aku beliin makanan. Setelahnya, aku ngerasa jauuuh lebih tenang, ngerasa bahagia karena masih dikasih nikmat untuk berbagi dan liat senyuman orang lain atas apa yg kita perbuat. Ternyata, kebaikan yang kita perbuat bisa jadi obat untuk lukaluka kita. Terima kasih bapak driver yang hari itu sudah tersenyum begitu lebar, dan berulang2 mengucap syukur! Semoga bapak selalu ketemu orang2 yang bikin bapak ngucap syukur dan tersenyum ya, pak!
-Bunga salju-
 
2Sebagai mahasiswa baru, akhir-akhir ini aku merasa stres banget dengan dunia perkuliahan. Mulai dari materi yang kurang bisa dipahami, tugas bejibun, sampe gabisa ketemu temen-temen secara langsung. Demotivasi parah pokonya. Nah, tiba-tiba kemarin ada yang ngajakin aku buat ngobrol-ngobrol santai sama salah satu mapres di universitasku. Surprisingly, he’s very humble to us yang notabene cuma mahasiswa baru. From that conversation, I learned a lot from him and aku jadi lebih semangat lagi buat menjalani perkuliahanku. Thanks, Kak Mapres!
A girl from Pekalongan-
 
3. Jadi kemarin abis konsulin pasien soal pola hidup sehat, pasien X ini dateng keliatan sehat tapi dia mengeluhkan ga bisa membau. Aku tanya dah tes belum, dia bilang tes antigen negatif, dan belum tes PCR. Aku bilang aja buat stay calm dan lebih pilih makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Pasien kedua datang, cerita kalo beliau ini abis bantu lahiran seorang ibu di puskesmas yang positif covid 19. Bayinya alhamdulillah dilahirkan selamat namun langsung dirujuk ke RS karena saturasi O2 terus turun. Si ibu ini dikabarin jam 6 tentang anaknya yang di rujuk, jam 7 si ibu saturasi O2 nya menurun dah sampe 60an padahal sebelumnya terlihat stabil. Akhirnya jam 8 ibu ini dipanggil Yang Kuasa. Pasien ku yang bantu lahiran ibu ini sampe merinding buat cerita ke aku juga. Aku, yang dengerin covid related story ini dalem hati cuma bisa doain. Apapun yang terjadi sama kita, coba untuk bersyukur, karena banyak yang mengalami kejadian yang mungkin lebih jauh berat untuk dihadapi. Have a great day, guys!
-Ayu-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!