Corona Updates 14 Desember 2020

80

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

Well, well, today we’ll mostly talk about vaccine. And as always, let’s start…
 
Nationally.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 617.820 kasus, 18.819 meninggal (3.0% dari Terkonfirmasi), dan 505.836 (81,9% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (151.201 kasus), Jawa Timur (69.130 kasus), Jawa Tengah (65.600 kasus), Jawa Barat (65.355 kasus), dan Sulawesi Selatan (22.887 kasus).
  • Ketua KPU Kota Tangerang Selatan Bambang Dwitoro meninggal dunia pada Hari Sabtu (12/12) di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Tangsel setelah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Bambang meninggal setelah dirawat selama tujuh hari dan kondisinya terus menurun.
  • Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan siap menerima vaksin Covid-19 jika vaksin tersebut sudah terbukti aman dan efektif. Hal ini menyusul pernyataan pemerintah yang bakal memprioritaskan vaksin buat para tenaga kesehatan. Meski begitu, menurut Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Profesor dokter Zubairi Djoerban, hingga saat ini belum ada vaksin yang terbukti efektif dan aman untuk digunakan di Indonesia, termasuk vaksin Sinovac, karenanya yhaaa silakan aja divaksin duluan. Hwhwhwhw
  • Menteri BUMN Pak Erick Thohir menyampaikan bahwa pemerintah udah menargetkan vaksinasi untuk 75 juta orang dalam waktu delapan sampai sembilan bulan ke depan. Target tersebut akan dikejar dengan penyuntikan vaksin ke 13 juta orang per bulan, di mana rencananya, pelaksanaan akan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak swasta.
  • Tim Mikrobiologi Uji Klinis Vaksin Unpad menyatakan uji klinis fase III vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang saat ini sedang dilakukan berlangsung dengan baik. Sejauh ini diketahui nggak ada efek samping serius yang muncul pada penerima vaksin.
  • Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan Sinovac, produsen vaksin Covid-19, masih belum melengkapi dokumen untuk proses sertifikasi halal. Ketua MUI Asrorun Niam Sholeh menyebut dokumen yang belum dipenuhi itu terkait dengan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan vaksin.
  • Terus, berapa harga vaksin Covid-19 di Indonesia? Gatau gengs, karena belum ditentukan sama pemerintah. Kata juru bicara vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmidzi, pemerintah belum menetapkan harga vaksin Covid-19 yang nantinya akan beredar di dalam negeri, jadi yhaa mohon bersabar.
  • Masih menurut Jubir Vaksinasi Covid-19, dipastikan juga bahwa pemerintah bakal menanggung biaya vaksinasi buat masyarakat yang kesulitan secara sosial dan ekonomi. Disebutkan juga bahwa pemerintah emang berencana untuk nggak menggratiskan vaksin secara total, dan yang digratisin cuma buat tenaga kesehatan, pemberi pelayanan publik dan kelompok rentan.
  • Bio Farma akan mempersiapkan tiga juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac dalam bentuk finished product yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Terkait hal ini, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyebut bahwa vaksinasi tahap pertama ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan di tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian akan diperluas ke tenaga kesehatan nonkomorbid di berbagai provinsi lainnya.

 Meanwhile, internationally…  

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 71.774.910 kasus dan 1.606.375 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat (16.067.031 kasus), India (9.857.029 kasus), Brazil (6.880.127 kasus), Russia (2.629.699 kasus), dan Prancis (2.405.255 kasus).
  • Pemerintah Peru menyetop sementara uji klinis fase III vaksin buatan perusahaan China, Sinopharm, setelah relawan penerima vaksin mengalami masalah syaraf, di mana tangannya susah gerak.
  • BPOM-nya AS yaitu FDAwhich stands for Food and Drug Administration, pada minggu lalu udah resmi memberikan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer BioNTech. Dengan keputusan ini, maka AS jadi negara keenam di dunia yang ngasih izin penggunaan darurat vaksin Pfizer selain Inggris, Kanada, Arab Saudi, Bahrain, dan Meksiko. FYI gengs, targetnya, vaksin ini udah mulai bisa digunakan di berbagai negara bagian AS pada Senin aka hari ini waktu setempat.
  • Jerman bakal memasuki lockdown nasional mulai Rabu mendatang, seiring dengan makin bertambahnya angka kasus Covid-19 di sana. Dalam keterangan dari kanselir Angela Merkel kemarin, disebutkan bahwa lockdown akan berlangsung sampe 10 Januari mendatang, dan perayaan Natal cuma boleh dihadiri oleh maksimal lima orang aja.
  • Untuk pertama kalinya, angka penambahan kasus harian di Korea Selatan menembus angka 1.000. Penambahan ini mayoritasnya berasal dari klaster pertemuan pribadi, kegiatan gereja, dan layanan rumah sakit di Seoul.
  • Beda sama Pfizer dan Moderna yang udah mulai mengirim vaksin ke berbagai negara, perusahaan farmasi asal Prancis, Sanofi dan GlaxoSmithKline justru baru aja mengumumkan bahwa produksi vaksin mereka bakal ditunda dan baru bisa didistribusikan akhir tahun 2021. Hal ini seiring dengan hasil uji coba tahap tiga di mana vaksinnya nggak berhasil membentuk reaksi imunitas yang diharapkan pada orang berusia lanjut.